Keluarga Outlook.com


4-1Setelah Anda membuat e-mail dan membuka beberapa fitur yang disediakan, dibagian ini akan dijelaskan beberapa fitur yang disediakan (Outlook.com, msn.com, live.com) pada dasarnya sama saja. Oleh karfena itu saya menyebutnya keluarha Outlook.com Karena semua terintegrasi.

Ada beberapa fitur yang ada apabila Anda meregistrasi e-mail di outlook atau keluarga Microsoft, antara lain Mail, Poeple, Calender, dan SkyDrive. Sebenarnya dengan menggunakan salah satu e-mail yang disediakn Microsoft ini Anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi lain seperti Office Web Application, Office365, dan sebagainya. Untuk yang Office Web Application dan Office 365 akan dibahas di bagian selanjutnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa keluarga Microsoft hususnya yang berkaitan dengan komputasi awanyang tergolong free ini banyak memiliki fitur yang bisa digunakan untuk komputasi awan sehari hari tanpa harus mengeluarkan biaya. Untuk jelasnya berkut ini akan dijelaskan secara singkat dan sederhana komputasi awan keluarga Microsoft ini.

2. Mail

4-2Anda pasti sudah mengenal dan mengetahui fitur ini. Dengan Mail, kita bisa berkirim berita, surat, informasi, file, bahkan beberapa dokumen bisa dikirim langsung. Yang jelas dengan fitur ini kita bisa berkomunikasi degan dunia luar. Karena, email adalah sarana paling ampuh dan juga merupakan hal utama untuk memanfaatkan komputasi awan atau Cloud Computing.

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi khususnya yang berhubungan dengan dokumen, file dan sebagainya. Sedangkan untuk menggunakan fitur mail ini Anda bisa membacanya dibagian sebelumnya. Di sana sudah dijelaskan mulai dari registrasi, menggunakan sampai denganmenghapus e-mail yang sudah tidak berguna.

3. People atau Sosial

Satu lagi fitur yang cuup baik dari keluarga Microsoft online ini, yaitu People. People atau sosial ini berhubungan dengan orang lain atau komunitas yang lebih besar di jaringan internet. Fitur ini bisa juga disebut media komunikasi yang bisa digunakan untuk memanfaatkan jejaringan sosial seperti facebook, twitter, linkedin, dan sebagainya.

3.1.  Terhubung ke facebook

4-6Untuk memanfaatkan fitur ini sebelumnya Anda harus memiliki akun di facebook, twitter atau linkedin baru bisa berkomunikasi atau e-mail Anda disambungkan ke jejaring sosial tersebut. Bagaimana menyambungkan ke jejaringan sosial seperti facebook atau twitter? Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun di facebook. Jika belum buatlah akun di facebook terlebih dahulu.
  • Masuk ke outlook dengan akun yang Anda miliki.
  • Klik Facebook, dalam contoh di atas namanya Teman Facebook. Setelah itu halaman yang bisa digunakan untuk berhubungan dengan facebook.
  • Klik tombol Sambung, lalu setelah halaman untuk masuk ke Facebook tampil, masukkan user Anda, dalam hal ini Anda bisa menggunakan e-mail, bisa juga menggunakan nomor telpon, tergantung pada saat Anda mendaftarkan menggunakan apa sebagai usernya. Dalam contoh in masukkan email Anda, misalnya ernawati.halim@outlook.co.id lalu ketikkan passwordnya, misalnya p@$$word1
  • Klik tombol masuk. Jika tidak terjadi kesalahan, maka Anda secara otomatis akan masuk ke halaman facebook.
  • Setelah menekan tombol masuk, Anda tinggak melanjutkan untuk masuk ke facebook tersebut dengan cara menekan tombol Next.
  • Klik selesai untuk mengakhiri proses ini dan Anda sekarang sudah terhubung ke facebook Anda.

Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut kini sudah bisa berkomunikasi dengan akun facebook Anda. Selanjutnya Anda tinggal memanfaatkan situs jejaringan sosial dan outlook yang Anda miliki untuk berbagai keperluan. Yang pasti dengan terhubungannya akun facebook Anda ke outlook, maka semua perkembangan yang ada di facebook akan diberitahu melalui e-mail outlook.co.id milik Anda.

3.2. Terhubung ke twitter

Jejaringan sosial saat ini cukup banyak dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis. Dari sekian banyak jejaringan sosial yang ada facebook, twitter dan linkedin yang paling disukai.

Di bagian sebelumnya Anda sudah menghubungkan outlook Anda dengan facebook. Sekarang akan kita coba menghubungkan akun outlook yang Anda miliki dengan akun twitters Anda. Caranya sebagai berikut:

  • Pastikan komputer yang Anda gunakan sudah terhubung ke jaringan interner.
  • Masuk ke outlook dengan akun yang Anda miliki.
  • Pastikan juga Anda sudah memiliki akun di twitter
  • Klik kontak twitter, lalu klik tombol Sambung, lalu setelah halaman untuk masuk ke akun Twitter akan tampil, masukkan user Anda, dalam hal ini Anda bisa menggunakan e-mail, bisa juga menggunakan nomor telpon, tergantung pada saat Anda mendaftarkan menggunakan apa sebagai usernya. Dalam contoh in masukkan email Anda, misalnya ernawati.halim@outlook.co.id lalu ketikkan passwordnya, misalnya p@$$word1
  • Klik tombol masuk. Jika tidak terjadi kesalahan, maka Anda secara otomatis akan masuk ke halaman twitter milik Anda. Namun apabila tidak bisa tersambung dan Microsoft Outlook akan memberitahu Anda dengan menampilkan pesan seperti terlihat pada tampilan tersebut.
  • Ketikkan user dan password Anda di kolom yang telah disediakan
  • Klik tombol Izinkan aplikasi
  • Setelah itu akan tampil kembali halaman berikutnya, klik tombol Sambung ssehingga akan tampil halaman berikutnya.
  • Klik tombol Authorize App.
  • Klik Selesai untuk mengakhiri proses ini dan Anda sekarang sudah terhubung ke facebook Anda.

4-5Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut kini sudah bisa berkomunikasi dengan akun twitter Anda. Selanjutnya Anda tinggal memanfaatkan situs jejaringan sosial dan outlook yang Anda miliki untuk berbagai keperluan. Yang pasti dengan terhubungannya akun twitter Anda ke outlook, maka semua perkembangan yang ada di twitter akan diberitahu melalui e-mail outlook.co.id milik Anda.

Dengan adanya sambungan ini, maka apabila di facebook dan ditwitter menambah jumlah kontak, maka secara otomatis di outlook Anda juga akan bertambah. Oleh karena itu berhati-hatilah ketika Anda menggunakan e-mail maupun jejaring sosial yang sudah saling terhubung.

4. Calendar

Anda pasti sudah tahu atau mengetahui Calender. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan ketika Anda memiliki akun di Outlook adalah Calender. Gunanya tentu saja untuk mengatur jadwal atau agenda kegiatan Anda baik sebagai guru, dosen, peneliti, mahasiwa dan sebagainya.

Bagaimana menggunakan fitur Calender tersebut? Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Dari Outlook klik tombol Calendar atau Kalender.
  • Anda bisa membuat acara, tugas, ulang tahun, kalender dan sebagainya cukup dengan klik tab atau tombol New atau Baru
  • Sebagai contoh kita Akan membuat acara, misalnya seminar. Klik Acara setelah itu segera tampil jendela atau form isian
  • Ketikkan Judul acara di kolom yang telah disediakan, misalnya Seminar Nasional Microsoft User Group Indonesia.
  • Apabila Acara sehari penuh Anda klik di depan Seharian.
  • Kemudian waktu Anda isi sesuai dengan tanggal yang dikehendaki, misalnya 6 Juli 213
  • Ketikkan keterangan kegiatan di kolom dibawah judul kegiatan “Seminar Nasional Microsoft User Group Indonesia”
  • Ketikkan tempat di kolom yang telah disediakan, misalnya Gedung Pemda, Banjarmasin
  • Selanjutnya form isian lainnya Anda isi sesuai dengan tema seminar yang Anda laksanakan. Jika sudah selesai klik tombol Simpan.

Di fitur kalender ini Anda bisa mengatur dan membuagt agenda sesuai dengan yang dibutuhkan. Setelah selesai Anda tekan tombol SIMPAN, sedangkan jika batal Anda cukup tekan tombol BATAL. Untuk kegiatan lainnya Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Caranya lakukan seperti yang dijelaskan pada pembuatan Acara.

5. SkyDrive

SkyDrive adalah fitur yang sangat lengkap dan canggih. Dengan fitur ini Anda menyimpan dokumen diawan dan bisa digunakan sebagai media BackUp yang cukup handal. Selain itu, karena sangat canggih, Anda tidak perlu merawat sendiri, karena ketika Anda menggunakan futur ini Microsoft secara otomatis akan merawat fitur SkyDrive ini.

SkyDrive adalah layanan file hosting untuk menyimpan atau meng-upload dan sinkronisasi file ke cloud storage. Microsoft telah merilis aplikasi resmi SkyDrive Clent sehingga akan lebih memudahkan pengguna untuk mengelola account SkyDrive langsung lewat komputert atay desktopnya. Di sini cuoup dengan menginstal aplikasi SkyDrive pada PC, kita dapat mengakses, menelusuri, dan meng-upload file ke account SkyDrive melalui komputer desktop secara langsung.

Seperti telah dijelaskan dimuka, bahwa dengan SkyDrive kita bisa dengan mudah menyimpan data berupa file diatas awal dan tentu saja kapan pun kita bisa membuka dan mengeditnya, dengan sistem operasi apapun Anda bisa menjalankan aplikasi seperti Word, Excel, dan lain-lain, tentu saja komputer yang Anda gunakan harus sudah terhubung ke inernet.

SkyDrive selain bisa digunakan untuk menyimpan file juga bisa digunakan sebagai media untuk sharing file, sharing dokumen dan lain-lain. Hanya tentu saja sebelum Anda menggunakan fitur tersebut sebelumnya Anda harus sudah memiliki Account di MS, Live atau Hotmail.

SkyDrive saat ini memberikan space penyimpanan sebesar 7 GB san dapat diupgrade menjadi 25GB, kapasitas yang cukup besar ini bisa digunakan untuk menyimapn berbagai file dokumen termasuk file grambar atau foto, begitu juga dengan tampilannya, sebagaimana layaknya Windows Explorer SkyDrive sangat mudah untuk dimanage. Selain itu Anda juga bisa berbagi file atau dikumen dengan dengan orang lain melalui dunia maya, data yang disimpan di SkyDrive, file tersebut di Sharing dan bisa juga dengan memberikan linknya kepada yang memerlukan. Untuk lebih jelasnya mengenai penggunakan fitur SkyDrive ini akan dibahas secara lengkap di bagian selanjutnya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s