“Bing” Mesin Pencari di Internet Alternatif


BING-02Tidak dipungkiri bahwa dunia maya merupakan media yang sangat ampuh untuk melakukan berbagai aktifitas untuk saat ini. Melalui dunia maya kita bisa bertukar informasi, mempublikasikan berbagai tulisan, mengirim surat elektronik, melakukan penelitian, mencari data, gambar dan sebagainya. Namun tentu saja walaupun kita bebas berkreasi didunia maya ada aturan atau kode etik yang tidak boleh kita langgar.

Dengan semakin populernya penggunaan jaringan internet ini, maka tidak sedikit masyarakat yang mendulang kesuksesan melalui dunia maya tersebut. Karena secara sederhana kita bisa melakukan bisnis apapun melalui dunia masya. Sebagai contoh jika seorang petani  ingin memasarkan produknya di dunia maya, maka petani tersebut cukup menampilkan gambar atau foto yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Dan tentu saja untuk menjual produk di Internet ini harus mengetahui harga berbagai produk pertanian tersebut, maka tentu saja petani tersebut harus menggunakan mesin pencari seperti google.com, bing.com, msn, dan sebagainya. Tujuannya tentu saja agar produk dengan kualitas yang sama harga yang ditawarkan juga relatif sama.

Dunia maya belakangan ini makin marak, penyebabnya antara lain murahnya koneksi internet baik bagi pengguna rumahan maupun masyarakat secara umum. Selain itu koneksi internet kini bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dengan semikian tentu peluang bisnis melalui dunia maya bisa dikatakan ladang bisnis yang tidak akan pernah habis.

Di Indonesia tidak sedikit masyarakat yang mendulang kesuksesan dalam berbisnis melalui dunia maya ini. Karena dengan berbisnis di dunia maya tidak perlu karyawan yang banyak, tidak perlu ruko yang besar, melainkan cukup ada koneksi ke internet dan memiliki server atau hosting dengan domain sesuai keinginan. Maka di server atau di domain tersebut dibuatlah website yang isinya menawarkan produk yang akan di jual ke masyarakat.

Melalui dunia maya kBING-01ita bisa mencari informasi, berbisnis, membuat pencitraan, dan sebagainya. Bahkan dalam dunia kerja pun kini tidak sedikit yang sudah memanfaatkan dunia maya untuk berbagai kegiatannya, misalnya transaksi elektronik, ujian online, melemar pekerjaan online dan sebagainya.

Apa itu Bing?

Dengan semakin marak dan berkembangnya dunia maya ini, maka peluang tersebut tidak disia-siakan oleh sebagian vendor dan pengembang untuk berinovasi. Salah satu inovasi terkini yang dilakukan oleh Microsoft adalah dengan dibuatnya mesin pencarian di internet bernama “bing”. Mesin pencarian yang bisa di akses dengan menuliskan http://www.bing.com ini muncul ketika masyarakat dunia menginginkan sesuai yang baru dalam hal pencarian dokumen, data maupun informasi .

Bermunculannya mesin pencarian ini memang sedikit lambat dibandingkan dengan tumbuhnya aplikasi-aplikasi lainnya. Mesin pencarian di dunia maya saat ini memang cukup banyak, namun dari sekian banyak mesin pencarian tersebut hanya beberapa saja yang bertahan hidup. Padahal dulu kita mengenal mesin pencarian seperti Altavista.com,  goole.com, gule.com, google.com, dan sebagainya. Keberadaan beberapa mesin pencari mulai tersebut sebagian besar memang mulai tergeser dengan adanya google yang memberikan berbagai kemudahan, kecepatan, kecanggihan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Bertahannya google.com ini berkaitan erat dengan fitur yang ada seperti User Account yang bisa digunakan secara bersama untuk melakukan berbagai aktifitas melalui google, seperti  g-mail, blogger.com dan sebagainya. Begitu juga dengan fasilitas pencarian secara otomatis dapat disaring atau dipisah berdasarkan keinginan, misalnya pencarian gambar, blog, buku, dan sebagainya.

Namun dengan hadrinya bing.com yang dikeluarkan Microsoft tampaknya google harus bersiap-siap karena ada pesaing baru yang fitur dan fasilitasnya relatif hampir sama dengan google. Yang membedakan bing.com latar belakangnya berubah-ubah dengan tampilan image yang anggun dan menaran.  Mesin pencari terbaru yang saat ini masih beta  ini kehadirannya perlu diwaspadai karena bisa saja satu atau dua tahun ke depan akan menggeser kedudukan google.com. Hal ini hampir sama ketika altavista.com digeser olegh google.com beberapa tahun lalu.

Walaupun mesin pencari di internet keluaran Microsoft ini masih baru dan masih terus dikembangkan, namun dari segi kecepatan dan kehandalan mesin pencari tersebut cukup canggih dan bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan mesin pencari lain, namun fiturnya untuk saat ini masih kurang banyak.

Dalam hal menampilkan hasil pencarian mesin bing.com  ini sangat canggih, terutama ketika pengguna mencari data yang berhubungan dengan gambar atau image. Dokumen gambar akan ditampilkan sesuai keinginan dan secara utuh akan ditampilkan dihalaman browser Anda. Begitu juga dengan Account dan Username yang saat ini Anda miliki di msn.com,  hotmail.com, windowslive.com dan sebagainya secara otomatis bisa digunakan di bing.com. Jadi tentu saja dengan fasilitas ini hampir sama dengan fasilitas Account  yang disediakan oleh google selama ini untuk mengakses banyak informasi.

Bing.com selain menawarkan fasilitas untuk mencari dokumen biasa, gambar, berita, juga ada fasilitas lain bernama Extras. Dengan fasilitas ini pengguna bisa menampilkan berbagai hal yang berhubungan dengan Preferences, Blogs, dan Advertising.  Bahkan dengan fasitas ini Anda bisa berkomunikasi dengan komunitas lain yang ada di dunia maya seperti bing cvommunity dan lain-lain. Jika Anda sudah memiliki account di msn.com, hotmail.com atau Windowslive.com Anda bisa langsung join ke bong communty dan menuslikan berbagai hal yang berhubungan dengan media tersebut. Kita tunggu perkembanganya selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s