Tips Instal IIS di Windows 8


IIS-WIN8-01Anda pasti sudah sangat kenal dengan IIS (Internet Information Service).  IIS sudah dikenalkan Microsoft sejak Windows NT diluncurkan ke masyarakat tahun 1990-an. Waktu itu IIS dipasang pada Windows NT Server dan NT Client, kemudian IIS ini menjadi primadona pada Windows 2000 Server dan Windows 2000 Client. Setelah itu setiap ada sistem operasi baru dari Microsoft, maka sudah pasti IIS menjadi salah satu fitur yang ada di dalamnya, termasuk pada Windows Server 2003, Windows XP, Windows Vista, Windows 2008, Windows 2008 R2, Windows Server 2012, Windows 7 dan Windows 8, IIS sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Instalasi IIS di Windows 8

IIS (Internet Information Services)  adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengelola web, File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, dan NNTP. Seperti telah dijelaskan bahwa komponen IIS hanya terdapat pada sistem operasi keluarga Microsoft Windows. Apakah fitur IIS secara otomatis terpasang pada saat instalasi sistem operasi Windows? Memang secara default IIS sudah ada di komputer kita, tetapi  tentu saja Anda harus menginstalasi atau mengaktifkan IIS tersebut. Bagaimana caranya?

Sebagai gambaran langkah yang harus Anda lakukan untuk menginstalasi atau mengaktifkan IIS adalah asebagai berikut

  1. Masuk ke  Control Panel Windows 8. Kemudian klik Turn Windows Features on or off. Setelah itu Windows akan menampilkan jendela Windows Feature
  2. Klik di depan Internet Information Services, kemudian klik tanda + di depan IIS tersebut untuk melihat komponen apa saja yang ada disana, lalu pilih semua komponen terpilih yang diperlukan
  3. Klik tombol OK dan proses instalasi IIS segera dilaksanakan. Biarkan program atau Windows 8 melakukan proses booting.

IIS-WIN8-02IIS Manager

Setelah proses instalasi atau penambahan fitur tersebut, Anda bisa melihat komponen apa saja yang ada dalam IIS ini. Caranya Anda tekan tombol Windows di keyboard, kemudian ketikkan IIS. Lalu klik Internet Information Severvis (IIS) Manager.

Apakah IIS sudah aktif?

Setelah proIIS-WIN8-03ses tersebut dilaksanakan dan Anda sudah bisa melihat hasilnya. Jika masih belum jalan, maka coba Restart komputer Anda.  Kemudian coba sekarang jalankan IIS tersebut, caranya klik Dtart Windows, dan dikolom search program and file dengan mengetikkan http://localhost atau bisa juga dengan menjalankan program browser terlenbih dahku, kemudian ketikkan http://localhost di kolom yang tersedia.

Dimanakah fitur Web Server tersebut diletakkan? Coba Anda buka  folder root untuk IIS ini yang letaknya di C:\inetpub\wwwroot\. Namun demikian apabila Anda sudah menjalankan http://localhost dan tampil IIS seperti gambar di bawah ini berarti pekerjaan Anda menginstalasi IIS telah sukses.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s