Untuk apa Microsoft Silverlight?


clip_image001Jika Anda sudah memasang Lync Server 2013 (tulisannya mengenai Lync Server 2013 masih panjang… nanti diterusin). Maka Anda juga harus menginstalasi Microsoft Silverlight. Kemudian Anda akan bertanya juga (mungkin, bagi mereka yang belum tahun), apakah Microsoft Silverlight tersebut?

Microsoft Silverlight adalah sebuah plug-in lintas browser dan lintas-platform yang diberdayakan oleh kerangka kerja .NET yang memungkinkan Anda melihat jenis multimedia tertentu, misalnya video kualitas tinggi atau apl web interaktif, dan sebagainya.

Beberapa situs web memerlukan plug-in untuk menampilkan kontennya dengan semestinya. Ketika halaman web yang mengandung konten tertentu, silverlight plug-in akan dijalankan dan mengeksekusi kode serta merender isi yang secara khusus ditujukan pada area di dalam halaman web.

GB-03

Microsoft Silverlight merupakan sebuah aplikasi yang memberikan pengalaman baru dari sisi client. Dengan memakai plug-in bernama Microsoft Silverlight ini, client diharapkan tidak akan hanya bersikap pasif pada saat menunggu data hasil request ke server selesai dikirim. Konsep yang dipakai dalam pengembangan Microsoft Silverlight sendiri adalah konsep RIA (Rich Internet Application). Konsep ini mengembangkan sisi client untuk dapat mengerjakan fitur interface seperti halnya pada desktop komputer. Untuk mendapatkan hasil yang dikehendaki, sisi client tidak harus selalu me-request ke sisi server, sehingga hasilnya lebih cepat didapat dan responsif. Adapun aplikasi website yang telah banyak memakai konsep RIA ini adalah animasi dan game.

Sebenarnya Microsoft Silverlight ini sudah diperkenalkan sejab beberapa tahun lalu, dan sudah mendukung browswer IE6, IE7, sampai dengan versi terakhir dan juga Mozilla Firefox, Opera dan Safari juga sudah didukung Microsoft Silverlight ini.

Bagi Anda sudah memasang Lync Server, Microsoft Silverlight merupakan keharusan untuk dipasang. Jadi dengan dengan demikian Microsoft Silverlight adalah salah satu hal penting bagi Anda yang sudah ataupun yang akan memasang Lync Server 2013 teramsuk untuk Clientnnya. Namun, untuk setup Microsoft Silverlight sendiri memang bisa dilakukan paling akhir atau belakangan setelah proses instalasi Lync Server 2013 selesa dilaksanakan.

GB-02

Setup

Untuk setup Sylverlight tidak sulit. Yang harus Anda laukan pertama kali adalah melakukan download, sesuaikan dengan kompter Anda apakah komputer Anda 32 bit atau 64 bit. Jika Anda akan memasangnya di Server tentu Sylverlight yag 64 bit, kalau di client bisa saja yang 32 bit. Untuk mendownload alamatnya di http://www.microsoft.com/silverlight/.

Setelah mendonloadnya Anda langsung saja klik file wernama Silverlight, kemudian setelah itu program akan berkerja sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

clip_image002

Klik tombol Install untuk mulai melakukan instalasi. Ikuti sampai dengan proses instalasi tersebut selesai dilasanakan.

– Mudah-mudahan bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s