Matrikulasi di STIKOM Bogor “VM di Windows Azure”


STIKOM-09

Sabtu 28 September 2013, saya memberikan materi Virtual Machine di Windows Azure. Setelah berada dilingkungan Windows Azure dan sudah masuk dengan akun Anda, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memanfaatkan fitur bernama Virtual Machine.

STIKOM-01

Dalam sistem konvensional virtual mesin umumnya dipasang di sistem operasi server, sehingga dalam satu server terdapat banyak mesin atau server dengan cara memasang aplikasi virtual. Bagi kalangan mahasiswa atau IT Professional pemanfaatan virtual mesin umumnya digunakan sebagai media praktikum dengan memasang aplikasi-aplikasi seperti Micorost Virtual PC, Microsoft Virtual Server, Virtual Box, Micrisoft Hyper-V dan sebagainya. Virtual mesin yang ada di Windows Azure secara prinsip dan cara kerjanya relatif hampir sama, hanya dipasang di atas Windows Azure atau Cloud Computing.

Seperti dalam virtual mesin konvensional, di Windows Azure pun kita bisa memasang banyak mesin virtual, hanya tentu saja untuk menjalankannya harus menggunakan koneksi internet. Oleh karena itu memiliki akun dan email, serta koneksi internet yang stabil adalah persyaratan utama.

STIKOM-03

Setup VM di Windows Azure

Bagiamana Setup Virtual Machine di Winows Azure? Caranya memang sangat berbeda dengan setup Virtual Machine konvensional, karena disini kita harus masuk ke lingkungan Windows Azure, dan untuk masuk ke Windows Azure tersebut harus sudah memiliki akun, baik di keluarga Microsoft ataupun akun lain yang direkomendasikan. Sebagai gambaran, berikut ini akan dijelaskan langkah yang harus dilakukan ketika akan mensetup Virtual Machine di atas Windows Azure.

Masuk ke Windows Azure seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya. Atau bisa langsung menuliskan http://www.windowsazure.com. Ikuti semua petunjuk yang ditamapilkan Windows Azure. Untuk jelasnya Anda bisa membaca dibagian sebelumnya. Setelah berada di lingkungan Wndows Azure atau seperti contoh pada tampilan gambar 7.1. Tampilan seperti pada gambar 7-1 ini mungkin bisa saja berbeda jika akun yang digunakan dan proses pendaftarannya menggunakan kartu kredit. Biasanya Microsoft memberikan keleluasaan untuk mencoba gratis 3 bulan (3-Month Free Trial).

Jumlah peserta

Jumlah peserta pada kegiatan ini lebihdari 200 orang yang semuanya calon intelaktual IT. Mereka sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini.

STIKOM-02

Selain mahasiswa, pada seminar kali ini dihadiri juga oleh beberapa dosen IT yang ada di STIKOM. Namun karena keterbatasa waktu, saya haya diberi waktu 2 jam saja untuk menjelaskan Virtual Machine di Winows Azure ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s