Virtual Machine di Windows Azure


6-6Beberapa waktu lalu saya menjelaskan mengenai WIndows Azure. Dan saya saya sudah menjelaskan bagaimana registrasi ke Windows Azure tersebut. Kali ini saya akan sedikit sharing mengenai Virtual Machine di Windows Azure. Bagaimana menggunakannya?

Sebelum melakukan setup dan memasang sistem di atas Mesin Virtual di Windows Azure, di sini akan dijelaskan pengertian dari Virtual Machine secara umum, baik yang VM yang jalan di desktop, Virtual Server, ataupun Hyper-V atau Hypervisor yang diediakan Windows Server 2008R2 dan Windows Server 2012, atau Windows Server 2012R2.

Konsep dasar dari mesin virtual ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan terlapis, hanya saja konsep ini memberikan sedikit tambahan berupa antarmuka yang menghubungkan perangkat keras dengan kernel untuk tiap-tiap proses.

6-8Mesin virtual menyediakan antar muka yang identik untuk perangkat keras yang ada. Sistem operasi membuat ilusi untuk beberapa proses, masing-masing mengeksekusi prosessor masing-masing untuk memori (virtual) masing-masing.

Meskipun konsep ini cukup baik, namun sulit untuk diimplementasikan, ingat bahwa sistem menggunakan metode dual-mode. Mesin virtual hanya dapat berjalan pada monitor-mode jika berupa sistem operasi, sedangkan mesin virtual itu sendiri berjalan dalam bentuk user-mode. Konsekuensinya, baik virtual monitor-mode maupun virtual user-mode harus dijalankan melalaui physical user mode. Hal ini menyebabkan adanya transfer dari user-mode ke monitor-mode pada mesin nyata, yang juga akan menyebabkan adanya transfer dari virtual user-mode ke virtual monitor-mode pada mesin virtual.
-bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s