Windows 7 “The Next Generation Operating System”


WIN7Microsoft Windows 7 RC yang digunakan dalam penulisan ini masih versi beta. Namaun, walaupun masih versi beta tetapi berbagai kelebihan dan kecanggihannya sudah tampak dan kemungkinan besar tidak akan terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan versi rilisnya nanti. Microsoft Windows 7 bukan sistem operasi tambal sulam dari Windows Vista yang saat ini beredar dipasaran, melainkan sistem operasi pengembangan dengan menambah berbagai fitur baru yang tidak ada di Windows Vista. Dengan kata lain Microsoft Windows 7 merupakan sistem operasi masa depan dan bisa dikatakan sebagai “The Next Generation Operating System”.

Sebagaimana diketahui bahwa Windows 7 versi rilisnya kemungkinan besar akan beredar paling cepat akhir tahun 2009 atau bisa juga awal tahun 2010 yang akan datang. Windows 7 seara sepintas tampilannya mirip dengan Windows Vista, tetapi apabila sudah masuk ke dalamnya, misalnya Control Panel Windows 7 jauh berbeda dibandingkan dengan Windows Vista, Welcome Center yang ada di Windows Vista, di Windows 7 Anda tidak akan menemukan fasilitas tersebut yang adalah Getting Started, dan masih banyak lagi penambahan dan tidak sedikit pula yang namanya diubah. Yang jelas Windows 7 pada saat diluncurkan nanti akan hadir dengan segudang kelebihan dengan fitur-fitur baru yang super canggih.

Pada Windows 7, walaupun Microsoft tidak banyak merombak tampilan desktop, tetapi fasilitas yang ada lebih disemurnakan, juga dengan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Walaupun Microsoft Windows 7 bukan meruapakan suatu revoluasi tetapi tetap saja kehadirannya akan mengguncang sistem operasi dunia dimasa yang akan datang.

Ada satu hal yang cukup menarik dari Windows 7 ini antara lain “Process Reflection”. Dengan fasilitas ini akan mengurangi gangguan yang disebabkan oleh proses diagnostik. Sebagai contoh, apabila terjadi sebuah proses yang kemudian mengalami kegagalan, maka Windows 7 akan menangkap isi proses yang gagal dari memori untuk kemudian direplikasi melalui semacam “kloning”. Proses yang gagal akan diagnosa dan disaat yang bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang telah direplikasi) sehingga dapat terus berjalan sehingga pemakai akan tetap produktif menggunakan aplikasi ketika Windows 7 menganalisa kondisi kegagalan proses. Itu merupakan salah satu fitur andalan dari Windows 7, dan tentu saja masih banyak fitur lain akan akan dibhasa dalam tulisan berseri ini.

Seperti halnya Windows Vista, sistem operasi ini juga memiliki beberapa fitur spesifik terkait design grafis dan animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface yang disebut dengan Windows Aero juga tetap hadir dengan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Microsoft juga menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D desktop Windows Flip and Flip yang semakin sempurna.

Kalau Anda sudah memanfaatkan kecanggihan Windows Vista, Windows 7 juga tetap mendukung kinerjanya, system ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption tetapi sudah semakin sempurna. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.

Persyaratan Sistem

Seperti kita ketahui bahwa Microsoft selalu meluncurkan sistem operasi dengan dua teknologi yang berbeda, yaitu komputer dengan mesin 32 bit atau dikenal dengan xs86 dan mesin 64 bit. Begitu juga dengan Microsoft Windows 7 juga tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementara versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.

Untuk menjalankan Windows 7 diperlukan hardware minimal dengan memori minimal 512MB, kartu grafis yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor Intel Pentium Centrino, atau AMD generasi terbaru. Namun demikian kalau Anda memiliki komputer Laptop dengan spesifikasi Pentium Cntrino 1.6 Gbyte dengan RAM 1 Gybte sudah pasti bisa menjalankan Windows 7. Namun untuk mendapatkan sistem operasi yang benar-benar canggih disarankan menggunakan RAM di atas 1 Gbyte.

Kebutuhan harddisk juga cukup lumayan besar, dalam hal ini Windows 7 memerlukan minimal 10 Gbyte. Sebenarnya untuk Windows sendiri cukup dengan space 6-7 Gbyte, tetapi apabila ada penambahan software jelas memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbyte.

Hardware lain yang juga harus diperhatikan adalah kartu grafik. Untuk menginstalasi Windows 7 sebaiknya meng-gunakan kartu grafik minimal 64 MB dan disarankan yang lebih tinggi agar menghasilkan kualitas tampilan yang memuaskan. Begitu juga dengan resolusi monitor juga harus diperhatikan. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kartu grafik yang digunakan.

Hardware lain yang diperlukan untuk memasang Microsoft Windows 7 adalah DVD-ROM Drive. Karena Windows 7 tersimpan dalam DVD-ROM. Jika perlu Anda juga bisa melengkapi hardware lain seperti Speaker, microphone, Webcamera, dan sebagainya.
Beberapa versi Windows 7

Seperti halnya Windows Vista ketika diluncurkan hadir degan beberapa versi, ada Home Edition, Business, Ultimate dan sebagainya. Windows 7 pun kemungkinan besar hadir dengan 6 versi mulai dari Starter sampai Ultimate. Dan dapat dipastikan mengenai nama dan fungsinya relatif hampir sama dengan Windows Windows Vista, hanya tentu saja Windows 7 jauh lebih sempurna dan canggih.

Microsoft Windows 7 Starter menjanjikan keunggulan dimana pada saat yang bersamaan bisa menjalankan tiga aplikasi dan sistem operasi yang akan diluncurkan Microsoft dalam waktu dekat ini mendukung Home Groups, taskbar dan JumpLists yang sudah ditingkatkan kemampuannya.

Yang dimaksud dengan Home Groups adalah suatu cara yang sangat umum dilingkungan sistem operasi Windows, yaitu memungkinkannya beberapa system dalam jaringan yang sama berbagi media termasuk file, printer dan sebagainya. Kemudian Jump Lists merupakan langkah jitu dan cepat untuk mengakses file-file yang sering digunakan.

Windows 7 Home Basic tidak membatasi jumlah aplikasi yang dijalankan bersamaan – boleh sebanyak mungkin selama konfigurasi hardware Anda memungkinkan. Home Basic juga menyertakan thumbnail previews, mendukung “ad-hoc wireless networks and Internet connection sharing,” juga Windows Mobility Center (versi yang sudah ada di beberapa versi Vista). Microsoft mengatakan, versi Home Basic hanya akan tersedia di “pasar yang sedang berkembang.”

Windows 7 Home Premium menyertakan Aero Glass GUI. Fitur lainnya adalah dukungan untuk format media yang lebih luas, maupun peningkatan untuk Windows Media Center dan media streaming. Fitur baru di sini adalah Play To, yang memungkinkan Windows 7 untuk secara remote mengontrol network-connected DLNA 1.5 media devices. Home Premium juga mendukung antarmuka multi-touch dan menyertakan “pengenal tulisan tangan yang lebih baik.”

Windows 7 Professional mencakupkan kemampuan untuk bergabung di offline domain dengan fitur Domain Join; dan Location Aware Printing, yang otomatis memilih printer untuk lokasi cetak Anda, tergantung pada jaringan mana yang sedang terkoneksi saat itu. Versi Professional juga menyertakan “proteksi data dengan network backup and Encrypting File System yang lebih tinggi.”

Windows 7 Ultimate dan Windows 7 Enterprise menyertakan fitur yang amat mirip –versi Enterprise untuk perusahaan skala lebih besar yang membeli , Software Assurance Agreement volume-license-based dari Microsoft. Kedua versi menyertakan enkripsi BitLocker untuk internal dan removable drive. Ultimate dan Enterprise juga mencakupkan fitur DirectAccess, yang memungkinkan system yang terkoneksi Internet untuk secara otomatis dan aman berhubungan dengan jaringan korporat maupun membiarkan administrator TI untuk mengelola sistem-sistem tersebut tanpa harus logon ke VPN. Fitur BranchCache memperbolehkan sistem yang ada di kantor remote untuk mengakses data yang ada d jaringan secara lebih cepat melalui caching data secara local di lokasi kantor remote. (DirectAccess dan BranchCache membutuhkan server yang menjalankan Windows Server 2008.) Windows 7 Ultimate dan Enterprise juga menyertakan AppLocker, fitur yang mengijinkan administrator TI untuk membuat kebijakan kendali yang menentukan software apa yang dapat dan tidak dapat dijalankan pada sistem pengguna atau kelompok pengguna.

Beberapa Keunggulan Lain

Secara umum semua produk Microsoft sangat mudah untuk diinstalasi, jadi jangan heran kalau Windows 7 lebih mudah lagi dibandingkan dengan Windows XP atau pun Vista dalam hal instalasi ini. Kemudian satu hal lagi yang tidak kalah baiknya adalah Fitur Remote Media Sharing dari Windows Media Player sangat memungkinkan bagi pengguna untuk mengakses kepustakaan (library) media Anda dari mana saja via Internet. Cuma tentu saja Anda harus memiliki koneksi ke jaringan internet untuk mengunduh. Selain itu persyaratan lain yang tidak kalah pentingnya yaitu pemakai harus sudah memiliki akun di Windows Live yang sudah dikaitkan dengan akun pengguna Windows 7.

Yang perlu juga dimiliki adalah Windows Media Player yang sama di komputer yang akan dikomunikasikan, setelah itu kepustakaan rumah yang ingin distream akan tampak sebagai kepustakaan lokal di bawah bagian Other Libraries di panel navigasi samping.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s