Microsoft Technology Update Seminar “Banjarmasin”


DSCF9314

Sabtu, 6 Juli 2013 MUGI (Microsoft Userf Gorup Indonesia) kembali menggelar seminar dengan tajuk “Microsoft Technology Update Seminar”.  Kali ini materi yang disajukan meliputi Windows 8, Windows 8 Hyper, Office 2013, dan Cloud Computing materi yang disampaikan adalah Windows Azure dan yang didalamnya dibahas mengenai kecanggihan Vurtualisasi Windows Azure dan SQL Azure.

DSCN4811

Pembicara pertama adalah Haerman Sudramanggala, MCTS. Saudara Haerman mebawakan materi Windows 8 dan kecanggilan Office 2013. Materi ini cukup diminati,  teritama berkaitan dengan lelebihan Windows 8 seperti BitLocker, Applocker, Sensor, dan sebagainya.

DSCF9357

Pebicara kedua adalah Saudara Salman Farizi, M.Kom, MVP. Salman Farisi menjelaskan bagaimana memanfaatkan Windows 8 khususnya yang berkaitan dengan Hyper-V dan pengaturan Storage secara virtusl di komputer local. Memang, pemanfaatna Hyper-V untuk mahasiswa sangat penting, ini terbukti degan banyaknya yang bertanya bagaimana menggunakan dan persyaratan untuk menjalankan Hyper-V di Windwos 8 tersebut. Di sini dijelaskan juga persyaratan minimal untuk menjalankan Hyper-V di Windows 8, seperti harddisk, RAM, CPU, dan sebagainya.

DSCN4862

Sesi berikutnya Haerman dan Salman berkolaborasi. Di sini dijelaskan penggunakan Office 365 degan Lync. Materi ini sebenaranya cukup bagus, namun karena keterbatasa koneksi akhirnya dilanjutkan dengan diskusi mengenai pemanfaatkan Windows 8, dan Office 2013.

Sesi kedua, setelah makan siang, saya dan Suherman, MVP membawakan materi Cloud Computing. Materi yang saya sampaikan adalah Windows Server 2012 yang jalan di atas Windows Azure. Di sini saya memberikanb penjelasan mengenai Windows Azure. Karena selama ini pemahaman masyarakat mengenai Windows Azure yang masih kurang tepat. Umumnya Windows Azure dise ut-sebut sistem operasi keluarga Windows, pada itu adalah nama dari sebuah fasilitas Cloud Computing. Nah dalam Windpws Azure ini ada beberapa sistem yang bisa digunakan, mulai dari sistem operasi Microsoft Windows 2008 R2, 2012, sampai dengan Linux.

DSCN4844

Saya mendemokan pembuatan Mesin Virtual di atas Cloud. Di sini saya memberikan contoh cara masuk ke Windows Azure, kemudian persyaratan dan bagaimana memanfaatkan Windows Azure tersebut. Pada kesepatan ini karena koneksinya rada bagus (pake ISP bagus) saya coba register menggunakan akun saya, kemudian saya buat mesin virtual dan saya setup Windows Server 2012 di atas mesin vertual di Windows Azure. Dan mencoba menggukannya dengan remote, dan berhasil.

DSCN4881

Pembicara berikutnya adalah Suherman. Suherman, MVP memberikan materi SQL Azure. Di sini Suherman menjelaskan mulai dari setup, membuat tabel, menampilkan database sampai degan membuat tampilan dalam betuk Web. Peserta memang cukup antusias mengikuti seminar ini. Hal ini dibuktikan dengan jumolah yag hadir diatas 250 orang.

WP_20130706_003

Cukup luar biasa perkembangan IT memang. Oleh karena itu, untuk menutupi kekurangan yang ada khususnya didaerah-daerah diperlukan update teknologi, agar mereka tidak tertinggal jauh dari teman yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Srabaya, Medan, dan sebagainya.

Advertisements

One thought on “Microsoft Technology Update Seminar “Banjarmasin”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s