Instalasi Windows 8 Server


Pendahuluan

Beberapa hari ini saya memasang Windows Server 8 Beta sebagai sistem operasi Server di salah satu komputer saya. Sebeklumnya saya mencoba memasang sistem operasi server ini di atas mesin virtual (Virtual Box), namun kurang sempurna. Namun untuk mencoba saya kira tidak ada salahnya, hanya mungkin bebeapa fitur canggih yang disediakannya tidak bisa jalan denganbaik. Dengan kata lain apabila kita memasang Windows Server 8 di atas mesin virtual hasilnya kurang maksimal.

GB-1 Microsoft Windows Server 8 Beta memang berubah total dan tampilan desktopnya mirip dengan Windows 8. Hal ini sama seperti halnya Microsoft mengubah tampilan dari Windows for Workgroup ke Windows NT atau Windows 2000 Server, atau dari Windows 2003 R2 ke Windows 2008 Server . Yang berbeda perubahan tersebut selain dalam hal tampilan, juga banyak fitur-fitur canggih lain yang ada di Windows Server 8 ini, misalnya dalam hal tanpilan adalah tombol Start. Di mana tombol tersebut benar-benar berubah total. Selain itu, tentu saja Windows Server 8 hanya tersedia 64 bit saja. Sedangkan pilihannya sama seperti Windows Server 2008, yaitu ada pilihan Server Core dan ada yang GUI.

Tombol Penting

Tombol Start yang ada di Windows Server 8 diganti dengan fitur Charm Bar, dalam hal ini sama dengan Windows 8 yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat IT di dunia termasuk di Indonesia. Dengan fitur canggih ini pengguna pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi di Windows Server 8 cukup dengan menekan kombinasi tombol Windows dan C. Dengan menekan tombol Windows dan dan tombol C secara bersamaan maka di bagian bawah dan kanan layar komputer Anda akan tampil beberapa tombol-tombol pilihan, di bagian bawah Anda akan melihat koneksi ke suatu jaringan, WiFI, Jam, hari dan tanggal, termasuk indikator catudaya. Sedangkan di sebelah kanan monitor terlihat beberapa tombl seperti tobol Search, tombol Share, tombol Start, tombol Device, dan tombol Settings.

GB-13Server Manager

Pada Windows Server 2008 yang saat ini banyak digunakan Anda tentu sudah menganal yang namanya Server Manager dan tentu memahami degan baik ICT (Initial Configuration Tasks). Di Windows Server 8, Server Manager juga masih ada, yang gunnanya sama yaitu untuk melakukan konfigurasi dengan memanfaatkan .

Melalui Server Manager ini Anda bisa dengan mudah mengkonfigurasi Windows Server 8 Anda. Mulai dari menambah role, feature, memanage server, membuat group dan sebagainya. Walaupun tanpa melalui Server Manager pun Anda bisa mengkonfigurasi Windows Server 8 dengan mudah dan tentu saja hasilnya pun sama saja.

Instalasi Windows Server 8

  1. Masukkan DVD Windows Server 8 Anda,kemudian Anda boot komputer Anda dan biarkan komputer bekerja, pada saat komputer membaca DVD Drive, Anda tekan saja tombol Enter di papan ketik atau keyboard. Tujuannya tentu agar komputer melakukan booting dari DVD Drive tersebut. setelah itu komputer akan menapilkan jendela Setup.
  2. Pada tampilan Setup tersebut ada beberapa pilihan, antara lain Language to install, Time and currency format, keyboard or input metgod, dan sebagainya. Pada pilihan ini Anda klik tombol drop down pilihan Time and currency format, pilih Indonesia dan klik tombol Next untukmelanjutkan. Setelah tampil jendela setup berikutnya Anda klik tombol Install untuk mulai proses instalasi tersebut.
  3. Seperti halnya pada Windows 2008 Server ada dua pilihan instalasi, yaitu Server Core dan Server GUI atau yang berbasis GUI (Graphic User Interface). Pada Windows Server 8 juga terdapat pilihan dua pilihan insyalasi tersebut. Untuk instalasi kali ini Anda pilih Windows Server 8 Data Center (Server with GUI). Kemudian Anda klik tombol Next untuk melanjutkan. Tampilan berikutnya adalahyang berhubungan dengan lisensi dari sistem operasi yang akan diinsalasi tersebut. Dari tampilan ini Anda lanjutkan dengan mengklik tepat di depan pilihan I Accept the license term, lalu klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi Windows Server 8 tersebut
  4. Pada tampilan Which type of installation do you want? Anda klik pilihan Custome : Install Windows only (Advanced). Setelah itu komputer Windows 8 Server akan menampilkanpilihan media penyimpanan (harddisk) yang akan digunakan untuk menyimpan hasil dari proses instalasi ini. Kalau tida ada masalah dengan harddisk dan driver yang digunakan di komputer Anda, lanjutkan dengan menekan tombol Next. Dan proses instalasipun segera di mulai. GB-14
  5. Pada proses ini Anda bisa beristirahat dan tidak perlu mengerjakan apapun di komputer Anda, karena seluruhnya akan dikerjakan secara otomatis oleh sistem operasi Windows Server 8 yang sedang Anda pasang.
  6. Setelah proses instalasi tersebut selesai, maka windows server 8 akan menampilkan pernyataan, dimana Anda diminta untuk menuliskan password Administrator Anda. Karena Usernamenya secara otomatis akan dibuat Administrator. Ketikkan Password Anda di kolom Password, misalnya Abc12345, ketikkan sekali lagi password Anda di kolom Retype Password, misalnya Abc12345
  7. Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasu tersebut. Dan biarkan komputer melakukan Booting seperti biasa. Setelah komputer menampilkan pesan bahwa Anda bisa masuk ke Windows Server 8 tersebut , maka Anda bisa langsung menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, lalu masukkan Password Anda seperti yanag Anda buat sebelumnya, yatu Abc12345, lalu tekan tombol Enter di papan ketik komputer Anda. Dari dektop tersebut Anda tekan tombol Window di papan ketik komputer Anda. Setelah itu akan tampil Metro Style, dan Anda klik tombol Server Manager untuk melalukan Settings. Setelah itu segera tampil jendela Server Manager dan Anda bisa melakukan Aettings lebih jauh dari Windows Server 8 tersebut.

– bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s