RefreshYour PC dan Recimg di Windows 8


Pendahuluan

Windows 8 meneyediakan banyak fitur yang luar biasa bagusnya. Dalam tulisan ini akan dijelaskan penggunaan fitur bernama Refresh Yiur PC, Reset Yiur PC dan Recimg. Fitur-fitur ini sangat berguna terutama bagi Anda sudah terbiasa mencoba aplikasi, sistem operasi dan lain-lain di komputer Anda.

Refresh Your PC

RECRefresh Your PC yang disediakan Windows 8 akan melakukan instalasi ulang Windows dengan tetap mempertahankan data, aplikasi Metro Style, dan setting penting lainnya. Disamping itu, Anda juga tidak akan direpotkan dengan memback-up data, dan lain sebagainya. Dalam hal ini Anda cukup menjalankan Refresh Your PC, maka secara otomatis Windows 8 akan memandai data, aplikasi, dan setting lain yang ada di Windows 8 tersebut dan selanjutnya akan memindahkannya ke bagian lain dari harddisk dan partisi yang sama.

Ketika proses tersebut selesai, data-data akan dikembalikan lagi dan komputer kembali normal seperti semula. Perlu diketahui bahwa dengan memanfaatkan fitur tersebut tidak semua aplikasi yang terpasang di komputer akan kembali normal melainkan hanya beberapa aplikasi sja. Jadi dalam hal ini proses Refresh Your PC hanya mengembalikan aplikasi Metro Style, namun tidak semua aplikasi bisa dikembalikan secara utuh. Sebagai gantinya Microsoft Windows 8 akan menampilkan aplikasi yang tidak diikutkan dalam proses tersebut dalam sebuah file HTML di desktop, sehingga pengguna bisa mengetahui aplikasi apa yang harus diinstalasi ulang.

Adapun cara yang harus Anda lakukan adalah sebagai beriut:

  • Tekan kombinasi tobol di papan ketik atau keyboard Anda Tombol Windows dan C
  • Klik tombol Settings
  • Klik More Setting, lalu klik General
  • Klik Get Started. Setelah itu ikuti semua petunjuk yang ditampilkan program.

Apabila Anda akan membatalkan proses ersebut cukup tekan tombol Cencel. Sedangkan apabila proses akan terus dilanjutkan Anda klik tombol Resfresh.

Reset Your PC

Fasilitas lain yang juga termasuk sangat baik yaitu Reset Your PC. Fitur ini mirip sebagaimana layaknya proses instalasi ulang yang serng kita lakukan ketika komputer yang digunakan ada masalah. Yang membedakan pada pilihan Reset Your PC, Windows 8 menyediakan dua pilihan: Quick dan Thorough.

Pilihan Quick, proses reset berlangsung cepat karena tidak ada proses penghapusan data. Dan data bisa dikembalikan dengan menggunakan bantuan software tertentu. RECIMG1

Pilihan Thorough, dengan pilihan ini sistem akan menulis ulang harddisk dengan data acak. Dalam hal ini, data di dalamnya tidak bisa dikembalikan meski menggunakan software khusus.

Adapun langkah yang harus Anda lakukan hampir sama seperti proses Refresh Your PC. Untuk jelasnya ikuti langkah berikut ini:

  • Tekan kombinasi tobol di papan ketik atau keyboard Anda Tombol Windows dan C
  • Klik tombol Settings
  • Klik More Setting, lalu klik General
  • Klik Get Started. Setelah itu ikuti semua petunjuk yang ditampilkan program.

Recimg

REC-ARECIMG.EXE merupakan program yang tersedia di Windows 8. Program iniberada di bawah windows\system32\recimg.exe. Dengan program tersebut apabila Anda membeli atau memiliki komputer baru dan sudah memasang semua aplikasi yang diperlukan, maka Anda bisa membuat image isi komputer Anda dengan memanfaatkan program aplikasi tersebut. Caranya tentu dengan menjalankan atau menuliskan perintah recimg.exe dari command prompt Windows 8 lengkap dengan aplikasi favorit Anda.

REC-CDengan perintah image.exe ini Anda akan memiliki image lengkap dan suatu waktu bisa digunakan. Cara penggunaan program aplikasi tersebut sangat mudah, yaitu dengan menuliskan dari command prompt. Namun ada syaratnya, yaitu Anda harus menggunakan user Administrator. Untuk jelasnya langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Dari jendela Start Windows 8 Anda klik kanan dan klik All App. Setelah itu segera tampil pilihan-pilihan di Metro Style tersebut
  • Pilih dan klik kanan Command promt
  • Klik Run as Administrator. Setelah itu segera tampil kotak dialog User Account Control.
  • Klik tombol Yes. Setelah itu Command prompt yang di bagian atasnya terlihat Administrator segera tampil.
  • Setelah itu Anda ketikkan dari prompt: C:\Windows\system32\MkDir C:\RefreshImage lalu Enter. Perintah ini digunakan untuk membuat forlder baru bernama RefreshImage di drive C.
  • C:\Windows\system32\Recimg –CreateImage C:\RefreshImage lalu Enter. Pilihan ini digunakan untuk melaksanakan proses pembuatan file image dan nantinya akan terbentuk file image bernama install.wim yang berada di folder C:\RefreshImage tersebut.

REC-AASetelah itu proses akan segera dilaksanakan. Dalam hal ini Anda tinggal menunggu proses tersebut samai dengan selesai.

Feile tersebut ssuatu saat diperlukan, maka Anda bisa menggunakan pilihan Refresh Your PC, di Windows 8 dan akan mengembalikan komputer Anda ke kondisi Windows 8 plus aplikasi yang ada ketika Anda menggynakan perintah tersebut. Jadi dalam hal ini bukan aplikasi standard seperti ketika Anda selesai melakukan instalasi ulang.

Mudah-mudahan artikel sederhana ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s