Server Core 2012 R2 : Hanya Untuk Server Minimal


6-13Sebelum memutuskan untuk menginstalasi Server Core, Anda harus mengetahui tujuan dari Server Core yang akan dibangun tersebut keperluannya untuk apa saja. Jika sudah yakin bahwa menginstalasi Server Core ini hanya untuk keperluan minimal sebuah server, artinya server ini hanya digunakan untuk server DHCP (Dymanic Host Configuration Protocol), DNS (Domain Name System), Print Server atau File Server. Jadi jika sudah diputuskan Anda juga harus memiliki server lain untuk keperluan yang berbasis grafis, seperti Web Server, Database Server atau e-mail server, dan lain-lain.

Perlu juga diketahui bahwa untuk menginstalasi Server Core Anda cukup menggunakan server yang dimiliki saat ini, misalnya Pentium IV dengan RAM 512, harddisk 10 Gbyte juga sudah cukup. Namun jika Anda akan memasang Server Core di hardware yang canggih juga tidak masalah bahkan akan lebih baik.

6-14Langkah yang harus dilakukan untuk proses instalas Server Core ini tidak terlalu sulit. Hanya tentu saja yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mempersiapkan hardware yang akan digunakan. Setelah itu baru Anda laksanakan proses instalasi ini. Pada dasarnya proses instalasi ini cukup memgikuti petunjuk yang ditampilkan program, menekan tombol Next, OK atau Yes. Pokoknya untuk proses instalasi ini tidak akan mengalami kesulitan.

Setelah Anda masuk ke desktop Server Core, selanjutnya pekerjaan Anda adalah melakukan konfigurasi awal, mulai dari setup tanggal, jam, memasukkan IP Address statis, DHCP, dan seterusnya. Namun untuk bagian ini saya cukupkan sampai disini dulu. Untuk konfigurasi awal Server Core ini akan dibahas di bagian selanjutnya. Sedangkan untuk menutup dekstop Server Core dari command prompt ketikkan SHUTDOWN /S setelah itu Anda tekan tombol enter dari papan ketik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s