Handson dan Seminar Jaringan dan Aplikasi Perkantoran


Tanggal 30 Oktober 2013, di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dilaksanakan pelatihan aplikasi perkantoran dan seminar. Materi workshop atau handson training adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint.

SEM-10

SEM-03

Pelaksanaan Handson Training dan Seminar ini dilaksanakan di Gedung Auditorium, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc. membuka acara Handson dan Seminar ini. Pesertanya datang dari bebeapa satuan kerja, antara laindari Pusat Penelitian Biologi, Cibinong, Pusat Penelitian Limnologi, Cibinong, Pusat Inovasi, Cibinong, Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Bandung, UTP Kebun Raya Cibodas, Cianjur, UPT Kebun Raya Bogor, UPT Biomaterial, Cibibong, UPT Geoteknologi Jampangkulon, UPT Lampung, Papipptek-LIPI, Jakarta, BOK-LIPI, Jakarta, Pusbitdiklat Peneliti, Cibinong, dan beberapa lembaga lain yang ada di bawah lingkungan LIPI.

SEM-05

SEM-02

Handson Training dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama penggunaan aplikasi penglah kata Microsoft Word yang dipandu oleh Sdr. Syam Budi Irianto, dari UPT Biomaterial. Pada sesi berikutnya adalah memperdalam penggunaan fungsi-fungsi Microsoft Excel 2010 yang dipandu oleh Sdr. Ikut Tri Handoyo, dari Pusat Penelitian Limnologi LIPI.

SEM-06

SEM-09

Sementara itu di ruang lain juga berlangsung seminar khusus bagi para pejabat dan kandidat fungsional Pranata Komputer. Adapun materi seminar kali ini adalah berkaitan dengan keamanan jaringan komputer. Seminar kali ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi oleh Sdr. Tutang menyampaikan materi Virtual Machine di Windows Azure dan diakhiri dengan demo penggunaan Windows Server 2012 diatas awan.

SEM-08

SEM-07

Pembicara kedua adalah Sdr. Passy, M.Kom dari Pusat Penelitian Biologi LIPI yang menyampaikan materi Image Recogonition. Materi disamaikan berkaitan dengan pemanfaatna IT daloam penelitian biologi khususnya bidang botani. Pada sesi kedua, disi oleh Sdr. Ika Antman Satya, ST, yang menyampaikan materi keamanan penggunaan jaringan Wireless (WiFI). Dan ditutup dengan materi pemanfaatan Microsoft Hyper-V di UPT Biomaterial yang disampaikan oleh Sdr. Hery Syamsi, M.T.

SEM-04

SEM-01

Peserta pada kegiatan ini cukup banyak sekitar 150 orang yang terdiri atas para peneliti, tenaga IT dan administrasi, kandidat Pranata Komputer dan pejabat fungsional Pranata komputer dari lingkungan Lembagta Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Kegiatan semacam ini mamang sangat penting dilaksanakan, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan khususnya tenaga IT dan administrasi dilingkungan satker dibawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s