Masih pentingkan WINS Server


WINS Server di Windows Server 2008, 2008R2 atau WIndows Server 2012 baik Core maupun yang berbasis GUI tetap sangat diperlukan dan perlu diinstalasi. Karena dengan WINS Server ini semua komunikasi akan lancar. Walaupun sejak hadirnya WIndows 2003, WINS hanya digunakan untuk backward compatibility saja. Misalnya ketika kita menggunakan Windows dalam native mode semua fungsi WINS sudah tergantikan dengan DNS.

Pada komunikasi jaringan setiap komputer yang akan menghubungi komputer lain harus mengetahui alamat dari komputer yang dituju. Nama komputer yang berupa NetBIOS Name harus diterjemahkan menjadi IP Address. Pertama kali yang dicari adalah nama NetBIOS yang terdapat pada cache atau memori. Bila nama yang dicari tidak ditemukan maka komputer akan melakukan broadcast di jaringan untuk  mencari pemilik nama tersebut.

Akibat yang ditimbulkan oleh broadcast yaitu lalu lintas jaringan menjadi padat. Selain itu broadcast juga tidak selalu bisa melewati router untuk mencapai jaringan yang lain walaupun ada router yang bisa melewatkan broadcast. Sehingga diperlukan suatu solusi untuk mempercepat pencarian dan penerjemahan nama tersebut.

Service yang digunakan sebagai solusi adalah WINS (Windows Internet Name Service) Server. WINS Server menyimpan NetBIOS Name dari komputer beserta IP Address di dalam suatu database. Komputer lain yang mencari dan mendaftarkan nama pada database disebut sebagai WINS Client.

Untuk menjaga database WINS tetap tersedia jika suatu server mengalami masalah maka diperlukan server lain yang berfungsi sebagai backup. Agar Server WINS bisa berfungsi sebagai backup maka server tersebut dikonfigurasikan sebagai replication partner yang saling mereplikasi database WINS.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s