Refresh Your PC Di Windows 8.1


REF-01Windows 8.1 meneyediakan banyak fitur yang luar biasa bagusnya. Dalam tulisan ini akan dijelaskan penggunaan fitur bernama Refresh Yiur PC. Fitur-fitur ini sangat berguna terutama bagi Anda sudah terbiasa mencoba aplikasi, sistem operasi dan lain-lain di komputer Anda.

Refresh Your PC

Refresh Your PC yang disediakan Windows 8.1 akan melakukan instalasi ulang Windows dengan tetap mempertahankan data, aplikasi Metro Style, dan setting REF-02

penting lainnya. Disamping itu, Anda juga tidak akan direpotkan dengan memback-up data, dan lain sebagainya. Dalam hal ini Anda cukup menjalankan Refresh Your PC, maka secara otomatis Windows 8.1 akan memandai data, aplikasi, dan setting lain yang ada di Windows 8.1 tersebut dan selanjutnya akan memindahkannya ke bagian lain dari harddisk dan partisi yang sama.

Ketika proses tersebut selesai, data-data akan dikembalikan lagi dan komputer kembali normal seperti semula. Perlu diketahui bahwa dengan memanfaatkan fitur tersebut tidak semua aplikasi yang terpasang di komputer akan kembali normal melainkan hanya beberapa aplikasi sja. Jadi dalam hal ini proses Refresh Your PC hanya mengembalikan aplikasi Metro Style, namun tidak semua aplikasi bisa dikembalikan secara utuh. Sebagai gantinya Microsoft Windows 8.1 akan menampilkan aplikasi yang tidak diikutkan dalam proses tersebut dalam sebuah file HTML di desktop, sehingga pengguna bisa mengetahui aplikasi apa yang harus diinstalasi ulang.

REFFRESSUntuk menggunakan fitur Refresh Your PC Affecting Your Files Anda harus hati-hati. Karena jika tidak mengerti maksud dan tujuan menggunakan fitur tersebut bisa fatal akibatnya. Misalnya Anda menggunakan perintah Refresh Your PC Affecting Your Files tersebut, kemudian mengikuti perintah yang ada, yaitu hanya ada dua pilihan yang ada Next dan Cancel. Jika menggunakan pilihan Next, berarti proses dilanjutkan, dan apabila Anda menggunakan pilihan Cancel berarti batal.

Apa manfaat dari Refresh Your PC Affecting Your Files? Sebenaranya manfaat dari fitur tersebut cukup baik, terutama berkaitan dengan pilihan untuk menyegarkan dan meningkatkan kinerja sistem yang sudah sedikit lambat.

Sebenarnya selain kekurangtahuan masyarakat tentang hardware, sehingga berakibat tidak maksimalnya sistem dan aplikasi yang digunakan. Lambatnya sebuah kompter atau laptop yang kita gunakan bisa juga diakibatkan terlampau penuh atau data dan sistemnya tidak sesuai lagi, maka yang harus Anda lakukan cukup sederhana. Misalnya dengan defrag, data dan sistem bisa terurut kembali, sehingga sistem dan kecepatan komputer Windows 8.1 akan normal kembali. Hanya saja apabila kita tidak mengetahui dengan baik bisa berakibat fatal sistem dan aplikasi di komputer Anda bisa berantakan.

Lagkah yang diperlukan

Bagaimana menggunakan fitur tersebut? Caranya mudah saja. Karena Windows 8.1 diciptakan bagi para pemakai mulai dari yang baru tahu sampai yang sudah sangat menegetahui. Terus langkahnya bagaimana? Untuk jelasnya berikut ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan fitur Refresh Your PC Affecting Your Files tersebut.

REF-03Dari tampilan metro style tekan tombol Windows dan C secara bersamaan. Setelah itu klik Settings, dan klik dua kali Change PC Setting. Tampilan PC Settings segera tampil. Kemudian klik dua kali Update and Recovery. Jendela berikutnya segera tampil, selanjutnya Anda klik dua kali Recovery sehingga akan tampil jendela berkutnya.
Selanjutnya Anda klik dua kali Set sarterd. Dan biarkan komputer bekerja, jangan lupa DVD master Windows 8.1 Anda masukkan ke drive yang tersedia. Dan biarkan program bekerja. Unyuk mengakhiri pekerjaan ini Anda klik tombol Next untuk melanjutkan, dan biarkan program bekerja. Jika tidak ada masalah program secara otomatis akan restart, dan melakukan konfigurasi ulang di komputer Anda.

Kesimpulan

Jika Anda akan mengambil keputusan ini harus hati-hati, karena semua aplikasi, driver, dan sebagainya akan diinstal ulang secara otomatis. Bahkan jika Anda sudah menginstalasi Office, misalya. Maka dia juga akan diinstal dan bsa saja akan hilang dari komputer Anda. Apabila Anda akan membatalkan proses ersebut cukup tekan tombol Cencel. Sedangkan apabila proses akan terus dilanjutkan Anda klik tombol Resfresh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s