Windows XP akan berakhir?


Windows XP adalah sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk untuk kalangan perusahaan dan bisnis seperti. Nama “XP” sendiri adalah kependekan dari “Experience”. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001. Perkembangan selanjutnya, setelah Windows XP, Windows Vista, namun kehadiran sistem operasi ini kurang begitu sukses dan masih belum mampu menggeser kedudukan Windows XP dari pasaran, terutama para pengguna, baik perorangan maupun perusahaan. Sampai saat ini, walaupun sudah banyak pilihan seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, namun Windows XP masih tetap banyak digunakan.

clip_image002

Sebagaimana dijelaskan di bagian awal tulisan ini, Windows XP masih banyak digunakan. Salah satu aplikasi yang masih banyak digunakan adalah untuk ATM baik di Indonesia ataupun di dunia sebagian besar masih menggunakan Windows XP sebagai sistem operasinya. Ini tentu akan menyababkan masalah bagi perusahaan, paling tidak harus migrasi ke sistem operasi diatas Windows XP, yaitu Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1. Ini adalah pekerjaan besar yang harus dilakukan sebelum tanggal 8 April 2014 yang dijadikan batas akhir Service bagi pengguna Windows XP.

clip_image004

Berdasarkan informasi, Microsoft akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows XP SP 3 pada tanggal 8 April 2014. Maka dapat dipastikan jika dukungan ini sudah dihentkan, yang menjadi hal tentu adalah dari sisi keamanan. Kalau dari segi lain, apakah Windows XP masih bisa digunakan? Tentu saja masih bisa digunakan, hanya dukungan seperti Microsoft Security Essential, update, dan sebagainya sudah tidak didukung lagi.

clip_image006

Sebenarnya yang paling mungkin untuk migrasi dari Windows XP adalah ke Windows 7, karena Windows 7 tidak terlalu jauh berbeda dalam hal tampilan. Hanya tentu saja dari segi keamanan Windows 7 sudah jauh lebih baik dan yang paling penting masih didukung oleh Microsoft. Memang, jika masyarakat pengguna Windows XP beralih ke Windows 8 atau Windows 8.1, memerlukan waktu untuk menggunakan sistem operasi ini.

Sebenarnya untuj migrasi dari Windows XP pilihan pertama adalah Windows 7, kemudian Windows 8.1. Karena jika ke Windows 8, kayaknya pengguna masih kurang familier dengan Windows 8. Tetapi dengan hadirnya Windows 8.1, mungkin ini salah pilihan berikutnya setelah pilihan pertama.

– mudah-mudahan bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s