Antara Command Line dan PowerShell


Walaupun kini sudah mulai dan banyak digunakan Virtualisation dan cloud computing, namun tampaknya perintah command laine masih juga digunakan. Namun tentu saja tidak semua perintah yang ada bisa digunakan sepenuhnya.

image

Perintah-perintah command line ini dulu sangat populer dan memang sangat diperlukan ketika DOS (Disk Operating System) dan MS-DOS (Micreosoft-Disk Operating System) masih merajai sistem operasi pada komputer PC dan kompatiblenya. Karena waktu itu kalau mau membeli komputer harus lengkap dengan pernyataan PC kompatibel.

Perintah command line berbeda dengan perintah yang ada di Server Core atau perintah-perintah pada PowerShell. Yang dimaksud dengan perintah command line di sini adalah perintah yang digunakan melalui command prompt. Perintah-perintah DOS tersebut kini dikenal dengan istilah peritah command line atau command prompt. Kenapa di sebut command prompt atau command line, karena ketika perintah tersebut digunakan akan terlihat suatu drive, misalnya drive C:\ dan disana terlihat prompt untuk menuliskan suatu perintah, misalnya CD, MD, DIR, DELETE, dan sebagainya.

Walaupun saat ini sudah menggunakan Windows 8.1, perintah-perintah seperti FORMAT, CD, DIR, dan sebagainya masih tetap bisa digunakan. Tentu saja penggunaan perintah-perintah tersebut harus melalui command prompt atau command line. Bagaimana cara menggunakannya?

Untuk menggunakan ini harus diketikkan melalui command line atau command prompt. Jadi untuk mengeksekusi suatu aplikasi, misalnya untuk memformat disket yang ada di drive A, maka caranya dari command prompt, ketikkan C:>\FORMAT A: lalu diikuti dengan menekan tombol Enter. Perintah FORMAT A: digunakan untuk memformat floppy atau disket yang ada di drive A, kemudian ditambahkan /S berarti menambahkan distem pada drive A tersebut, bisa juga dengan menambahkan VOL, yaitu untuk menambahkan nama atau volume label floppy tersebut. Sehingga dengan penambahan /S tersebut disket bisa digunakan untuk booting komputer untuk menampilkan prompt.

Banyak perintah yang bisa digunakan dari Windows 8.1, hanya tentu saja Anda harus menjalankan command prompt. Cara yang digunakan untuk menjalankan perontah dcommand line tersebut tidak sulit, caranya klik tombol Start, lalu klik Command Prompt, atau bisa juga dengan menuliskan CMD di kolom Search promgrams and files, lalu tekan enter. Setelah command prompt tampil, Anda bisa langsung menuliskan perintah yang diperlukan, misalnya LABEL, kemudian diikuti dengan menuliskan nama drive yang akan diberi nama atau diberi label. Contoh penuliskan perintahnya C:>\label <Enter> kemudian ketikkan nama lable drive Anda, misalnya Win7.

Berikut ini ada beberapa peritah yang bisa digunakan:

  • FORMAT : Digunakan untuk memformat disket, atau flashdisk, harddisk, dan sebagainya
  • FORMAT F/S/V:DATA : Memformat sekaligus memasukkan sistem dan label dari disk tersebut
  • VOL : Untuk menampilkan nama atau volume drive yang akan dilihat
  • LABEL : Digunakan untuk membuat nama label dari sebuah drive
  • DIR : Digunakan untuk melihat data atau isi dari suatu drve
  • DIR /W : Digunakan untuk melihat data atau isi dari suatu drive secara melebar (W= Window)
  • DIR /P : Digunakan untuk melihat data atau isi dari suatu drive per halaman (P=Page)
  • COPY : Digunakan untuk mengcopy data dari dari tertentu ke drive lainnya
  • CD : Digunakan untuk masuk dan keluar dari suatu directory
  • Dan sebagainya.

Selain perintah-perintah tersebut, perintah command line lain seperti DATE, TIME, SHUTDOWN, TREE dan sebagainya sering digunakan. Perintah ini akan sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang mempeljari Windows 8.1 dari sisi command laine.

image

Seperti telah dijelaskan dibagian sebelumnya, bahwa perintah command lain berbeda dengan perintah yang ada di PowerShel, namun ada sedikit persamaan untuk beberapa perintah di ServerCore. Namun demikian memang dengan perintah ini bayak mempersingat waktu tetapi bagi sebagian kalangan akan menyulitkan, karena perintah command line arus benar-benar hapal. Sehingga dengan demikian memerlukan waktu untuk menghapal perintahnya.

  • Date : Digunakan untuk mengubah, dan menampilkan tanggal komputer
  • Time : Digunakan untuk mengubah, dan menampilkan jam di komputer
  • Tree : Peritah ini mirip dengan perintah Dir, Dir/w atau Dir/p. Hanya perbedaannya dengan perintah TREE, akan menampilkan direktori pada suatu drive secara lengkap.
  • Shutdown : Digunakan untuk menghentikan proses komputer
  • Shutdown/s : Digunakan untuk menghentikan proses dan sekaligus mematikan komputer yang sedang digunakan
  • Shutdown/r : Digunakan untuk menghentikan proses yang sedang berlangsung sekaligus merestart kembali komputer yang sedang digunakan tersebut.

Masih banyak perintah lain yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui. Sebagai contoh, perintah DELETE bisa digunakan untuk menghaopus beberapa file berakhiran tertentu dan bisa juga menghapus seluruh file dalam direktori tertentu. Jika Anda akan menghapus file di salah satu direktori, maka terlebih dahulu Anda harus masuk direktori atau sub direktori tersebut.

Untuk masuk ke suatu direktory atau folder, caranya cukup mengetikkan CD diikuti nama direktorinya dari command line atau command prompt. Sebagai contoh a]\Anda akan menghapus file di folder data, maka perintahnya dari prompt C:>\CD DATA <Enter>. Begitu juga untuk masuk ke sub direktori, yaitu dengan menuliskan perintah yang sama.

Perintah RENAME digunakan untuk mengganti nama file. Jika Anda akan menggunakan perintah Rename dari command line, maka Anda harus menuliskannya secara lengkap, artinya menuliskan nama file harus lengkap dengan akhirannya, misalnya file bernama DATA.DOC. Sebagai contoh penggunaan perintah RENAME C:>\RENAME DATA.DOC DATA1.DOC. Perintah ini digunakan untuk mengganti nama file DATA.DOC menjadi DATA1.DOC.

Sementara itu perintah lain yang juga sangat berguna adalah perintah untuk menghapus file, nama perintahnya adalah DEL. Untuk menggunakan perintah ini tidak sulit, Anda cukup menuliskan peritah tersebut diikuti dengan menuliskan nama filenya. Misalnya Anda akan menghapus nama file bernama DATA yang berada di drive D, dan direktori DATA, maka langkah yang harus dilakukan adalah Anda harus pindah ke drive D, kemudian masuk ke direktori DATA. Misalya Anda sekarang berada di druve C:>\, maka ketikkan D: <Enter>. Kemudian setelah tampil drice D:>\ maka ketikkan CD data, setelah itu segera tampil D:\DATA>\.

  • Untuk menghapus satu file caranya DEL <nama file>
  • Untuk menghapus semua file yang berahiran DOC, caranya DEL*.DOC <nama file>
  • Untuk menghapus semua file dalam suatu direktori caranya DEL *.* <nama file>

Perintah yang satu ini sangat bermanfaat dan sering digunakan terutama bagi mereka yang harddisk di komputernya diformat dengan FAT32. Perintah yang akan dijelaskan ini adalah perintah untuk mengubah atau mengkonversi partisi dari FAT menjadi NTSFS. Seperti kita ketahui, Microsoft sejak Windows diperkenalkan sudah menggunakan partisi FAT16, kemudian diperkenalkan FAT32 dan pada saat Windows NT diperkenalkan, maka mulai saat itulah NTFS (New Technology File System) mulai diperkenalkan kepada masyarakat di seluruh dunia.

Sebagai contoh, misalnya Anda akan mengconversi drive D yang sebelumnya dipartisi FAT32, dengan conversi ini diharapkan drive D tersebut menjadi NTFS, caranya ketikkan dari drive C:\ convert d: /fs:ntfs kemudian Enter. Setelah itu ikuti semua petunjuk yang ditamlilkan program. Jika Anda pernyataan yang harus di jawab Y, maka jawablah Y, dan sebagainya. Jika tidak terjadi kesalahan, maka proses konversi tersebut telah selesai.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Antara Command Line dan PowerShell

  1. gan mengapa klau saya menekan tombol windows + r kok gak bisa ya malah di bilang ada batasan pada administrator sistem… itu kenpa ya gan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s