Windows Azure (1)


GB-01Perkembangan teknologi khususnya sistem operasi demikian pesat. Windows Server misalnya, kini sudah merilis Windows Server 2012, bahkan dalam waktu dekat Windows Server 2012 R2 sudah akan diluncurkan. Dari sisi desktop sendiri juga tidak kalah berkembangnya, kini Windows 8.1 sudah mulai diujicobakan. Ini berarti akan hadir sistem operasi desktop pengembangan dari Windows 8. Sementara itu, perkembangan sistem operasi lain seperti Windows Phone, kini sudah masuk pada Windows Phine 8. Sistem operasi ini sangat modern dan canggih sebagai sistem operasi yang ditanam di Smart Phone.

Apa itu Windows Azure?

GB-03Pemahaman masarakat tentang Windows Azure memang masih berbeda dan sebagian masih keliru. Tidak sedikit mereka menganggap bahwa Windows Azure itu adalah sistem operasi keluran Microsoft. Padahal tidak demikian. Jadi apa sebenarnya Windows Azure? Windows Azure adalah platform komputasi awan (cloud computing) dari Microsoft yang menawarkan berbagai layanan SaaS (Software as a Service) untuk membangun aplikasi web yang scalable. Selain digunakan untuk membangun aplikasi, layanan ini juga sekaligus menyediakan platform hosting dengan skema pembayaran ketika resource komputasi digunakan saja (pay as you go).

Di belakang infrastruktur Windows Azure adalah data-data center yang didirikan oleh Microsoft – yang tentunya telah berpengalaman dengan infrastruktur layanan web mereka seperti Hotmail, Windows Live, MSN dan Bing.

Layanan-layanan Windows Azure

Banyak layanan yang diberikan Windows Azure bagi Anda, berikut beberapa layanan yang tersedia pada platform Windows Azure, antara lain, Compute, Storage, SQL Azure, Content Delivery Network, Azure AppFabric,  Azure Marketplace, Azure Virtual Network, dan sebagainya.

GB-02Dari berbagai layanan tersebut Anda bisa memilih dan menggukan layanan yang paling sesuai dan bisa diaplikasikan dalam lingkungan perusahaan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan fitir Virtual Machine (infrastruktur-as-a-service) untuk sistem atau server cloud Anda. Dengan menggunakan pilihan ini Anda tidak perlu lagi menggunakan server di local, cukup di cloud saja. Dengan memanfaatkan fitur Virtual Machine dilingkungan Windows Azure ini Anda akan merasa jauh lebih nyaman dan aman.

Microsoft mendukung perangkat lunak server Microsoft yang berjalan di Mesin Virtual Windows Azure. Semua perangkat lunak Microsoft yang diinstal di Virtual Machine Windows Azure, harus berlisensi. Mesin Virtual Windows Azure secara default berlisensi, misalnya untuk menggunakan Windows Server 2012 atau sistem operasi lain di lingkungan Windows Azure.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Windows Azure sebagai lingkungan sistem Anda, Anda bisa mencobanya secara gratis, setelah dirasa cukup dan Anda akan menggunakannya, maka itu baru bisa dilakukan.(bersambung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s