Lync, apa lagi?


Lync-01Anda pengguna Office 2013? Apakah ketika menginstalasi aplikasi tersebut Anda melihat ikon Lync? Atau Anda pengguna Windows phone? Di sana juga ada Lync? Untuk apa? Apakah sudah digunakan? Atau hanya pelengkap aplikasi saja.

Di kantor, saya sedang mencoba memanfaatkan teknologi ini, mudah-mudahan bisa diaplikasikan. Untuk sementara saya menggunakan 5 user saja sebagai bahan uji coba. Kedepan bisa saya memanfaatkan aplikasi ini untuk berbagai keperluan aplikasi perkantoran modern.

Lync sangat banyak manfaat dan kegunaannya, antara lain yang paling umum dan sederhana adalah untuk chating sesama pengguna Lync dan teman yang sudah mengguanakan aplikasi ini. Tetapi bagaimana cara menggunakannya? Apalah ada yang perlu disetup dan ditambahkan ke dalam komputer kita? Banyak cara sebenarnya untuk menggunakan dan memanfaatkan Lync ini. Salah satunya Anda harus memiliki akun di Office 365. Jika tidak Anda bisa juga memiliki Server sendiri dengan sistem operasi Windows Server 2012 lengkap degan Active Directiry dan setup Linc di server internal tersebut. Maka Lync di server bisa digunakan secara local. Namun tentu saja jika komputer server yang Anda gunakan sudah memiliki domain Lync bisa juga digunakan sesama pengguna Lync di dunia ini.

Lync-02Sebenarnya yang paling mudah untuk memanfaatkan Lync dan servicenya adalah dengan memiliki akun di Office 365. Di sini Anda sudah bisa mamanfaatkan Lync. Lync ini bisa dijalankan memalui Web, bisa juga dengan mensetup aplikasi tersebut. Jika Ana pengguna Office 2013, Lync sudah bisa digunakan dan secara otomatis akan sinkron dengan Office 365. Bahkan jika Anda juga menggunakan Windows Phone dan sudah memiliki terinstalasi Lync, maka dapat dipastikan Anda bisa memanfaakan berbagai fasilitas yang disediakan Lync tersebut.

Lync-03Ketika kita meeting bersama, Lync ini bisa dimanfaatkan untuk melanmpilkan slide presentasi secara Online. Anda juga bisa menambahkan file atau Attach File, menjalankan aplikasi, menjalankan OneNote, dan sebagainya.
Banyak fasilitas yang bisa digunakan, Call, Chating, Video Call, meeting Online, dan sebagainya. Kuncinya Anda harus sudah memiliki akun di di Office 365 atau mensetup sendiri di server local dengan sistem operasi Windows Server 2012 lengkap dengan Active Directorynya.

Mudah-mudahan tulisan ini membantu.

ttd

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s