Active Directory Administrative Center


Pendahuluan

Di bagian sebelumnya saya sudah menjelaskan langkah-langkah menjadikan Windows Server 2012 Anda menjadi ADDS. Di bagian ini akan dilanutkan dengan proses instalasinya dan dibagian akhir dari tulisan ini akan terlihat Active Directory Administrative Center.

GB-1

Gambar 1. Tampilan Server Manager

Memang Windows Server 2012 banyak perubahannya dibandingkan dengan versi sebelumnya, terutama dalam hal tampilan desktop yang hampir sama dengan Windows 8. Selain itu proses setup ADDS juga berbeda, begitu juga dalam hal tampilannya. Coba Anda perhatikan di Windows versi sebelumnya Anda mungkin mengenal Administrative Tools, sedangkan di Windows Server 2012 Anda akan melihat Active Directory Administrative Center. Masih banyak perubahan-perubahan dari Windows Server 2012 ini.

Setup ADDS

Kembali ke bagian sebelumnya dimana telah dibahas mengenai setup Active Directory pada Windows Server 2012. Di sini akan dibahas mengenai penambahan role pada Windows Server 2012. Untuk itu Anda perhatian tampilan gambar 1, dari tampilan Server manager tersebut langjutkan degan mengklik AD DS dibawah Dashboard.

Setelah menekan pilihan ADD DS Windows Server 2012 Anda segera menampilkan jendela Server Manager berikutnya. Dari sini Anda klik More di bawah tombol Task. Tampilan segera berubah menjadi All Servers Task Detail. Dari sini Anda klik Promote this server to a domain. Setelah itu proses segera dilanjutkan. Jadi dalam hal ini di Windows Server 2012 tidak akan bisa lagi mengenal perintah DCPROMO seperti pada Windows Server 2000 sampai dengan Windows Server 2008R2 ke bawah. Di sini jika Anda memilih Windows Server 2012 berbasis GUS, maka semua sudah hempir cukup dengan mengklik tombol yang diperlukan.

GB-2Gambar 2. Setup awal ADDS Configuration Wizard

Dari tampilan seperti gambar 2 di atas, langsung saja Anda klik tombol Add a new forest untuk membuat domain (ADDS) baru sesuai keinginan Anda. Dalam contoh ini Anda bisa langsung mengetikkan nama domain di kolom Root domain name, misalnya nama domain yang akan digunakan adalah WSS-ID, setelah itu klik tombol Next untuk melanjutkan dan Windows Server 2012 segera menampilkan halaman Wizard berikutnya.

Di sini Anda bisa langsung mengetikkan password Anda di kolom yang telah disediakan, yaitu kolom Password bertanda bintang warna merah, lalu ketikkan sekali lagi password Anda di kolom Confirm password di kolom yang ada dibawahnya. Kemudian untuk mempercepat proses ini Anda langsung saja klik tombol Next untuk melanjutkan proses setup Windows Server 2012 tersebut.

Apabila tidak akan menggunakan role DNS klik tobol x atau Dismiss, atau jika Server Anda sekaligus akan dijadikan juga sebagai DNS Server maka Anda harus menandainya. Dalam contoh ini saya tidak menambahkan role DNS tersebut, karena sudah tersedia di server yang lain, maka untuk selanjutnya cukuo mengklik tombol Next untuk melanjutkan. Biarkan komputer server melakukan verifikasi sehingga di kolom The NetBIOS name akan tampil nama server yang Anda masukkan di awal setup Windows Server 2012 ini, misalnya WSS-ID.

GB-5Gambar 3. Verifikasi the NetBIOS Domain Name

Klik lagi Next untuk melanjutkan pekerjaan setup tersebut, setelah menekan tombol Next dan komputer Anda akan melakukan proses selanjutnya, maka akan tampil lokasi drive atau path di komputer server tersebut. Di sini Anda bisa menentukan lokasi drive atau folder sesuai keingunan, namun untuk memudahkan gunakan nilai defaultnya, untuk ini biarkan komputer menentukan secara otomatis drive atau path/folder, dengan mengklik tombol Next untuk melanjutkan.

Setelah itu Anda bisa menelihat hasil atau role yang diilih dengan menekan tombol View Script. Jika tidak menekan tombol View Script, Anda bisa langsung menekan tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi AD DS ini.

GB-9Gambar 4. Tampilan Active Directory Administrative Center

Biarkan komputer melakukan verifikasi secara lengkap, dalam hal ini Anda cukup menunggu proses tersebut sampai dengan komputer meminta untuk melanjutkan dengan proses berikutnya, yatu proses instalasi.Klik tombol Instalasi untuk mengakhiri lagkah-langkah yang sedang Anda kerjakan, dan apabila tidak terjadi kesalahan dalam proses tersebut, maka proses instalasi Active Directory Windows Server 2012 tahap awal selesai. Dan sekali kagi apabila tidak terjadi kesalahan dalamproses tersebut komputer secara otomatis akan melakukan botting dan hasilnya Anda bisa dilihat pada gambar 4.

Mudah-mudahan penjelasan bermanfaat. Untuk selanjutnya dalan blog ini saya menjelaskan cara menambah role dan fitur lainnya, selain itu akan dijelaskan juga cara menambah user dan lain-lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s