Mencoba Microsoft Virtual PC 2007


virtual machine_1Derasnya perkembangan teknologi informasi khususnya komputer, baik hardware maupun software termasuk di dalamnya sistem operasi dan aplikasinya, maka sangat diperlukan media yang sesuai untuk mempelajari perkembangan tersebut. Media yang dimaksud adalah sarana untuk mengeksplorasi, mencoba atau melakukan testing terhadap sistem, terutama yang berhubungan dengan sistem yang akan digunakan.

Microsoft merupakan salah satu perusahaan software dan sistem operasi terkemuka dunia, sejak beberapa tahun lalu telah menciptakan suatu software yang dapat digunakan untuk keperluan eksplorasi tersebut salah-satunya adalah Micrsoft Virtual PC dan Microsoft Virtual Server. Dengan aplikasi canggih ini akan memperudah para IT Pro, mahasiswa ataupun belajar untuk mencoba sistem baru tanpa yarus mengorbankan sistem yang sudah ada.

Buku ini disusun untuk memudahkan masyarakat yang akan mempelajari sistem dan aplikasi terbaru secara virtual. Microsoft Virtual PC adalah salah satu aplikasi yang sangat mudah untuk dipelajari dengan manfaat yang cukup besar. Dengan software ini pemakai seolah menjalankan beberapa sistem operiasi mulai dari proses instalasi hingga menggunakan sistem operasi yang di pasang diatasnya. Karena dalam satu komputer bisa dipasang beberapa sistem operasi dan jalan secara bersamaan seolah Anda memiliki beberapa komputer dengan sistem operasi yang berbeda-beda. Karena mesin virtual ini jalan di atas mesin utama  maka disebutlah virtual mesin (virtual machine).

Dengan banyaknya permintaan dari para pembaca saya, maka dengan senang hati saya mencoba menyusun buku ini sebagai petunjuk atau panduan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan satu komputer untuk berbagai sistem operasi tanpa merusak sistem yang sudah ada. Dalam buku ini di bahas mulai dari tahap proses instalasi Microsoft Virtual PC sampai dengan instalasi sistem operasi di atas mesin virtual tersebut.
Seperti halnya buku terbitan Datakom, buku ini pun dikemas dalam bahasa yang sangat ringan, populer dan mudah dimengerti. Sehingga bagi masyarakat awam pun tidak akan mengalami kesulitan untuk mencoba dan menggunakan buku ini sebagai panduan atau modul untuk mempelajari aplikasi Microsoft Virtual PC.

Diharapkan dengan terbitnya buku ini masyarakat bisa dengan mudah mempelajari suatu sistem tanpa harus mengorbankan sistem yang sudah ada. Dan apabila sudah menguasai suatu sistem pemakai bosa saja menghapusnya dengan mudah. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang hanya memiliki satu unit server dan ingin membuat server DNS sendiri atau DHCP sendiri, maka Microsoft Virtual PC merupakan solusinya.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas saran dan dorongannya. Terutama teman-teman IT Pro yang selalu mendorong penulis untuk menyelesaikan buku ini. Terakhir penulis mengucapkan selamat belajar semoga kalian menjadi ahli komputer yang handal.
TTD2_thumb.jpg

Advertisements

One thought on “Mencoba Microsoft Virtual PC 2007

  1. Istilah virtualisasi perangkat-keras mengacu kepada upaya menciptakan mesin virtual yang bekerja layaknya sebuah komputer lengkap dengan sistem operasi . Istilah mesin tuan-rumah(host) mengacu kepada mesin tempat virtualisasi bersemayam sementara istilah mesin tamu(guest) mengacu kepada virtual mesin itu sendiri. Istilah hypervisor mengacu kepada perangkat-lunak atau firmware yang membuat mesin virtual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s