Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 dan 8 dari ISO


Pendahuluan

Umumnya sistem operasi, misalnya Windows 8 Developer Preview hasil download berupa file ISO yang harus diubah sehingga menjadi bootable apabila akan digunakan khususnya dikomputer baru. Karena apabila file ISO ini sudah ada di hardisk dan ingin digunakan di mesin virtual tidak memerlukan perubahan dari ISO ke DVD atau Flashdik bootable. Pilihan Flashdisk tentu saja ditujukan bagi mereka yang laptop atau Netbooknya tidak dilengkapi dengan DVD.

GB-1Anda bisa menyimpan perubahan dari file ISO ke file ekstrak ini ke flashdiak atau DVD, maka diperlukan DVD atau Flashdik minimal berkapasitas minimal 4 Gbyte. Saat ini memang DVD dan Flashdisk dengan kapasitas 4 Gbyte sudah banyak dan harganya pun relatif murah. Selain DVD atau Flashdisk, juga diperlukan aplikasi bernama Windows7-USB-DVD-Download-Tool. Aplikasi ini wajib diinstal di komputer Anda, karena tanpa menggunakan aplikasi ini Anda akan kesulitan membuat File Setup Windows 8 ke dalam Flashdisk atau DVD. Apabila Anda akan mendownload aplikasi Windows7-USB-DVD-Download-Tool, ambilah dari situs resminya atau KLIK DISINI

Instalasi Windows 7 USB/DVD Download Tool

Untuk menginstalasi Windows 7 USB/DVD Download Tool langlah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Setelah didownload Anda bisa langsung klik file Windows7-USB-DVD-Download-Tool tersebut, setelah itu segera tampil pernyataan yang menanyakan apakah Anda yakin akan menjalankan file tersebut. Anda klik saja tombol Run.
  2. Setelah menekan tombol Run, komputer Anda segera menampilkan jendela awal setup Windows7-USB-DVD-Download-Tool seperti gambar berikut ini.
  3. Klik tombol Next untuk melanjutkan, setelah itu Windows 7 Anda akan menampilkan kotak dialog Ready to install Windows 7 USB/DVD Download Tool.
  4. Klik tombol Instal untuk mulai melaksanakan proses instalasi.
  5. GB-2Dan klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi tersebut.

Ekstrak ISO file Windows 8 ke Flashdisk atau DVD

Untuk ekstrak file ISO Windows 8 Developer Preview ke Flashdisk atau DVD sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa menggunakan berbagai aplikasi tergantung keinginan kita. Salah satu contoh yang bisa digunakan adalah menggunakan aplikasi Windows 7 USB/DVD Download Tool untuk proses ekstaksi dari ISO ke file bootable Setup ini.

Sebagai gambaran berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah file ISO Windows 8 ke dalam Flasdish atau DVD. Sebelum instalasi tentu saja Anda juga harus sudah mendownload Windows 8 Developer Preview tersebut KLIK DISINI

Setelah proses download, selanjutnya Anda jalankan Windows 7 USB/DVD Download Tool. Setelah itu komputer akan menampilkan seperti gambar berikut ini.

  1. Klik tombol Borwse untuk mengambil file ISO Windows 8 Developer Preview hasil download tersebut
  2. Masukkan Flasdisk atau DVD yang akan digunakan untuk menampung hasil instalasi ini. Dalam contoh ini saya menggunakan DVD.
  3. Klik tombol Next untuk melanjutkan

 GB-9Setelah step1 dilaksanakan dan Anda telah menekan tombol Next, maka step 2 akan tampil. Di sini Anda bisa menentukan dua pilihan apakah akan menyimpan hasil instalasi ke Flashdisk atau ke DVD. Dalam contoh ini gunakanlah DVD

Dengan menekan tombol DVD berarti Anda akan menggunakan DVD sebagai media Instalasi

Pada tampilan ini ada dua pilihan, yaitu Begin burning dan Start Over. Jika Anda memilih Begin burning berarti Anda menyimpan hasil ekstrasi tersebut ke dalam DVD sedangkan pilihan Start over berarti Anda kembali ke pilihan sebelumnya. Untuk itu Anda klik saja Beging burning untuk mulai proses ekstrasi file ISO Windows 8 Developer Preview ke dalam Flashdisk atau DVD.

 

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s