Setup Lync Server 2013 Standard (Bagian 3)


Sekarang kita akan menambah komponen yang ada di Lync Server 2013. Perlu diketahui, jika Anda belum sukses menginstalasi komponen Prepare Active Directory yang sudah saya jelaskan di tulisan sebelumnya, maka jangan harap Anda bisa melangkah untuk menginstalasi atau menambah komponen lain yang ada di Lync Server 2013 ini. Untuk itu jika Anda akan melangkah ke proses selanjutnya, proses pertama harus sukses dan pesannya Complete.

Sekarang kita akan menginstalas Administrative Tools. Sebenaranya Anda mungkin sudah sangat mengenal Administrative Tools ini, karena sejak Windows 2000 sampai Windows Server 2012 R2, bahkan di Windows 7 atau Windows 8 dan 8.1 Anda pasti menggunakan atau paling tidak melihat fitir Administrative Tools ini. Untuk prosesnya Anda cukup mengklik saja Install Administrative Tools seperti yang ada di gambar di bawah ini.

Instalasi Administrative Tools

clip_image002

Setelah mengklik Install Administrative Tools, maka di Windows Server 2012 Standard Anda akan tampak seperti gambar dibawah ini.

clip_image004

Sampai tahapan ini Anda sudah menginstalasi Administrative Tools. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menginstalasi atau menjalankan Topology Builder. Pekerjaan ini sangat peting dilakukan untuk membuat secara lengkap topologi yang diperlukan oleh Lync Server 2013 Standard. Maka jika fitur dan role yang diperlukan tidak lengkap, maka Anda diminta menambahnya terlebih dahulu.

Topology Builder

Untuk menjalankan Topology Builder Anda cukup klik saja Lync Server Topology Builder seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

clip_image005

Kemudian Anda tunggu dan biarkan proses berjalana sehingga akan rampil halaman Topology Biolder seperti gambar dibawah ini. Klik saja di depan New Topology, karena Anda baru pertama kali membuat Topology untul Lync Server 2013 ini.

clip_image006

Klik OK. Selanjutnya Anda biarkan program bekerja sehingga akan tampil halaman untuk menuliskan nama Topology Anda, mialnya Topology29Januari2014. Ini penting, tujuannya jika suatu waktu diperlukan maka Anda bisa menggunakan topologi ini.

clip_image008

Setelah menuliskan nama topology klik tombol Save untuk menyimpannya. Setelah menekan tombol OK, maka Lync Server 2013 akan menampilkan halaman Create New Topology

Ketikkan Primmary SIP domain Anda, mialnya bioteknologi.net. Nama ini adalah nama yang ada di komputer server (ADDS) dan nama ini akan dijadikan user@bioteknologi.net. Artinya nama ini sama dengan usir ketika pemakai akan menjalankan Lync dari Client atau pengguna akan JOIN ke domain Control atau istilah di Windows 2008 ke atas berubah menjadi ADDS (Active Directory Domain Services). Untuk jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

clip_image009

Klik tombol Next untuk melanjutkan, kemudian klik Next lagi sehingga komputer akan menampilkan seperti gambar di bawah ini. Di halaman Define the first site ini Anda diminta untuk menuliskan nama lembaga atau kantor atau perusahaan Anda. Ketikkan nama kantor Anda di kolom Name, misalnya Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Di kolom Description ketikan keterangan singkat perusahaan atau kantor Anda, misalnya sama Pusat Penelitian Bioeknologi LIPI.

clip_image011

Klik Next untuk melanjutkan.

clip_image013

Di halaman Specify Sie detail, ketikkan nama kota Anda. Di kolom City ketikan nama kota Anda, mialnya Cibinong Bogor, kemudian di kolom State/Province, ketikkan Jawa Barat dan di kolom Country/Region Code ketikkan Indonesia

Klik Next untuk melanjutkan.

clip_image014

Klik lagi Next. Setelah menekan tombol Next, maka akan tampil halaman Define The Front End polo FQDN. Di sini Anda harus mengetikan nama komputer Server yang digunakan untuk menginstalasi Lync Server 2013. Dalam contoh ini saya memberinama BLLYNCFE01

clip_image016

Klik Standrad Edition Server dan klik Next untuk melanjutkan.

clip_image018

Beri tanda centang di bagian depan Confrerencing (includes audio, video, Ana application haring) juga jangan lupa beri tanda centang di depan Enterprise Voice, lalu klik Next

clip_image020

Klik di depan Collocate Mediation Server dan klik lagi Next

Klik lagi Next untuk melanjutkan, lalu klik Next lagi dan biarkan program bekerja sehingga tampil pernyataan Finish seperti gambar di bawah ini.

clip_image022

Selanjutnya Anda lanjutkan dengan mendefinisikan untuk SQL Server. Ikuti proses yang ada sehingga ketika Anda menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini Anda kektikkan nama komputer Lync Sever Anda. Dalam contoh ini saya menggunakan nama BLLYNCFE01\RTC dan klik Next untuk melanutkan.

clip_image023

Kemudian lanjutkan untuk mendefinisikan nama komputer yang nantinya akan digunakan sebagai OfficeWebApps. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

clip_image025

Ketikkan namanya Misalnya OfficeWebApps

Klik Finish

clip_image026

Klik OK

Klik Finish untuk mengakhiri proses ini.

clip_image028

Klik kanan tepa di atas Lync Sever sehingga akan tampil seperti gama di bawah ini

clip_image030

Klik kanan tepat di atas Lync Server, kemudian menu Popup akan tampil seperti gambar di atas. Lalu klik Publish Topology dan klik Publish. Jika tidak ada masalah Anda lanjutkan dengan menekn tombol Next

clip_image032

clip_image033

Akhirnya Publish Topology telah sukses dan Anda tinggal melanjutkan ke proses selanjutnya.

Sampai di sini konfigurasi Lync Server 2013 Standard telah selesai dikerjakan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses selanjutnya Insya Allah nanti akan saya lanjutkan.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s