Penggunaan Account dan Password?


WIN8Setiap pengguna komputer baik desktop (standelone) maupun komputer yang terkoneksi ke jaringan, workrgorup, homegoup (kalau Anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8), LAN berbasis Windows Server 2003 atau Windows Server 2008, 2008 R2, Windows Server 2012 maupun yang menggunakan koneksi ke jaringan internet pasti sudah sangat mengenal yang namanya User name dan password atau kata sandi.

User name merupakan suatu identitas diri Anda untuk masuk ke dalam suatu jaringan termasuk jaringan ATM dan Password atau sandi adalah kunci agar user name Anda bisa dikenal dan bisa memasuki jaringan tersebut. Secara sederhana Anda akan masuk ke rumah Anda, tentu harus memiliki membawa kunci yang benar dan sesuai, kalau Anda membawa kunci yang salah Anda tidak akan bisa masuk rumah Anda. Begitu juga dengan Password atau Sandi, jika Anda lupa maka tidak akan bisa masuk ke dalam jaringan Anda, walaupun jaringan tersebut atau komputer tersebut milik Anda. Itulah salah satu manfaat Password tersebut.

Dengan Password atau Sandi tersebut Anda akan merasa aman dan nyaman, karena tidak sembarang orang bisa masuk ke sistem, jaringan atau komputer Anda. Paswword tersebut sebenarnya tidak hanya dalam sistem saja, file dan folder pun demi keamanan harus dibuat passwordnya.

USERAccount dan Password
Account dan Password sangat berguna dan tidak bisa dianggap sebelah mata, karena apabila Account dan Password Anda diketahui oleh orang lain, maka semua data dan sistem yang Anda miliki bisa bermasalah. Oleh karena itu Account dan Password adalah salah satu fasilitas penting dalam sistem komputerisasi. Selain itu, password atau sandi harus diupdate atau diperbaharui setiap saat, tujuannya agar sistem yang Anda miliki tetap aman dan nyaman.
Account baru digunakan untuk membuat login ke Windows Vista sesuai dengan Account yang akan dibuat. Dalam hal ini biasanya disesuaikan dengan banyaknya pemakai komputer. Sedangkan untuk mengganti password, tampilan dan lain-lain dalam Account yang sudah dibuat Anda harus mengubahnya dengan cara mengeditnya, dan apabila sudah tidak diperlukan lagi account tersebut dapat dihapus.

Manfaatnya
Untuk mengatasi cyber crame diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengatasi masalah keamanan jaringan dan server yang digunakan. Perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan sistem keamanan yang bagus, misalnya antivirus, anti spam, dan lain-lain. Namun perlu diketahui bahwa di Windows 7 atau Windows 8 fasilitas yang berhubungan dengan keamanan ini termasuk di IE yang include di dalamnya sudah tersedia untuk mengatasi masalah ini.

Perlu diketahui bahwa hanya penggunaan username dan password tradisional jelas tidak bisa mengamankan secara permanen. Maka dari itu jika Anda menggunakan Server 2008 atau Windows Server 2012 harus di dibuat sistem keamanan ini secara baik, semua untuk keperluan tersebut sudah tersedia di AD, ADDS, dan NAP, dan sebagainya.

Selain itu, perusahaan atau pemakai juga harus menerapkan kode autentifikasi, di sini pemakai selain harus memasukkan username dan password, juga memasukkan kode autentifikasi tertentu. Hal ini tentu saja bagi perusahaan tertentu yang mengharuskan tingkat keamanan tinggi. Selain itu, tentu saja harus memiliki sistem expire untuk kode autentifikasi agar penjahat cyber tidak bisa menggunakan kode autentifikasi yang sudah didapatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s