Gunakan Creating a Restore Point


Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi khususnya komputer, maka ketergantungan kita akan teknologi ini semakin besar. Coba kita perhatikan dan kita lihat disekeliling kita dan bahkan diseluruh dunia setiap hari jutaan bahkan puluhan juta orang berinteraksi dengan komputer. Dan sudah pasti sejalan dengan hal tersebut ribuan atau bahkan jutaan masalahpun akan datang silih berganti. Sebagai contoh komputer yang kita gunakan bisa saja crash, atau blue screen, bahkan tidak menutup kemungkinan harddisk yang kita gunakan tiba-tiba bermasalah, misalnya bad sector, atau bisa juga rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Jika demikian, maka data yang paling kta sayangi hilang begitu saja.

BACKUP-01Untuk itu, dalam tulisan singkat dan sederhana ini saya akan sedikit berbagi kepada temen-teman di kompunitas bahwa penggunakan backup dan restore sangat penting. Walaupun kadang tidak pernah diperhatikan.

Backup dan Restore

Apakah Anda pernah menggunakan fasilitas Backup dan Restore yang disediakan Windows 7? Mungkin sebagian besar pengguna sistem operasi ini sudah pernah menggunakan fasilits ini. Sebagian besar lainnya mungkin pernah mendengar fasilitas Beckup dan Restore.

Microsoft Windows 7 menyediakan fasilitas ini sebagai sarana yang bisa digunakan untuk pengamanan sistem komputer Anda. Dengan fasilitas Restore berarti Anda membuat cadangan atau copi-an file sistem untuk menjaga agar apabila sistem yang Anda gunakan mengalami kerusakan atau masalah, maka cukup menggunakan fasilitas Restore ini sistem Anda akan kembali normal.

BACKUP-04Dengan memanfaatkan fasilitas ini akan sangat membantu apabila sistem yang digunakan mengalami masalah dan akan mengembalikan kondisi sistem operasi Windows 7 Anda ke kondisi semula. Jadi dengan kata lain apabila terjadi kerusakan sistem Windows 7 di komputer Anda maka dengan fasilits ini bisa normal kembali.

Backup

Sebenarnya untuk melakukan backup dan restore tidak sulit. Karena Anda tidak perlu menggunakan perintah command line atau script yang sulit menghapalnya. Di sini Windows 7 menyedian fitur Backup dan Respore ini bisa digunakan dengan cara mengklik perintahnya, lalu mengikuti perintah yang ditampilkan program. Untuk jelasnya berikut langkah yang mungkin bisa membantu Anda.

  • Klik Start menu
  • Lalu klik kanan pada Computer dan pilih Proprties, setelah itu kotak dialog System segera tampil.
  • Kemudian Anda klik System Protection
  • Klik tombol Create untuk membuat identitas, misalnya BACKUP untuk menyimpan Restore Point
  • Untuk memulainya Anda klik tombol Create, prosespun segera dilaksanakan. Jika tidak terjadi kesalahan maka komputer akan menampilkan pesan The restore point was created successfully
  • Klik tombol Close untuk menutup jendela tersebut.

System Restore

Untuk merestore pada dasarnya sama saja seperti Anda menggunakan perintah Create untuk membackup System. Langkahnya pun sama, untuk jelasnya ikuti langkah berikut ini.

  • Klik Start menuBACKUP-05
  • Lalu klik kanan pada Computer dan pilih Proprties, setelah itu kotak dialog System segera tampil . Kemudian Anda klik System Protection, dan klik tombol System Restore. Setelah itu kotak dialog System Restore segera tampil.
  • Klik tombol Next untuk melanjutkan. Dan kotak dialog berikutnya segera tampil.
  • Klik tombol Next untuk melanjutkan.
  • Klik Finish untuk mengakhiri pekerjaan Anda.

Mudah-mudahan penjelasan sederhana ini ada manfaatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s