File Windows 8.1 Problem? Jangan Install Ulang


1-1Banyak pengguna sistem operasi, baik Windows maupun sistem lainnya ketika ada satu atau beberapa file bermasalah atau rusak, umumnya mengambil langkah pintas. Instal ulang. Saya juga kadang demikian, namun setelah mengetahui ada fasilitas yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan file yang ada pada Windows sudah tidak pernah mengambil langkah cepat tersebut.

Pada Windows 8, Windows 8.1 dan mungkin keluarga Windows lainnya ada fitur bernama sfc /scannow yang bisa digunakan untuk memper baik file yang bermasalah. Fitur ini sangat baik dan penggunaannya juga tidak terlalu sulit, cukup mengetikan dari command prompt, lalu ketikkan perintah tersebut.1-2

Untuk menggunakan sfc /scannow ini Anda harus berada di command prompt administrator, karena kalau berada di command prompt user, yaitu dengan mengetikan CMD dari tombol RUN Anda akan dibawa ke command prompt user. Untuk itu Anda harus menggunakan command prompt dari administrator. Bagaimana caranya?

Klik kanan di tombol Windows 8.1 Anda, kemudian klik Command prompt (Admin), setelah itu akan tampil kotak dialog User Account Control. Klik Yes atau tejan tombol Yes untuk melanjutkan, command prompt Admin segera tampil.

Dari command prompt Admin tersebut ketikkan C:\WINDOWS\system32\>sfc \ scannow dikuti dengan menekan tombol Enter. Setelah itu biarkan program bekerja sampai dengan selesai. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini ada manfaatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s