Berselancar dengan IE 9


Pendahuluan

Bagi pengguna Internet Explorer boleh merasa lega, karena Microsoft baru saja meluncurkan program browser andalannya bernama InternetExplorer 9. Program browser ini jalan diatas sistem operasi keluarga Micrfosoft Windows, seperti Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows Server 2008R2, dan sebagainya.

Walaupun browser ini dirilis tersendiri, tetapi kenyamanan akan sangat terasa ketika dijalankan di Windows 7, berbagai gangguan nyaris lenyap berkat sistem keamanan berlapis dari Internet Exploer 9 dan Windows 7 sebagai sistem operasinya.

Fitur yang sangat menaraik dari IE9 adalah sistem keamanan yang semakin ditingkatkan. Sebab fitur ini merupakan hal utama jika ingin berselancar secara aman di internet. Ada beberapa fitur keamanan yang menarik, antara lain InPrivate Browsing dan Blocking, SmartScreen Filter, Cross Site Scripting (XSS) Filter, Domain Highlighting , Data Execution Protection (DEP), dan lain-lain.

Tracking Protection

Inter­net Explorer 9 memiliki pel­ba­gai sis­tem per­lin­dungan yang relatif lebih ung­gul & ramah diban­dingkan program browser. Salah satu fitur canggih dari IE 9 adalah “trac­king protection” atau per­lin­dungan pelacakan.

imageDengan meng­gunakan fitur per­lin­dungan pelacakan atau “Tracking Protection” pada Inter­net Explorer 9 ini, peng­guna dapat mem­buat daf­tar per­lin­dungan pelacakan yang dikenal seba­gai TPL (trac­king protection list). Daf­tar ter­sebut memuat alamat-alamat situs ter­tentu yang hanya akan mun­cul jika peng­guna meng­un­jungi lang­sung situs ter­sebut. Misalnya Anda menam­bahkan situs A ke dalam daf­tar, maka kita masih bisa meng­un­jungi situs A secara lang­sung, namun jika ada iklan dari situs A di situs B yang sedang dikun­jungi, maka tampilan iklan ter­sebut tidak akan tampil.

Untuk mengatur dan memanfaatkan fitur Trancking Protection ini berfungsi sebagaimana yang diharapkan, maka Ana arus mengaturnya trloebih dahulu. Adapun langkah yang harus dilakukan untuk melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu Tool apabila IE9 Anda sebelumnya sudah dibah penampilannya, namun jika belum Anda cukup menekan kombinasi tombol Alt + X. Setelah itu akan tamil menu, pilih dan klik Safety, kemudian klik Tracking Protection.
  2. Klik Tracking Protection di dijendela Add-ons,
  3. Selanjutnya klik Your Personalized List, lalu Anda klik tombol Setting, untuk mencoba memblok Anda pilih saja dan klik Automaticaly block, klik OK.
  4. Klik Disable sehingga statusnya berubah menjadi Enable.

Dengan memanfaatkan fitur keamanan ini, Anda akan measa aman dan nyaman berselancar dengan Internet Explorer 9 di atas Windows 7 Anda.

InPrivate Browsing dan Blocking

 

Apakah sebelumnya Anda sudah mengenal InPrivate Browsing? InPrivate Browsing sudah ada sejak Internet Exploter 8 diluncurkan bersamaan dengan Windows 7. Dan fitur ini tetap ada di Internet Explorr 9 dengan penambahan kemampuan. Fitur canggih ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang akan berselancar dengan modus terjaga dari pelacakan data. Data tentu saja bisa digunakan untuk melindungi jejak browsing, file internet temporary, data form, cookies serta user name dan password yang diketikkan pada browser.

imageKetika menjalankan IE9, dan membuka sebuah jendela baru saat mengaktifkan InPrivate Browsing dari menu Safety – InPrivate Browsing atau menekan tombol Ctrl+Shift+P, maka akan tampil. Fitur ini sangat cocok apabila sudah menggunakan koneksi hotspot, seperti di Internet Cafe, Hostspot Area, Warung Internet dan lain-lain. Dengan IE9, pengguna akan mudah melakukan blocking terhadap situs yang melakukan pelacakan saat pengguna berselancar. Biasanya situs ini menyediakan script atau gambar yang akan diolah sebagai alat pelacak dan alat pelacaknya sendiri disediakan oleh pihak ketiga. Dengan memanfaatkan kecanggihan fitur ini kita bisa melakukan pengaturan agar langsung memblok atau bisa memasukkan situs-situs yang tak diinginkan secara manual.

Fitur lain yang sangat canggih aalah SmartScreen Filter, fitur ini sangat untuk menghalau Malware dan Phising. Malware adalah penyusupan aplikasi yang didesain untuk merusak komputer tujuan. Caranya adalah mendownload aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna. Phising adalah pencurian data dari komputer pengguna. Jika fitur ini diaktifkan, para penyusup dapat terdeteksi dengan segera sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau kerugian bagi pengguna. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda cukup memilih menu Safety, kemudian klik Smartscreen Filter. Pengguna bisa berperan aktif untuk melaporkan situs yang ditengarai sebagai sumber malware atau phising.

Cross Site Scripting (XSS) Filter

Fitur ini sangat mampu untuk melindungi pengguna dari serangan aplikasi web yang mengijinkan “ode injection”. Biasanya penyusup menggunakan perintah tertentu dan disisipkan pada web untuk mengambil data pengguna yang berkunjung di situs tersebut. Maka dengan mengaktifkan fitur ini pengguna akan aman dan nyaman berinternet dimanapun, kapan pun dan dengan koneksi apapun.

 

Domain Highlighting

Biasanya pengguna internet tidak pernah memperatikan alamat-alamat yang dituju, terutama ketika membuka e-mail yang tidak jelas dan apabila mengklik salah satu alamat di e-mail tersebut, maka akan bertampilan alamt-alaat web yang sebenarnya tidak diinginkan. Maka dengan adaya fitur Domain Highlighting ini pemakai bisa melihat alamat yang dituju, karena fitur ini akan menampilkan alamat domain pada toolbar dengan warna yang gelap. Sedangkan tujuan utama dari fitur ini adalah agar pengguna benar-benar memperhatikan alamat yang dituju supaya aman dan nyaman ketika berinternet dengan Internet Explorer 9.

 

Data Execution Protection (DEP)

Virus, spam, walware, spywaera itu adalah sesuatu yang paling ditakuti oleh pengguna jaringan. Karena apabila virus menyebar ke dalam satu komputer dalam jaringan, maka dengan cepat virus tersebut akan menyebar keseluruh jaringan local. Dengan fitur ini komputer akan terlindungi dari kerusakan data akibat serangan virus. DEP sudah terintegrasi langsung antara Microsoft Windows 7 dengan Internet Explorer 9.

System Security

Security Internet merupakan topik menarik. Penyedia isi Internet dan pengunjung halaman Web harus menyadari isu security untuk membantu melindungi data. Sebagai pengguna Internet, Anda harus menghindari download isi yang bisa merusak data yang ada di komputer Anda. Untuk membantu Anda mengontrol tipe isi yang didownload dari Internet, Internet Explorer menyediakan zona security. Zona security membantu Anda menerima, memonitor, dan menolak tipe isi tertentu yang disimpan pada halaman Web.

Menggunakan zona security adalah proses dua tingkat. Pertama, memasukkan halaman Web ke dalam sejumlah zona; kedua, menerapkan tingkat security untuk setiap zona. Anda dapat mengklasifikasikan halaman sebagai bagian dari zona Local Intranet, zona Trusted Sites, zona Restricted Sites, atau zona Internet. Lalu Anda bisa memberikan tingkat security untuk setiap zona—High, Medium, Low, atau Custom.

imageKetika menentukan tingkat security, Anda memperhatikan tipe isi yang boleh didownload dari halaman Web. Pada dasarnya, tingkat security menentukan aksi yang diambil Internet Explorer ketika menemui halaman dengan kompo-nen atau fasilitas tambahan yang bisa merusak data di komputer Anda. Ingatlah bahwa mengatakan isi halaman Web tertentu “berpotensi merusak” tak berarti itu adalah sesuatu yang berbahaya atau jahat.

Menggunakan zona security untuk mencegah isi yang “berpotensi merusak” agar tak didownload ke komputer Anda hanyalah untuk bermain aman—bukan karena paranoid. Bagaimana setiap tingkat bereaksi terhadap komponen halaman Web yang berpotensi merusak:

  • Security High: Internet Explorer memblokir setiap isi atau proses yang berpotensi berbahaya agar tak didownload ke komputer Anda. Anda akan menerima kotak pesan yang menyatakan bahwa isi tersebut mungkin tak bisa ditampilkan dengan baik karena setting security High.
  • Security Medium: Internet Explorer memberikan kotak dialog Security Warning ketika Anda menemui situs yang mencoba mendownload isi ke hard disk drive Anda, seperti pada di bawah ini. Anda menggunakan kotak dialog ini untuk melanjutkan mendownload isi tersebut.
  • Security Low: Internet Explorer mengabaikan isi yang berpotensi berbahaya dan menampilkan isi tersebut tanpa memberikan kotak dialog yang menyatakan bahwa data yang berpotensi berbahaya ada pada halaman Web tersebut.
  • Security Custom: Internet Explorer memungkinkan Anda menentukan tipe informasi apa yang bisa didownload. (Microsoft merekomendasikan opsi ini hanya untuk pengguna yang ahli.)

 

Menampilkan Zona Security

Keamanan berinternet memang sangat penting dan itu perlu diperhatikan. Jika Anda pemakai Internet Eplorer, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk itu Anda perlu memeriksa zona security yang ada di Internet Explorer. Jalankan Internet Explorer, selanjutnya pada menu Tools, klik Internet Options. Kotak dialog Internet Options segera tampil, kemudian pada kotak dialog Internet Options tersebut klik tab Security. Zona Internet secara default dipilih, dan tingkat security Medium ditampilkan di bagian bawah kotak dialog tersebut, lalu klik Trusted Sites. Tab Security menampilkan informasi mengenai zonaTrusted Sites, dan tingkat security Low ditampilkan di bagian bawh kotak dialog tersebut secara default.

Selanjutnya klik Restricted Sites. Tab Security menampilkan informasi mengenai zona Restricted Sites, dan tingkat security High ditampilkan di bagian bawah kotak dialog tersebut secara default, lalu klik Local Intranet. Tab Security menampilkan informasi mengenai zona Local Intranet, dan tingkat security Medium dipilih di bagian bawah kotak dialog tersebut secara default dan untuk menutup kotak dialog tersebut klik OK.

Mengubah Tingkat Security Sebuah Zona dan Memasukkan Halaman Web ke Zona Security. Sebagai contoh untuk mengubah konfigurasi zona Internet ke tingkat security High lalu menggembalikannya ke tingkat security Medium yang menjadi defaultnya. Dalam hal ini Anda dapat membuat setting security kustom dengan mengklik tombol Custom Level pada tab Security. Jika Anda tak memahami topik seperti ActiveX control, Java applet, scripting, dan proses Internet lainnya, sebaiknya hanya gunakan tingkat security High, Medium, dan Low pada Internet Explorer.

Pada menu Tools, klik Internet Options. Kotak dialog Internet Options tampil, lalu kik tab Security. Geser slider ke atas satu tingkat dan klik Apply. Tingkat security untuk zona Internet diubah dari tingkat security Medium ke tingkat security High dan klik OK. Semua halaman Web yang termasuk dalam klasifikasi zona Internet akan ditangani dengan tingkat security High. Pada baris Address, ketik msnbc.microsoft.com, dan tekan Enter. Halaman MSNBC mencoba membuka di komputer Anda, tetapi Anda menerima pesan bahwa setting security Anda saat ini mencegah dijalankannya ActiveX controls sehingga halaman tersebut mungkin tak bisa ditampilkan dengan benar, lalu klik OK. Internet Explorer mendownload halaman MSNBC tanpa mendownload isi yang dianggap tak aman.

Pada menu Tools, klik Internet Options. Kotak dialog Internet Options tampil, dan klik tab Security. Selanjutnya Anda klik tombol Default Level, klik Apply, lalu klik OK. Tingkat security zona Internet dikembalikan ke Medium. Pada toolbar, klik tombol Refresh. Internet Explorer menampilkan kotak dialog Security Warning, memberitahu Anda bahwa situs tersebut mencoba mendownload isi tertentu ke hard disk drive Anda dan klik Yes untuk menunjukkan bahwa Anda mempercayai situs ini. Internet Explorer mendownload isi MSNBC ke hard disk Anda.

Di samping mengontrol tingkat security untuk setiap zona security, Anda bisa memasukkan halaman ke zona Trusted Sites dan Restricted Sites. Memasukkan halaman Web ke zona Local Intranet hanya bisa dilakukan oleh Administrator Anda. Semua halaman Web lain masuk ke kategori zona Internet, yang berarti halaman Web di Internet secara default ditangani dengan setting security Medium. Jika Anda ingin memasukkan halaman Web ke zona Trusted Sites atau zona Restricted Sites, Anda harus menambahkan halaman tersebut secara manual ke zona yang Anda inginkan.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak dapat menambahkan situs Web ke zona Internet, karena zona ini mencakup semua dokumen (selain dokumen di komputer Anda) yang tidak termasuk ke zona lain. Anda harus memasukkan halaman Web ke zona Trusted Sites ketika Anda ingin aplikasi canggih di situs Web tersebut tak terganggu oleh kotak dialog Security Warning. Anda dapat mengelola zona Trusted Sites dan zona Restricted Sites Anda dengan menambahkan dan menghapus situs-situs dari daftar halaman Web pada masing-masing zona.

Kotak dialog Trusted Sites menyertakan sebuah opsi untuk mensyaratkan bahwa situs yang dipercaya harus menggunakan protokol HTTPS. (HTTPS merupakan versi yang lebih aman dari protokol HTTP.) Jika Anda ingin menyertakan halaman Web yang tidak menggunakan protokol HTTPS ke zona Trusted Sites, Anda harus mengosongkan kotak cek Require Server .

Catatan: Di Windows 8, Internet Explorer 10 yang dipasang dan jauh lebih canggih lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s