Broadcast Slide Show di PowerPoint 2010


Pendahuluan

Jaringan komputer dan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena dengan teknologi tersebut kita bisa berbagi informasi, data, dan lain-lan secara online. Selain itu, Anda juga bisa dengan membuka file, aplikasi dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jadi dengan perkembangan teknologi tersebut semakin memudahkan kita untuk berbagai keperluan. Jadi tentu saja dengan canggihnya teknologi tersebut kita bisa bekerja secara online, misalnya menggunakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para peneliti, kalagan bisnis, dan lain-lain adalah Microsoft PowerPoint 2010. Aplikasi tersebut saat ini sudah bisa digunakan secara onlie, baik menggunakan Web Application ataupun menggunaan Office awan, dan tentu saja bekerja secara secara online. Aplikasi Microsoft Office yang bisa bekerja secara online dikenal dengan nama Web App. Begitu juga dengan datanya juga bisa disharing dan bisa digunakan secara bersama dan tentunya online juga dengan memanfaatkan SkyDrive.

Menggunakan Broadcast Slide Show

Dengan fitur tersebut Anda dapat berbagi slide presentase dengan rekan kerja, sahabat atau siapapun dan dimanapun berada. Selama mereka mempunya koneksi ke jarigan internet dan browser yang digunakan sudah didukung oleh fasilitas ini, seperti Windows Internet Explorer 7 ke atas, Safari 4 ke atas, and Firefox 3.5 ke atas. Microsoft PowerPoint 2010 menyediakan banyak fitur canggih yang tidak dilimiki oleh aplikasi sejenis yaitu Broadcast Slide Show.

GB-01Gambar 1. Kotak dialog Boradcast Slide Show PowerPoint 2010

Bagaimana menggunakan kedua fitur tersebut? Untuk menggunakan fitur tersebut pastikan komputer yang Anda gunakan sudah terkoneksi ke jaringan internet dan Anda sudah memiliki account di Windows live. Setekah itu Anda jalankan Microsoft PowerPoint 2010, dan buatlah dokumen atau selide seperti biasa, atau Anda juga bisa membuka dokumen atau slide yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu baru Anda memanfaatkan kedua fitur canggih tersebut.

Broadcast Slide Show

Untuk menyiman slide dan memanfaatkan fitur Broadcast Slide Show sebelumnya Anda harus sudah memiliki e-mail di windows.live.com dan tentu saja komputer yang digunakan juga harus sudah terkoneksi ke jaringan internet, karena dengan memilih fitur Broadcast Slide Show, secara otomatis Microsoft PowerPoint 2010 akan membawa Anda ke Account Windows Live (www.windows.live.com), selanjutnya Anda masukan e-mail dan password Anda. Setelah itu Anda ikuti proses selanjutnya dan tinggal menjalankan Slide Show melalui fasilitas Broadcast Slide Show.

GB-02Gambar 2. Sedang melakukan koneksi ke jaringan internet

Selanjutnya slide presentasi yang sudah Anda buat dan dengan memanfaatkan account di Windows.live.com Anda sudah bisa mempublikasikan file presentasi ke dunia maya. Sebagai gambaran, Anda sudah membuat file presentasi bernama InfoKomputer.pptx, kemudian file tersebut akan disimpan menggunakan fitur baru dari Microsoft PowerPoint 2010 bernama Broasfcast Slide Show, caranya sebagai berikut:

  • Pastikan Microsoft PowerPoint 2010 sedang dibuka. Tampilkan file presentasi yang sudah Anda buat sebelumnya atau apabila Anda masih belum memiliki file slide presentasi maka buatlah presentasi baryu dan simpan di komputer Anda dengan nama InfoKomputer.pptx. Setelah file tersebut disimpan, klik menu Slide Show dan klik tab Broadcast Slide Show. Setelah Anda menekan tombol Broadcast Slide Show, maka akan tampil kotak dialog Broadcast Slide Show.

  • Untuk melanjutkan Anda klik saja tab Start Broadcast dan pastikan komputer yang digunakan sudah terkoneksi ke jaringan internet, karena dengan menekan tombol Start Broadcast komputer akan langsung tersambung ke jaringan internet. Di sini Anda ketikkan e-mail di kolom E-mail address, misalnya tutang@msn.com, lalu ketikkan password di kolom Password, misalnya 1234abcd lalu klik tombol OK. Dan biarkan komputer Anda bekerja dan Anda tidak perlu menekan tombol apapun sampai denga tampil jendela untuk mengcopy ULR yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan slide presentasi tersebut.GB-04

  • Klik Copy Link yang ada di kolom seperti terlihat pada gambar di atas dan simpan agar Anda bisa membuka file tersebut secara online dimana saja, darimana saja dan kapan saja. Link ini merupakan link yang bisa Anda bagikan ke rekan kerja, sahabat atau teman Anda. Anda juga bisa mengirimkan link tersebut ke email teman atau rekan bisnis Anda.

  • Klik tombol Start Slide Show untuk melihat hasilnya. Namun Anda juga bisa me-remote slside presentasi tersebut secara online dan tentu saja slide tersebut akan jalan di atas browser. Seperti terlihat pada gambar di atas, pada tahapan ini Anda harus sabar menunggu, dan perlu diketahui cepat lambatnya proses ini tergantung koneksi internet dan banyaknya slide yang dkan di sharing.

Untuk menjalankannya slide presentasi tersebut di komputer atau laptop Anda klik Start Beginning atau From Current Slide. Apabila sudah selesai melihat slide tersebut dan Anda harus menutup slide tersebut dengan mengklik tombol atau tab End Broadcast untuk memastikan anda telah selesai menggunakan fitur baru dari Microsoft PowerPoint 2010.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s