Memperkenalkan Cloud Computing di SMK 1 Pacet, Cianjur


PACET-1Pada seminar kali ini saya sebagai anggota MUGI (Microsoft User Goup Indonesia), khususnya MUGI Cianjur diminta membawakan materi Hyper-V dan Cloud Computting Cloud Computting. Supaya nyambung, saya mulai dari pengenalan Windows 8.1, kemudian saya perkenalkan Hyper-V yang ada di Windows 8.1 tersebut. Karena peserta ingin mengetahui kecanggihan Windows Server 2012, maka saya pun mendemokan Setup Windows Server 2012 di atas Hyer-V Windows 8.1.

Waktu yang diberikan kepada saya cukup panjang, kurang lebih 4 jam. Waktu yang cukup panjang untuk bicara di ruang seminar. Namun semuanya peserta tidak bosan, saya selingan degan demo-demo yang memberikan pencerahan kepada peserta seminar. Perlu saya sampaikan bahwa peserta seminar kali ini adalah calon IT Professional, karena saat ini mereka mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Adapun jumlah pesertanya kurang lebih 250 orang.

Setelah makan siang, proses instalasi Windows Server 2012 sudah selesai, dan saya jelaskan manfaat dan kegunaan Windows Server 2012 tersebut. Kemudian materi terakir yang saya sampaikan adalah Cloud Computing. Computting atau komputasi awan adalah komputasi berbasis internet dimana semua layanan dapat digunakan atau di akses melalui internet.

Secara teknis gabungan dari banyak server untuk menyediakan sumber daya agar dapat di manfaatkan bersama. Sumber daya bisa berupa aplikasi, storage, data dan lain lain. Sebenarnya sebagian teknologi ini sudah akrab dengan kita seperti layanan email, yahoo, plasa, google, hotmail, skydrive, google doc dan office Web Applcation.

PACET-2Layanan Cloud Computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan alat apa saja seperti layanan email bisa di akses dari kantor, rumah, warnet menggunakan komputer, handphone atau tablet asalkan semua terkoneksi ke internet. Dengan layanan ini pelanggan dapat membeli atau berlangganan layanan sesuai dengan yang mereka butuhkan saat itu, dengan kata lain jika suatu hari terjadi peningkatan penggunaan, pelanggan dapat menambah paket layanan dan jika suatu hari kebutuhan menurun pelanggan juga dapat menurunkan paket langganannya, hal ini akan menghemat biaya pengeluaran pelanggan.

Tentu yang di untungkan adalah pelanggan, mereka tidak perlu berinvestasi secara besar-besaran di depan, seperti harus membeli hardware, license, melakukan development, deployment dan juga maintenance, semua akan di lakukan oleh penyedia layanan Cloud Computing. Layanan ini juga sangat cocok untuk UKM (usaha kecil dan menengah) yang biasanya tidak mempunyai biaya IT yang terlalu besar, dengan biaya yang mereka miliki mereka sudah bisa menikmati sebuah layanan yang setara dengan perusahaan besar.

Di akhir acara saya mendemokan setup VM di atas Windows Azure. Namun, karena koneksi internet yang terbatas dan sedikit lambat, maka proses demo penggunakan VM Cloud Computing tidak maksial. Namun sampai setup dan pemanfaatna sistem operasi di atas Cloud sukses dilaksanakan.

Terakhir mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s