Ada SkyDrive, ada Juga SkyDrive Pro


SkyDriveJika Anda ingin memanfaatkan SkyDrive persyaratannya mudah, yaitu harus memiliki akun di Windows Iive, MSN, atau Outlook. Jika belum memiliki akun segera membuatnya, gratis, caranya pun mudah dan tidak memerlukan waktu lama.  Jika Anda sudah memiliki akun tersebut pasti Anda sudah bisa menggunakan SkyDrive. Media simpan yang ada di awan ini gratis dan bisa digunakan untuk menyimpan data komputasi Anda.

Apakah Anda sudah menggunakan Office 2013? Jika sudah memasang dan memiliki aplikasi terbaru dari Microsoft tersebut pasti Anda melihat di Metro style Windows 8 atau Windows 8.1 Anda akan melihat ikon SkyDrive jika sudah diinstal dan SkyDrive Pro apabila Anda sudah menginsyalasi Office 2013.  Apa itu SkyDerive Pro? Kenapa harus menggunakan SkyDrive Pro jika Anda sudah menggunakan SkyDrive? Apa bedanya?

SkyDrive SkyDrive Pro adalah pustaka profesional Anda, disediakan untuk Anda melalui langganan organisasi Anda ke SharePoint Online di Office 365. Dengan kata lain jika Anda sudah memiliki akun di Office 365 sudah dapat dipastikan Anda bisa menggunakan SkyDrive Pro 2013. Atau jika memikiki Server local dan dipasang atau diinstal SharePoint 2013, Anda bisa memanfaatkan SKyDrive Pro ini.

SkyDrive Pro

SkyDriveProMenggunakan SkyDrive Pro untuk menata dan menyimpan dokumen kerja. Semua file yang Anda simpan di SkyDrive Pro adalah privat secara default, kecuali untuk file Anda tempatkan di folder khusus “Dibagikan kepada Semua orang”. Anda bisa dengan mudah berbagi file dan berkolaborasi pada dokumen dengan rekan kerja di organisasi Anda. Anda juga bisa menyinkronkan SkyDrive Pro ke komputer Anda.

Jika Anda masuk ke Office 365, Anda mungkin juga bisa berbagi dokumen dengan rekan di luar organisasi Anda, jika organisasi Anda memungkinkan berbagi eksternal.

Dengan Office 365, Anda mendapatkan alokasi penyimpanan individual 7GB untuk konten situs. Jika pustaka SkyDrive Pro dihosting di server SharePoint di organisasi Anda, alokasi penyimpanan mungkin berbeda. Temui administrator SharePoint Anda untuk mengetahui detailnya. Untuk menggunakan SkyDrive Pro, pilih SkyDrive di header di bagian atas halaman SharePoint atau Office 365.

SkyDrive dan SkyDrive Pro

Microsoft menawarkan layanan penyimpanan lain yang disebut SkyDrive. Anda mungkin sudah menggunakan SkyDrive untuk menyimpan dokumen dan konten lainnya di awan. Perlu diketahui bahwa SkyDrive sangatlah berbeda dengan SkyDrive Pro.

SkyDrivePro-01SkyDrive adalah penyimpanan pribadi online yang Anda dapatkan baik dengan akun Microsoft atau Outlook.com. Menggunakan SkyDrive untuk  menyimpan dokumen, foto, dan file lainnya di awan, membagikan dokumen tersebut dengan teman, dan bahkan berkolaborasi pada konten. Anda bebas memutuskan cara yang Anda inginkan untuk menggunakannya. Untuk informasi selengkapnya tentang menggunakan SkyDrive, lihat Bekerja bersama pada dokumen Office di SkyDrive.

SkyDrive Pro adalah penyimpanan file online yang untuk perusahaan, lembaga pemerintah, dan sebagainya. Jadi Pustaka SkyDrive Pro dikelola oleh organisasi Diana kita bekerja dan memiliki akun. Namun demikian tetap saja Anda juga memungkinkan Anda untuk berbagi dan berkolaborasi pada dokumen dengan rekan kerja. Administrator kumpulan situs Anda mengontrol cara Anda menggunakan pustaka. Selain itu, dengan klien sinkronisasi SkyDrive Pro, Anda bisa menyinkronkan SkyDrive Pro ke komputer Anda, dan bekerja dengan file dan folder pustaka Anda di File Explorer.

Sinkronisasi

Sebenaranya baik SkyDrive Pro SkyDrive bisa disinkronisasi degan laptop atau PC kita.  Namun tentu saja banyak bedanya. Jika Anda menggunakan Ofice 365, yang didalamnya tersedia SkyDrive Pro, maka secara otomatis semua akan sinkron antara Laptop atau PC, kemudian Offuce 365 yang ada di awan. Sedangkan kalau Anda menggunakan SKyDrive hanya akan mensinkronisasi PC atau Lapto dengan SKyDrive yang ada di awan juga, tetapi Anda harus memiliki akun di keluarga Microsoft, seperti Outlook.com, MSN, Live, dan sebagainya.

SkyDrivePro-02Jadi dalam hal ini aplikasi klien secara otomatis dapat disinkronisasi dengan SkyDrive Pro yang ada di Office 2013 atau Office 365 yang menyertakan aplikasi Office 2013. Jika Anda tidak memiliki Office 2013, unduhan gratis klien SkyDrive Pro juga tersedia, tentunya jika Anda sudah memiliki Office 365. Klien sinkronisasi memungkinkan Anda menyinkronkan pustaka SkyDrive Pro dan pustaka situs SharePoint lainnya dengan komputer atau perangkat lokal yang ada di kantor Anda.

Untuk menyinkronkan, buka pustaka di browser web Anda, dan klik Sinkronkan di bagian atas halaman. Jika Anda sedang menyinkronkan pustaka SkyDrive Pro Office 365, file Anda muncul di folder SkyDrive@ nama lembaga atau perusahaan Anda, mialnya SkyDrive@Puslit Bioteknologi LIPI di bawah Favorit di File Explorer di komputer Anda. Jika Anda sedang menyinkronkan pustaka SkyDrive Pro lokal, file Anda muncul di folder SkyDrive Pro di bawah Favorit. Jika Anda menyinkronkan pustaka situs tim, file Anda muncul di subfolder di folder SharePoint di bawah Favorit. Subfolder tersebut menggunakan nama pustaka situs tim.

Ini sekedar penjelasan singkat perbedaan dan penggunakan SkyDrive dan SkyDrive Pro. Mudah-mudahan informasi ini ada manfaanya.

ttd

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s