Map Network Drive dan Add a Network Location


Dalam suatu perusahaan, instansi pemerintah dan sebagainya tentu melibatkan banyak komputer dan tentu saja server. Biasanya kalau komputer dengan sistem operasi Windows XP, Windows 7, atau Windows 8 tentu sangat perlu untuk diJOINkan ke Server (komputer DC). Karena dengan di JOIN kannya komputer kita ke Server, maka komputer kita minimal bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di server, misalnya drive.

Di Windows 8 banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, antara lain Map Network Drive dan Add a Network Location. Kedua fitur ini bisa digunakan apabila komputer kita sudah terhubung ke dalam suatu jaringan dan sudah memiliki folder share, misalnya di komputer Server.

Map Network Drive

Map Network Drive digunakan apabila komuter kita ingin langsung bisa mengakses folder kita yang ada dalam suatu jaringan. Sebagai contoh, saya memiliki server bernama CURCUMA, dan di server tersebut saya juga memiliki folder bernama PRAKOM. Dalam folder tersebut saya menyimpan banyak dokumen penting dan hanya bisa digunakan oleh saya. Kemudian agar folder pranata terlihat di komputer local saya, maka kita harus menggunakan fitur Map Drive Network. Adapun cara yang harus dilakukan untuk membuat folder tersebut langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Masuk ke MyComputer, kemudian klik Map network drive, tampil kotak dialog Map network drive, lalu klik tombol dropdown untuk menentukan nama Drive, misalnya Z. Selanjutnya Anda klik tobol Browse, dan setelah itu akan tampil kotak dialog Browse for folder, dan komputer Windows 8 Anda akan bekerja mencari komputer yang dikehendaki. Setelah nama komputer yang dikehendaki tampil, Anda klik nama komputer server tersebut, dalam comntoh ini nama servernya CURCUMA, lalu klik folder Anda, dalam hal ini adalah PRAKOM.

Untuk melanjutkan klik tombol OK dan klik Finish untuk mengakhiri pekerjaan Anda. Dalam hal ini membuat Map network drive. Dan jika tidak terjadi kesalahan, maka akan tampil drive Prakom (\\CURCUMA) (Z).

clip_image002   clip_image004

Add a network location

Fitur ini sebenarnya mirip dengan fitur Map network drive dan kegunaannya juga relatif hampir sama, yaitu menampilkan folder dari suatu jaringan di komputer local. Biasanya ketika kita membuat suatu Account di server, kemudian ketika membuat profile di server tersebut akan ditentukan nama drive, nama foldernya, termasuk nama profilenya secara lengkap.

Bagaimana membuat atau menggunakan Add a network location tersebuyt? Cara yang harus Anda lakukan sama saja seperti Anda membuat Map network drive. Untuk jelasnya ikuti langkah berikut ini.

Pastikan Anda sudah berada di MyComputer. Kemudian lanjutkan dengan mengklik Add a network location. Setalah itu segera tampil kotak dialog Add a network location wizard. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Pada tampilan Add a network location wizard berikutnya Anda klik Chose a custome network location, lalu klik Next untuk melanjutkan. Klik tombol Browse untuk menenntukan drive dan lokasi server Anda. Biarkan komputer Windows 8 Anda mencari lokasi, di sini akan terlihat Network sedang bekerja. Dan jika sudah ditemukan komputer Server yang dikehendaki, klik nama komputer server Anda, dalam hal ini adalah CURCUMA, kemudian klik nama folder yang Anda cari, dalam contoh ini PRAKOM.

Klik OK, kemudian klik tombl Next untuk melanjutkan proses Add a network location ini. Setelah menekan tombol Next akan tampil kotak dialog type a name for this network location. Kluk lagi Next untuk melanjutkan proses tersebut.

Langkah terakhir adalah menekan tombol Finish untuk mengakhiri proses Add a network location tersebut. Jika tidak terjadi kesalaha, maka ketika Anda mengklik MyCompter akan terlihat satu drive bernama Prakom (\\CURCUMA)(Z:) dan satu drive bernama Prakom (CURCUMA).

clip_image006  clip_image008

Apa bedanya Prakom (\\CURCUMA)(Z:) dan Prakom (CURCUMA). Pada dasarnya kedua lokasi penyimpanan tersebut sama saja, hanya kalau Prakom (\\CURCUMA)(Z:) adalah maping drive sedangkan Prakom (CURCUMA) adalah File Folder yang ada di komputer server yang proses pembuatannya menggunakan piliha Add a network location.

clip_image010 clip_image012

Menghaus Map Network Drive dan Add a Network Location

Kemudian mungkin Anda akan bertanya, bagaimana menghapus kedua folder dan drive tersebut? Untuk menghaaus Prakom (\\CURCUMA)(Z:) cukup menggunakan perintah dari NyCompter Anda klik nama dribe tersebut, lalu klik tombgol dropdown Map network drive, kemudian Anda klik diskconnect network drive. Sedangkan untuk menghapus folder Prakom (CURCUMA), tidak seperti itu. Dalam hal ini Anda cukup klik tepat di folder tersebut, lalu tekan tombol DEL dari keyboard komputer Windows 8 Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s