RuntimeBroker di Windows 8


Pendahuluan

Menggunakan Windows 8 wajib komputer yang digunakan sudah terkoneksi secara online. dapat dipastikan akan memberikan kenyamanan dan keamanan kepada penggunanya. Karena dengan semakin banyak fitur yang digunakan secara online, maka jelas faktor keamanan online merupaan hal yang sangat utama.
Apakah Anda pernah mendengar fitur RuntimeBroker di Windows 8? Apa sebenarnya  RuntimeBroker tersebut?  RuntimeBroker adalah sebuah file aplikasi yang relatif kecil (32,7 KB) file system Windows 8 yang terletak di folder \Windows\System32\. Kapan aplikasi tersebut jalan atau harus dijalankan? Untuk melihat aktifitas aplikasi ini Anda harus memlihatnya melali Task Manager, di sini akan terlihat Runtime Broker berjalan.

RuntimeBroker

Seperti dijelaskan di atas bahwa RuntimeBroker  merupakan file yang berjalan hanya jika kita menjalankan suatu aplikasi, misalnya aplikasi Windows Store. Jika Anda sudah menjalankan komputer Windows 8, namun tidak menjalankan aplikasi apapun, maka apabila Anda melihat di Task Manager tidak akan tampak RuntimeBroker tersebut. Hanya ketika kita membuka aplikasi seperti Windows Store, akan terlihat RuntimeBroker berjalan. Hal ini disebabkan karena apabila setiap kali menjalankan Windows 8 App akan memicu RuntimeBroker mengambil suatu tindakan. Bahkan jika kita menutup suatu aplikasi, RuntimeBroker  akan terus berjalan di bagian belakangnya.

Kegunaan RuntimeBroker  antara lain memonitor akses ke Windows API dan memastikan bahwa aplikasi tidak melanggar keamanan inti dari Windows. Sistem ini akan memeriksa apakah aplikasi Windows Store ketika berjalan menyatakan semua izin untuk mengakses sumber daya atau tidak. Dalam hal ini termasuk menginformasikan apakah memiliki izin atau tidak. Dengan demikian fitur RuntimeBroker ini akan membantu kita dalam hal mengamankan privasi kita ketika menggunakan aplikasi Windows Store.

Masih banyak fitur lain yang sangat berguna dan bermanfaat bagi perkembangan IT khususnya dalam sistem operasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s