Virtual Machine di Windows Azure


Saat ini Anda telah memiliki akun di Windows Azure. Bagaimana langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan? Sebagai langkah awal memanfaatkan salah satu fitur yang ada di Windows Azure adalah menggunakan Virtual Machine. Bagaimana menggunakannya? Sebagai gambaran berikut ini akan dijelaskan secara bertahap langkah-langkah untuk menggunakan Virtual Machine yang ada di Windows Azure tersebut.

Setup Windows Azure

Setelah Anda berada dilingkungan Windows Azure dan sudah masuk dengan akun Anda, langkah selanjutnya adalah mencoba memanfaatkan fitur bernama Virtual Machine. Di mesin virtual yanga da di Windows Azure ini kita akan setup sistem operasi dan menjalankannya dengan cara melakukan remote ke server kita yang ada di Singapura atau dimana saja, yang jelas tidak diruangan kita atau dilingkungan kantor kita.

06-03

Dari tampilan halaman pertama tersebut selanjutnya Anda klik Virtual Machine. Sehingga akan tampil halaman berikutnya. Seperti Anda lihat pada tampilan tersebut, di bawah pilihan Virtual Machines terdapat tiga pilihan yaitu Virtual Machine Instances, Images dan Disk. Pilihan-pilihan tersebut bisa Anda gunakan. Pilihan Virtual Machine Instances digunakan untuk setu mesin secara cepat, pilihan Image digunakan untuk membuat image sistem, sedangkan disk digunakanuntuk setup disk. Jadi untuk memudahkan kali ini Anda harus menggunakan Virtual Machines saja, karena dalam buku ini yang dibahas fokus pada Virtual Machine dan penerapannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

06-04

Dari tayangan awal Anda klik Virtual Machine Instances. Setelah itu Windows Azure akan menampilkan jendela berikutnya. Klik Compute, Klik Virtual Machine untuk melanjutkan pekerjaan Anda. Selanjutnya untuk memudahkan dalam latihan. Kali ini Anda pilih Form Gallery. Kemudian dari situ Anda pilih sistem operasi yang akan digigunakan.
Sampai disini Anda sudah bisa membayangkan, bahwa sebenarnya Windows Azure bukanlah sistem operasi terbaru keluaran Microsoft, melainkan sebuah sarana yang ada diawan yang didalamnya bisa digunakan untuk memasang berbagai sistem. Sebagai gambaran, sampai saat buku ini ditulis terdapat beberaa sistem operasi yang bisa disetup di atas Windows Azure tersebut, antara lain.

  • Windows Server 2012 Data Center
  • Windows Server 2012 R2 Preview
  • Windows Server 2008 R2 SP1
  • Open Suse 12.3
  • Open Suse Enterprise Server 11 SP2
  • Suse Linux Enterprise Server 11 SP3
  • Ubuntu Server 12.04 LTS
  • Ubuntu Server 12.10
  • Ubuntu Server 13.04
  • OpenLogic CentOS 6.3
  • Dan lain-lain

Untuk sementara di bagian ini saya cukupkan sampai disini, nanti akan diteruskan setup sistem operasi Windows Server 2012 diatas Windows Azure. Selain itu, juga akan dijelaskan bagaimana membuat User di Windows Server 2012 di atas awan, membuat Domain Control, dan sebagainya.
-bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s