Antara 32 Bit dan 64 Bit


Kalau kita mengikuti perkembangan komputer dan tentu saja sistem operasi dan aplikasinya sangat luar biasa. Duu kita mengenal sistem 16 bit, kemudian berkembang menjadi 32 bit. Anda pasti mengenal FAT 16 bit, kemudian FAT 32 bit, lalu dalam sistem operasi khususnya keluarga Windows berkembang menjadi NTFS 32 bit. Dan sejak kalau tidak salah Microsoft memperkenalkan sistem operasi 32 bit sejak Windows NT dan Windows 95. Kemudian berkembang dan keluarlah Windows NT Server, Windows NT Client, Windows 98, Windows Me, Windows 2000 Server, Windows 2000 Professional. Pada sistem ini Micrfosoft sudah memperkenalkan sistem 32 bit dengan format FAT( File Alocation Table) 32 bit dan NTFS (New Technology File System) 32 bit.

clip_image002 clip_image004

Perkembangan sistem opesari ini terus dan sangat cepat hingga akhirnya munculan sistem 32 bit dan 64 bit. Microsoft meluncurkan sistem operasi 64 bit ini sejak Windows XP untuk kelas Desktop atau Client, dan untuk Windows Server 2003 R2. Kemudian sejak itu selalu ada Windows 32 bit, dan Windows 64 bit baik clienbt ataupun Servernya.

clip_image006 clip_image008

Bahkan untuk Windows Server 2008 R2 dan Windows Server 2012 hanya tersedia hanya 64 bit saja. Karena dengan sistem ini semuanya full mendukung fitur virtualiasi atau lebih dikenal dengan Hyper-V.

clip_image010 clip_image012

Sebagaimana kita ketahui, saat ini laptop ataupun desktop sudah mulai menggunakan sistem operasi Windows 32-bit atau versi 64-bit. Bahkan untuk aplikasinya pun sudah mulai menggunakan aplikasi yang 64 bit, misalnya Offce 2007 atau 2010 yang 64 bit sudah banyak digunakan. Perbedaan antara 32 bit dan 64 bit sebenarnya adalah dari jumlah informasi yang mampu ditangani oleh sebuah CPU pada saat tertentu. Sedangkan jenis CPU yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki ekemampuan atau kinerja yang jauh lebih besar, sehingga memerlukan perubahan terutama dalam hal dalam sistem operasi dan aplikasinya, yaitu 64-bit.

Sebenatnya kata BIT sendiri merupakan cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

clip_image014 clip_image016

Kemudian untuk komputer dengan CPU 32-bit termasuk Windows 32 bit, memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Microsoft memproduksi Windows XP dan Vista edisi 32-bit dan 64-bit dan melakukan hal yang sama pada Windows 7 dan Windows 8. Bahkan untuk server 64 bit banyak kelebihannya, antara lain berkemampuan Hyper-V dan hanya CPU tertentu yang nampu untuk melakukan itu, misalnya untuk kelas intel adalah Intel VT seangkan untuk AMD adalah AMD V.

Selanjutnya perlu juga saya sampaikan bahwa batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor, yaitu CPU 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara CPU 64-bit dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB, selain itu juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat. Itu tiorinya.

clip_image018clip_image020

Memang CPU 32 bit mempunya keterbatasan memori mulai terlihat ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kadang akan terasa kesulitan ketika menjalankan beberapa program atau aplikasi secara bersamaan, bahkan apabila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB.

Sistem operasi canggih keluaran Microsoft seperti Windows 64-bit tidak dipungkiri dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit, namun demikian tidak seluruhnya bisa maksimal. Memang apabila kita menggunakan sistem atau Windows 64-bit, maka sebaiknya menggunakan aplikasi yang sama. Hal lain yang juga akan terasa ketika kita menginstalasi sistem operasi tersebut, ada beberapa driver yang kurang sempurna, namun demikian untuk saat ini tampaknya hal tersebut sudah mulai tratasi, termasuk untuk Windows 8 dan Windows Server 2012.

TTD2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s