Memaksimalkan Bandwidth


Biasanya pengguna Windows jarang memperhatikan hal-hal yang tidak terlalu penting. Karena umumnya Windows hanya digunakan sebagai lintasan saja. Biasanya setelah berada di Windows 8.1 kemudian langsung mencari aplikasi yang akan digunakan. Setelah itu jalankan aplikasi yang dikehendaki. Paling kalau menemukan masalah atau mialnya printer belum di setup, baru melihat kembali Windows yang digunakan.

clip_image002

Dengan adanya internet, pemakaian aplikasi seperti program browser akan sangat berguna, bahkan lebih penting dibandingkan dengan fitur lain yang ada di Windows. Padahal banyak fitur yang sangat berguna dan penting untuk diketahi dan digunakan, seperti Bitlocker, Applocker, pengaturan bandwidth, Hyper-V dan sebagainya.

clip_image004

Dalam perkembangannya saat ini, pemakaian jaringan sangat berpengaruh terhadap sistem yang digunakan. Bahkan dengan semakin banyaknya orang yang terkoneksi ke suatu jaringan dan internet, maka dapat dipastikan pemakaian dahn pengarutan bandwidth menjadi sangat penting. Oleh karena itu Windows 8.1 menyediakan fitur untuk pengaturan bandwidth ini. Bagaimana mengatur bandwidth tersebut?

clip_image006

Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan di tombol Windows (disudut sebelah kiri Anda).
  • Klik Run, lalu ketikkan gpedit.msc lalu enter. Setelah itu segera tampil jendela Local Group Policy Editor.
  • Klik dua kali Administrative Template, lalu klik dua kali Netwprk, dan klik dua kali QoS Packet Scheduler. Setelah itu segera tampil halaman berikutnya. Di sini Anda klik dua kali Limit reservable bandwidth. Setelah itu segera tampil Limit reservable bandwidth.
  • Selanjutnya dari jendela Limit reservable bandwidth tersebut klik Enable, kemudian di kolom Bandwidth limit (%), diubah dari 80 menjadi 0%. Sehingga pelamakain bandhwidth bisa 100%.
  • Klik OK dan klik tombol Close jendela Local Group Policy Editor.

clip_image008

Mudah-mudahan penjelasan singkat ini ada manfaatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s