Setup Windows 8.1 di atas Hyper-V (1)


Penasaran dengan Windows 8.1 yang baru saya download. Beberapa hari lalu saya download Windows 8.1 64 bit, cukup lumayan lama mendownload sistem operasi baru tersebut.

GB-01

Awalnya saya mau pasang di laptop baru, tapi laptopnya tidak ada, maka saya buat mesin virtual di atas Windows 8 menggunakan fitur Hyper-V yang disediakan Windows 8.

Kembali kerepotan, karena mencari DVD ROM nggak ada, maka format ualng USB Flash. Saya ekstrak Windows 8.1 64 bit tersebut ke USB Flash dan, baru saya bisa setup Windows 8.1 di atas mesin virtual Windows 8. Setup mesin virtual saya menggunakan defaultnya, kecuali memori, saya pasang 1000 MB supaya rada cepet lah begitu.

GB-02

Proses instalasinya pada dasarnya sama saja. Setelah komputer boot, dan ketika Anda diminta memasukkan serial  produk yang Anda miliki, maka masukkan serial number tersebut. Setelah memasukkan serial umber di kolom yang tersedia, klik tombol Next untuk melanjutkan.

GB-03

Klik di depan I acept the license terms, lalu klik lagi Next untuk melanjutkan proses instalasi Windows 8.1 tersebut.
Pada tampilan berikutnya ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk proses instalasi ini. Dalam hal ini Anda bisa memilih Upgrade yang berarti mengupgrade dari versi lama ke Windows 8.1. Sedangkan pilihan berikutnya adalah Cistome. Pilihan ini digunakan untuk setuo Windows di komputer baru, atau bisa juga di atas mesin virtual.

GB-04

Untuk kali ini Anda pilih Custom saja. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan. Setelah itu, halaman berikutnya yang pilihannya antara lain format harddisk, membuat partisi baru dan seterusnya. Untuk mempercepat proses instalasi ini Anda klik saja Next untuk melanjutkan. Sampai disini biarkan komputer bekerja sampai dengan menampilkan pesan untuk melakukan aktifitas berikutnya.

-bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s