Dari Office Communication sampai ke Lync


COOMUBeberapa tahun lalu masyarakat IT di dunia dan mungkin juga di Indonesia mengenal Office Communication Server. Aplikasi canggih ini waktu itu memang kurang banyak dikenal masyarakat khususnya adi Indonesia. Kalaupun ada yang hanyalah IT Professional dan yang menggunakannya juga hanyalah perusahaan besar sasa, sedangkan perusahaan sedang dan kecil Microsoft Office Communication  Server tidak banyak digunakan bahkan mengenalpun mungkin bagi mereka tidak.

GB-02Microsoft beberapa tahun lalu mulai memperkenalkan Microsoft Lync yang lebih dikenal dengan Lync. Wakti itu masih Lync 2010 yang merupakan pengganti Office Communcation Sever. Di Indonesia sendiri saat ini mulai banyak digunakan Microsoft Lync Server. Software ini mengintegrasikan segala bentuk komunikasi, mulai dari telepon, SMS, chatting, hingga teleconference.

Keuntungan terbesar dengan pemakaian Microsoft Lync ini adalah perusahaan bisa membuat efisiensi (cost reduction) terutama di bagian biaya komunikasi sehingga tidak perlu lagi harus menggunakan PABX. Memang ada salah satu kompetitor ada yang menawarkan solusi sistem seperti ini tapi harus membeli hardware lagi yang lumayan mahal harganya, jika menggunakan Lync tidak perlu beli harus membeli hardware. Jadi ‘core’ dari Lync sendiri adalah communication anytime and anywhere.

clientMicrosoft Lync sendiri tampilannya tidak jauh beda dengan programprogram instant messaging lainnya, namun perbedaanya untuk berkomunikasi dapat dilakukan hanya dengan mengeklik satu ikon. Contohnya saja adalah pada saat kita akan menelepon atau menghubungi seseorang. Caranya adalah cukup dengan mengetikkan nama orang tersebut, kemudian klik ikon telepon. Begitu juga saat akan mengirim SMS atau email.

Selain itu Lync juga dilengkapi dengan fitur untuk berbagi dokumen secara online sehingga dapat dilihat oleh semua orang pada waktu yang sama. Ini berguna saat perusahaan melakukan sebuah teleconference, dimana saat rapat berlangsung, pimpinan rapat bisa mengirimkan materi rapat sehingga dapat dibuka oleh para peserta rapat di berbagai lokasi yang berbeda.

Efisiensi lainnya tidak perlu lagi harus kirim team ke cabang, misalnya perusahaan dalam hal ini kantor pusat akan melakukan training ke kantor cabang, tinggal conference, kirim materi dan mereka tinggal buka materinya.

Dalam satu conference window, Microsoft Lync dapat menampung sebanyak 250 orang dan dapat merekam proses sebuah conference dengan mengeklik Record. Fitur ini berguna kalau ada karyawan yang tidak dapat hadir atau ikut bisa diberikan hasil rekamannya full.

Keuntungan Lync

Dari segi biaya memang memerukan investasi awal yang lumayan besar, disini memerlukan hardware berupa berupa server yang cukup canggih. Selain server dan beberapa hardware lain juga diperlukan software Lync Server dan operating system untuk tahap awal. Setelah itu kita tidak memerlukan biaya untuk penambahan hardware lagi, termasuk kita tidak perlu menggnakan PABX lagi untuk sistem komunikasi di perusahaan tersebut.

Jadi, dengan Microsoft Lync Server sangat banyak manfaat dan kegunaannya, antara lain yang paling umum dan sederhana adalah untuk chating sesama pengguna Lync dan teman yang sudah mengguanakan aplikasi ini.

Bagaimana cara menggunakannya? Untuk jelasnya Anda bisa membaca tulisan yang berkaitan dengan Lync Server ini di blog saya http://wss-id.org/blogs/tutang  atau di http://www.mugi.or.id/blogs/tutang dan di https://tutang.wordpress.com dan di http://www.prakom.lipi.go.id

Mudah-mudahan bermanfaat.

-bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s