Windows Server 2012: 1 Server 2 DC


Apakah Anda seorang IT Professional atau Administrator IT TI? Saya ingin berbagi dengan sedikit pengalaman soal manfaat Virtualisasi yang disediakan Windows Server. Fitur ini memang sudah ada sejak Windows 2008 diperkenalkan, khususnya Windows 2008 64 bit dan Windows 2008 R2. Dan tentu saja di Windows Server 2012 fitur ini semakindiperkaya dan canggih, serta tentu saja manfaat dan kemampuannya sudah teruji

Dulu saya dan mungkin juga teman-teman IT Pro semuanya menggunakan beberapa server untuk keperluan sistem komputerisasi di kantornya. Kebetulan server yang saya gunakan cukup lumayan bagus, hanya RAM yang digunakan standar saja.

Dengan adanya teknologi Virtual Mesin (Virtual Server dan Virtual PC), saya mencoba memanfaatkan teknologi tersebut, dan hasilnya cukup lumayan bagus dan bermanfaat, khususnya ketika memanfaatkan kemampuan dari Virtual Server 2005 waktu itu. Kemudian ketika Windows Server 2008 diperkenalkan dan di dalamnya sudah tersedia fitur Virtulisasi (Virtualization), maka saya mulai mencoba teknologi canggih tersebut dan hasilnya diluar dugaan, luar biasa. Maka sejak itu lah saya memanfaatkan virtualisasi ini untuk mesin server saya.

Apa itu Hyper-V

Hyper-V atau lebih dikenal dengan sebutan Virtulisation memungkinkan bagi IT Professional menggunakan mesin virtual tersebut tanpa harus menambahj perangkat kerasnya dan tentu saja dengan biaya yang jauh lebih murah.

Seperti telah disampaikan diawal tulisan ini bahwa Hyper-V membutuhkan sistem 64-bit yang memiliki Terjemahan Alamat Level Kedua (slat). Slat adalah salah satu fitur hadir dalam generasi pada CPU (prosesor) 64-bit (Intel VT dan AMD V). Dan untuk memasang fitur Hyver-V dengan baik Anda harus memasang minimal 4GB RAM. Hyper-V tidak mendukung sistem operasi 32-bit.

1 Server 2 DC

Sebenarnya degan Hyper-V bisa memasang beberapa mesin dalam satu server. Hanya tentu saja RAM yang digunakan juga harus mendukung.
Dengan memanfaatkan Hyper-V dalam sebuah Server dan mensetup Aditional DC akan memudahkan ketika sistem operasi utama mengalami masalah, misalnya Windows Server yang dipasang di server rusak, harddisk yang digunakan rusak dan sebagainya. Jadi untuk menghindari hal tersebut, pemanfaatan Hyper-V dan memasang Aditional DC di atas Hyper-V akan sangat menolong.

Setelah semua konfigurasi ADDS dalam server selesai dilaskanakandan fitur Hyper-V sudah terinstal di atas Server utama tersebut, kemudian Anda setup Windows Sever 2008 R2 atau Windows Server 2012 kembali diatas Hyper-V. Kemudian Anda jadikan ADDS kembali sama seperti yang utama. Namun sebelum setup ADDS tersebut Anda harus menjoinkan terlebih dahulu dengan mesin utama, misalnya Server utama bernama bioteknologi.net, maka di sistem operasi server yang ada di Hyper-V harus dijoinkan ke server tersebut, dan tentu saja komputer yang ada di Hyper-V tersebyt minta restart.

Setelah restart, selanjutnya Anda buat ADDS kembali dengan cara mengetikan DCPROMO kalau Anda menggunakan Windows Server 2008 atau Windows Server 2008R2, namun jika menggunakan Windows Server 2012 Anda bisa langsung dari Server Manager.
Setelah selesai, jangan lupa pada saat proses pembuatan DC tersebut Anda harus memilih Existing Forest, Add domain control to an existing domain. Ikuti semua petunjuk yang ditampilkan sistem.

Setelah selesai pastikan semua komputer yang diperlukan sudah terpasang, dan coba Anda perhatikan apakah sistem yang ada di Server uatam sama dengan yang di Hyper-V? Jika semuanya sudah sama, Anda coba membuat user baru dalam server, jika secara otomatis otomatis akan ada dikedua sistem tersebut, maka proses yang Anda lakukan sudah benar.
Jika sudah merasa OK dan tidak ada lagi perubahan, maka selanjutnya Anda mengeksport sistem yang ada di mesin virtual atau Hyper-V tersebut. Suatau saat jika komputer server Anda mengalami masalah, di sini konfigurfasi, user, dan sebagainya masih ada dan Anda tinggal mengimport saja dan dimasukkan ke sistem yang baru, dengan demikian data Anda yang berkaitan dengan Username, password, dan sebagainya terselamatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s