Setup Lync Server 2013 (Bagian 2)


GB-02

Proses setup seperti dijelaskan di bagian sebelumnya mudah dan tidak menemukan kendala berarti. Memang, di bagian selanjutnya juga mungkin tidak akan menemukan masalah jika semua persyaratan sudah terpenuhi.

Jadi, sekali lagi gunakanlah Server dengan RAM 16 GByte dengan CPU yang sesuai, untuk Domain Control (ADDS) dan buat Mesin Virtual dengan RAM 6 GByte. Dan usahakan setup dari awal supaya tidak bermasalah. Selain itu, semua keperluan yang berhubungan dengan DC dan persyaratan untuk Lync Server 2013 dilengkapi sesuai dengan yang dijelaskan dalam tulisan saya di bagian sebelumnya.

Untuk selanjutnya, di tulisan ini saya akan menjelaskan step-step konfigurasi Lync Server 2013. Siapkan Software Lync Server 2013, siapkan juga OfficeWeb Apps dan Microsoft Silverlight. Sebenarnya untuk Office Web Apps dan Microsoft Silverlight bisa disiapkan belakangan setelah konfigurasi Lync Server 2013 diaksanakan.

Prepare Active Directory

Seperti di[erlihatkan gar di bawah ini, pilihan pertama yang harus Anda ambil untuk mengkonfigurasi Lync Server 2013 adalah Prepare Acticve Directory. Jika di sini bisa berjalan dengan Muklis dan dinyatakan OK dengan pernyataan yang tampil sukses dan Complate, maka langkah awal Anda sudah sukses. Namun jika muncul tulisan berwarna merah, maka Anda harus mencari solusi kesalahanannya ada di mana saja. Lakukan penambahan role dan feature di Windows Server 2008 atau 2012 baik untuk Server ADDS (Active Directory Domain Services) ataupun untuk Lync Server. Biasanya kesalahan ada di mesin Virtual yang diinstalasi Windows Server 2012 sebagai Pront End.

Untuk memaulainya Anda klik Lync Server Deployment. Setelah menekan tombol Lync Server Deployment, akan tampil seperti gambar di bawah ini.

clip_image002

Klik Prepare Active Directory. Setelah itu proses akan berjalan dan Lync Server 2013 akan menampilkan seperti gambar di bawah ini. Di sini terlihat mulai dari Prepare Schema, Verify Replication of Schema Partition, dan lain-lain terlihat Complete.

clip_image004

Dari sini Anda harus masuk terlebih dahulu ke Administrative User and Computer. Kemudian Anda tambahkan Lync Administrative User ke dalam Group. Perhatikan gambar Administrator Properties.

clip_image005

Kemudian Anda tambahkan CSAdminisrator dan TRCuniversalServerAdmins. Sekarang kembali lagi ke Lync Server Deployment Wizard

clip_image006

Dari sini Anda klik saja Prepare First Standard Edition Server. Di sini jika file tidak ada pada saat Anda menekan tombol Browse, maka Anda harus ada file bernama OCSCore.msi, file ini harus diinstalasi jika pada saat Wizard tidak jalan sempurna.

Selanjutnya klik Next saja untuk melanjutkan dan akhirnya akan terlihat proses seperti berikut ini.

clip_image007

Tunggu proses prepare ini sampai dengan selesai.

clip_image008

Sampai disini proses berjalan dengan mulus dan sempurna. Jika terjadi kesalahan Anda harus mengulanginya sampai dengan proses selesai dan menampilkan pesan dengan Status Completed.

Buat folder Share

Kenapa harus dibuat Folder Share? Ini untuk menampung file-file yang akan disetup nantinya, terutama berkaitan dengan database dan aplikasi lain yang berhubungan dengan Lync Server 2013. Untuk membuat folder ini sama saja seperti halnya Anda membuat folder. Hanya dini folder tersebut bernama SHARE. Kemudian folder yang berbana share tadi juga harus dishare sehingga seperti terlihat pada tampilan gambar di bawah ini.

clip_image009

Masukkan komponen

  • RTCComponentUniversalSerivices
  • RTCHSUniversalServices
  • TRCUniversalConfigReflicator
  • TRCUniversalServerAdmins

Perlu diketahui semua komponen tersebut harus diambil atau ditambahkan dari Server ADCS, dan semua komponen statusnya harua Read/Write. Untuk jelasnya perhatikan gambar.

clip_image010

clip_image011

Kemudian tutuplah konfigurasi untuk folder SHARE ini dan kembali ke Lync Server 2013. Sampai disini langkah awal setup Lync Server 2013 sudah selesai. Untuk selanjutnya Anda bisa membacanya dibagian selanjutnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat tulisan saya ini selesai, karena Lync Servernya di tempat saya sudah bisa digunakan, walaupun masih versi Trialnya.

-bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s