TS Web Acces Windows 2008 R2


TS-02Walaupun yang berhubungan dengan Termina Service ini tidak mengalami banyak perubahan, tetapi perlu di catat vahwa Windows Server 2008 R2 tetap diperhitugkan sebagai sistem operasi server yang belum ada tandingannya. Windows Server 2008 R2 yang berhubungan dengan TS RemoteApp dan TS Web Access. Fasilitas ini sangat berbeda dengan Terminal Service yang ada di Windows Versi sebelumnya, karena TS Web Access memerlukan browser untuk menjalankannya.

Selain itu, jika Anda ingin memanfaatkan Terminal Service atau Remote Desktop, Windows Server 2008 juga masih menyediakannya yang namanya sedikit berubah menjadi Remote Desktop dan tidak ada tambahan Connection. Namun fasilitas tersebut kegunaan dan cara pemakaiannya sama seperti yang ada di Windows Server 2008 di Windows Vista ataupun Windows 7 yang namanya Remote Desktop Connection.

Untuk memanfaatkan fasilitas remote desktop, terminal service ataupun TS Web Access ini Server Anda sebelum disetup menjadi Domain Controler juga sudah bisa. Namun apabila komputer tersebut di remote oleh orang lain yang tidak berhak bisa berbahaya, karena keamanannya masih kurang dan belum sempurna.

TS Web Access

Untuk memanfaatkan fasilitas TS Web Access ini Anda harus menambah Roles ini terlebih dahulu. Dalam buku ini penambahan roles termasuk TS Web Access dan TS RemoteApp Manager sudah terpasang bersamaan dengan menambah Roles Terminal Servive. Untuk jelasnya Anda bisa membaca bagian tersebut yang membahas secara lengkap penambahan Roles dan Feature.

Setelah fasilits Terminal Service sudah ada di Server Anda, selanjutnya tinggal melekukan seting atau konfigurasi sedikit agar fasilitas tersebut bisa digunakan. Sebelum Anda masuk ke area TS Web Access yang pertama harus Anda setting adalah TS RemoteApp.

TS RemoteApp Manager

Setting TS RemoteApp tidak terlalu sulit asalkan sudah terpasang dalam server Anda. Perlu juga diketahui untuk menambahkan suatu aplikasi baik dari Server ataupun dari komputer lain yang ada dalam jaringan Anda harus memastikan apakah dalam server atau komputer dalam jaringan sudah terpasang aplikasi yang akan Anda pasang di TS RemoteApp Manager atau belum. Apabila belum ada aplikasinya, maka Anda harus memasang atau menginstalasinya terlebih dahulu.

TS Web Access

TS Web Access merupakan fasilitas baru yang disediakan Microsoft Windows Server 2008 yang gunaTS-01nya untuk menjalankan aplikasi baik yang ada dalam server maupun dari komputer lain dalam jaringan. Fasilitas ini sangat berbeda dengan Remote Desktop maupun Terminal Service standard, karena TS Web Access berjalan di atas Browser.

TS Gateway Manager

Anda juga bisa melakukan setting untuk TS Web gateway ini, namun bisa juga menggunakan defaultnya. Untuk latihan ini Anda gunakan defaultnya saja. Setelah menguasai dengan baik Windows 2008 Server R2 Anda bisa melakukan seting dan memanfaatkan fasilitas keamanan dari sistem operasi generasi terbaru dari Microsoft ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s