IIS 8 di Windows 8.1


Untuk menambahkan fitIINW-81-01ur IIS ke komputer Windows 8.1 Anda cukup mudah. Di sini Anda cukup menampilkan control panel, kemudian pilih Programs and Feature dan klik Turn Windows Off or On, lalu pilih dan klik IIS, setelah itu klik OK dan biarkan Windows 8.1 menjalankan tugasnya sampai dengan proses penambahan komponen ini selesai dilaksanakan.

Sebenarya masih adacara lain yang bisa dilakukan untuk menambah komponen IIS 8 atau komponen lain ini. Namun secara umum dan yang paling mudah dilakukan adalah seperti yang telah dijelaskan di atas.

IINW-81Untuk menujinya apakah fitur IIS 8 tersebut sudah aktif atau belum Anda bisa menjalankan perintah http://localhost lalu enter. Jika tidak terjadi kesalahan browser Anda akan menampilkan halaman seperti terlihat pada gambar 2. Dengan demikian tentu Anda akan bertanya apakah dengan IIS ini Anda tidak perlu Windows Server? Memang apabila Anda akan membuat website sederhana tanpa melibatkan banyak aplikasi bisa saja, namun tentu saja jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal seperti tersedia aplikasi SQL Server, MS Exchange Server, MS Communication Server, dan sebagainya IIS yang ada Windows 8.1 mungin tidak akan bekerja secara maksimal.

IIS 8 yang ada di Windows 8.1 memang secara umum sama saja seperti IIS 8 yang incude di Windows Server 2008. Jadi semua fasiitas sudah tersedia, hanya saja sifatnya terbatas dan hanya bisa digunakan untuk menjalankan Website tanpa melibatkan aplikasi-aplikasi canggih seperti yang dijelaskan di atas.

Bagiaman kalau Web Server dengan Windows 8.1 ini digunakan untuk menjalakan Website berbasis HTML? Tentu jika website yang Anda akan bangun berbasis HTML IIS di Windows 8.1 sudah bisa digunakan. Untuk jelasnya Anda bisa menampilkan IIS Manager disana terlihat beberapa komponen yang didukung oleh IIS 8 yang ada di Windows 8.1 ini.

IINW-81-02Untuk menyimpan data Web yang sedang dikerjakan dapat disimpan di direktory inetpub/wwwroot. Jadi secara umum adalah sama seperti halnya pada halnya Windows Server 2012. Selain itu Anda juga bisa membuat virtual driectory, dan menyimpannya dalam folder tertentu di komputer Anda. Untuk kali ini saya mencobanya dengan menyimpan file HTML sederhana di folder inetpub/wwwroot. Anda bisa mencobanya.

Jika Anda sudah memiliki dokumen html atau yang jenis lain bisa juga untuk dicoba dan dibuat dengan virtual directory, kemudian Anda gunakan pilihan Restart untuk merestrat IIS 8 yang Anda gunakan. Dari endela IIS Manager Anda bisa menggunakan pilihan Bbrowse untuk menampilkan website Anda di IE 8 yang Anda gunakan. Atau bisa juga dengan menuliskan http://localhost atau https/localhost.

Perlu diketahui jika Anda menggunakan pilihan New Website atau Virtual Directory Anda harus melakukan sedikit setting di Bindings, Basic Settings, Default Document dan sebagainya, Anda bisa langsung menjalakan Website yang Anda buat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s