Jaringan “Not Connected” di Hyper-V


1-1 Berbeda ketika kita memasang Virtual Box cara untuk memasang atau setup jaringan (LAN) pilihan sudah tersedia secara otomatis. Namun ketika kita setup sistem operasi di atas mesin Virtual Box kadang proses tidak berjalan dengan baik, tertama untuk menjalankan mesin dan sistem 64 bit.

Bagi Anda yang sudah menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1 untuk sekedar latihan bisa memanfaatkan Hyper-V yang disediakan sistem operasi ini. Dengan fitur Hyper-V Anda akan menemukan jaringan yang sesungguhnya, walaupun dipasang di atas komputer desktop. Dan tentu saja jika Anda akan memanfaatkan secara maksimal fitur Hyper-V tentu harus yang ada di sistem operasi server, dalam hal ini adalah Windows Server 2008 64 bit, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012 atau Windows Server 2012 R2. Fitur ini sudah canggih dan memang disiapkan untuk memasang mesin-mesin virtual.

1-2Kembali ke masalah awal, yaitu LAN tidak tersedia secara otomatis ketika memasang Hyper-V. Kenapa demikian? Bagaimana agar fitur jaringan dalam Hyper-V bisa tersedia?

Sebenarnya ini tiak sulit. Anda cumelakukan beberapa setup saja di atas mesin Virtual yang suah kita buat. Untuk jelasnya perhatikan cara yang akan dijelaskan berikut ini. Pastikan Anda sudah menjalankan Hyper-V Manager. Kemudian klik kanan tepat di atas nama komputer Anda. Nama komputer ini berada d bawah nama Hyper-V Manager. Lalu klik Virtual Switch Manager.

Setelah kotak dialog Virtual Switch Manager tampil klik tombol Create Virtual Switch. Ketikkan nama jaringan Anda di kolom Name. Sebagai contoh nama jaringan yang dibuat adalah Virtual LAN. Klik tombol OK, lalu jawab Yes.

1-3Setelah nama jaringan tersebit jadi dan sudah ada di komputer Anda. Selanjutnya Anda tinggal memasukkan saja ke dalam mesin virtual yang sudah Anda buat sebelumnya. Caranya sebagai berikut, Klik kanan tepat diatas nama mesin Virtual Anda, misalnya Windows Server 2012 R2. Kemudian klik Settings, kotak dialog Settings segera tampil. Selanjutnya Anda klik Network Adapter. Kemudian klik tombol Dropdown Virtual Switch. Pilih nama jaringan yang sudah Anda buat, dalam contoh ini adalah Virtual LAN. Lalu klik tombol OK untuk mengakhirinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s