Memanfaatkan ICT Windows Server 2008


Pendahuluan

Setelah Anda melakukan instalasi dan telah menentukan password dan mengingatnya sebagai kunci untuk masuk Windows Server 2008 ada satu hal yang perlu diperhatikan adalah setelah traffic inbound diperbolehkan menuju server, anda bisa menggunkan menu Manage Your Server untuk menginstalasi aplikasi pada server sehingga server tersebut bisa berperan baik Print Server, File Server, Domain Controller (DC) dan lain lain-lain.

Untuk jelasnya mengenai tampilan awal jendela atau layar Initial Configuration Tasks di Windows Server 2008 coba perhatikan gambar berikut ini. Seperti Anda lihat, pada tampilan ini masih belum ada komponen yang diubah atau masih dalam keadaan normal (default). Untuk itu dari tampilan ini Anda bisa sedikit demi sedikit mengubah setup atau konfigurasi untuk Server anda.

Initial Configuration Task

clip_image002Gambar 1. ICT (Initial Configuration Task)

 

Microsoft Windows Server 2008 akan menggabungkan beberapa task konfigurasi server dengan menggabungkan tasks secara bersama dan memperlihatkan semua fitur dalam sebuah single-screen yang bernama ICT (Intial Configuration Task). Dengan menggunakan ICT ini anda akan leluasa melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Menentukan kunci information termasuk password administrator, zona waktu, setting jaringan, dan nama server. Anda juga bisa join server anda pada sebuah domain. Umpamanya dengan mengklik link Provide Computer Name And Domain untuk membuka System Properties dengan tab Computer Named terpilih. Sebagai contoh berikut ini adalah contoh pengaturan tanggal dan waktu.

Kemudian hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengkonfigurasi Network untuk Windows Server 2008 Anda. Pekerjaan ini sangat mudah dan biasa dilakukan untuk membuat IP Statis, DNS, maupun lainnya. Sebagai bahan latihan, berikut ini adalah langkah untuk membuat IP Statis, menambahkan DNS dan Gateway di Server Anda. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik Configure Networking. Setelah itu akan tampil kotak dialog Networking
  2. Klik kanan di ikon tersebut lalu klik Properties, komputer segera menampilkan kotak dialog Properties
  3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)
  4. Klik Properties. Kemudian ketikkan IP Statis di kolom Use following IP address, isi untuk IP Statis Anda di kolom tersebut, mialnya 192.168.53.117, untuk Subnet akan terisi secara otomatis, Anda lanjutkan untuk mengiai Gateway, isilah dikolom Gateway, misalnya 192.168.53.1 dan untuk DNS Anda isi misalnya 192.168.53.1
  5. Klik OK lalu klik tombol Close

Selanjutnya setting lain yang harus Anda lakukan adalah mengganti nama komputer, caranya sebagai berikut:

  1. Klik Provide Computer Name and Domain, setelah itu akan tampil kotak dialog
  2. Klik Change dan setelah tampil kotak dialog berikutnya, di kolom Computer Name ketikkan nama Server Anda, misalnya SERVER-CORE
  3. Klik OK, kemuidian klok tombol Close untuk menutup kotak dialog tersebut, dan biarkan komputer melakukan boot secara otomatis.

Mencari Windows Update untuk mengupdate software yang tersedia, dan memungkinkan untuk melakukan Automatic Updates, Windows Error Reporting (WER), serta mengikutsertakan dalam Customer Experience Improvement Program. Mengatur Windows Firewall pada server, dan memungkinkan Remote Desktop sehingga dengan demikian server tersebut bisa diatur atau dimanage secara remote menggunakan Terminal Services.

clip_image004Gambar 2. Jendela Utama Server Manager

 

Menambahkan peranan dan fitur-fitur pada server, umpamanya  untuk server tersebut akan dijadikan sebagai DC (Domain Controller). Maka jika server tersebut mau dijadikan DC, maka Anda harus mensetupnya terlebih dahulu dengan perintah DCPROMO. Gambar 6-5 adalah kotak dialog awal untuk melakukan setup atau instalasi DC (Domain Controler). Sebagai tambahan untuk menyediakan sebuah interface (antarmuka) pengguna yang bisa melakukan beberapa task tersebut, ICT juga menampilkan status informasi untuk setiap task, misalnya jika sebuah task telah dijalankan, maka dengan sendirinya link dari task tersebut berubah warna dari biru menjadi ungu seperti sebuah hyperlink standar.

Ini baru permulaan untuk jelasnya mengenai Active Directory ini akan dibahas dalam bab tersendiri. Karena bagian ini hanya merupakan penjelasan singkat untuk mengetahui kelebihdan dari Windows Server 2008.

Kemudian jika WER (Windows Error Reporting) telah dinyalakan, pesan "Windows Error Reporting on" akan ditampilkan disebelah item task yang bersangkutan. Sekali anda telah melakukan initial configuration pada server, maka Anda bisa mengklik link Print, E-mail atau Save This Information pada menu bawah. Hal ini akan membuka Internet Explorer dan menampilkan halaman result yang memperlihatkan konfigurasi yang telah diubah. Halaman result ini bisa ditemukan  pada %systemdrive%\users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Server Manager\InitialConfigurationTasks.html, dan bisa disimpan, atau dikirimkan melalui e-mail sebagai suatu report atau laporan.

Selain itu, ada beberapa catatan tambahan yang tidak kalah oentingnya mengenai Initial Configuration Task tersebut, antara lain:

  • Melakukan beberapa task membutuhkan anda untuk log off dan mereboot mesin anda. Sebagai contoh, secara default ketika anda menginstall Windows Server 2008, account built-ini Administrator diaktifkan dan tidak mempunyai password. Jika anda menggunakan ICT untuk mengubah nama dari account ini atau menentukan sebuah password, anda harus melakukan log off dan kemudian log on lagi untuk melihat hasil dari perubahan tersebut.
  • Jika Windows Server 2008 mendeteksi bahwa instalasi atau setup berlangsung pada jaringan yang terbatas/dibatasi. Ketika anda pertamakali melakukan log on, bagian Update this Server dari ICT akan menampilkan link baru yang bernama Restore Network Access. Meng-klik pada link ini membolehkan anda untuk meninjau batasan-batasan akses jaringan pada saat ini dan mengembalikan (restore) akses jaringan penuh untuk server anda. Alasan bahwa kedua item lain pada bagian ini (Enable Windows Update And Feedback dan Download And Install Updates) tidak ditampilkan pada situasi seperti ini ialah kareana mesin yang dianggap berada pada keadaan karantina tidak bisa mengakses Windows Update secara langsung dan harus menerima update-an dari sebuah remediation server.
  • OEM bisa menkostumisasi layar ICT sehingga bisa menampilkan sebuah bagian tambahan pada bagian bawah yang bisa meliputi sebuah logo, deskripsi dan link-link task dari OEM tersebut yang bisa me-launch file-file EXE, DLL, dan script-script yang disediakan oleh OEM tersebut. Catatan, bahwa link-link task OEM tidak bisa menampilkan informasi status.
  • ICT tidak akan ditampilkan jika anda mengupgrade Windows Server 2008 dari versi sebelumnya dari Windows Server. ICT juga tidak ditampilkan jika setting Group Policy berikut ini dikonfigurasi: Computer Configuration\Administrative Templates\System\Server Manger\Do Not Open Initial Configuration Tasks Windows At Logon

Mengenal Server Manager

Setelah Anda masuk ke ICT (Initial Configuration Tasks), setelah melakukan tahap-tahap diatas termasuk menutup ICT, maka tool baru akan secara otomatis muncul, yang bernama Server Manager.

Tujuan dari Server Manager ialah untuk menyediakan cara langsung bagaimana menginstall fitur-fitur dan peran (roles) pada server anda sehingga bisa berfungsi dibawah lingkungan jaringan bisnis anda. Sebagai sebuah tool, Server Manager ditargetkan untuk kalangan pemakai IT umum yang bekerja pada organisasi dengan skala sedang (medium-size). Seorang spesialis IT yang bekerja pada perusahaan besar mungkin bisa menggunakan tool-tool tambahan untuk mengkonfiugrasi server yang baru terinstall Windows Server 2008. Namun sebagai contoh, dengan melakukan beberapa initial configuration tasks pada saat Anda mengkonfigurasi yang tidak diawasi menggunakan Windows Deployment Service (WDS) bersama dengan file .xml yang berjalan sendiri.

Server Manager juga memungkinkan anda untuk melakukan modifikasi seting apapun yang anda telah lakukan sebelumnya menggunakn layar ICT. Umpamanya akan mengaktifkan Remote Dekstop dengan mengklik link Configure Remote Desktop yang berada pada bagian kanan judul Server Summary. Bahkan, Server Manager membolehkan anda untuk mengkonfigurasi tambahan yang lebih canggih yang tidak terlihat dilayar, seperti mengaktifkan atau me-non-aktifkan Internet Explorer Enhanced Security Configuration (IE ESC) atau menjalankan Security Configuration Wizard (SCW) pada mesin anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s