Secure Your Network and Yourself


UNPAK-1Selasa, 22 April 2014 kemarin, saya mengisi seminar “IT Week” di Kampus Universitas Pakuan Bogor.  Tema seminar hari kedua itu adalah “Secure Your Network and Yourself”, jadi tentu saya harus menyesuaikan dengan tema tersebut.  Saya mengisi seminar ini cukup lumayan panjang, dari Jam 9.00 pagi sampai jam 15.00. Sesi pertama saya menyampaikan “Pemanfaatan Hyper-V  Windows Server 2012dan sesi kedua “Keamanan Server dan Client”.

UNPAK-2Pada seminar ini dihadiri sekitar 250 orang. Peserta sebagian besar mahasiswa, ada yag dari UNPAK Bogor, dan ada juga dari Universitas lain yang ada di Bogor. Sesi pertama dari jam 9.00 sampai jam 12.00 saya memberikan penjelasan (Presentasi) mengenai Hyper-V cukup diminati. Pertama saya menyampaikan materi ini berkaitan dengan manajemen hyper-v . Memang pada dasarnya Hyper-V sudah menyediakan perangkat manajemen untuk mengelola server virtual yang diimplementasikan. Aplikasi yang disediakan sudah cukup untuk mengelola server virtual jika perusahaan hanya mengimplementasikan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Aplikasi ini dikenal dengan nama Hyper-V Manager dan terintegrasi pada Windows Server 2008 R2 dan Windows 2012.

UNPAK-3Pada Hyper-V manager, bisa dilakukan pengaturan core prosesor yang digunakan, jumlah memori, ukuran harddisk, koneksi ke CD/DVDRom dan lain-lain. Disamping itu disediakan juga fasilitas untuk mengatur perilaku server virtual pada saat Host melakukan restart atau shutdown.

UNPAK-5Selain menyediakan aplikasi manajemen yang standard, Microsoft menyediakan aplikasi manajemen yang lebih lengkap. Yaitu Microsoft System Center Virtual Machine Manager (SCVMM) . Aplikasi ini termasuk dalam keluarga System Center. Digunakan untuk melakukan manajemen server virtual dalam skala besar. Bisa digunakan untuk mengelola beberapa host dan ditampilkan dalam satu aplikasi.

UNPAK-6Keunggulan lain adalah kemampuan untuk membuat template server virtual. Bisa juga digunakan untuk melakukan migrasi dari satu host server ke host server lain. Bila diperlukan SCVMM dapat melakukan konversi dari mesin fisik menjadi mesin virtual.

Mungkin kedepannnya nanti “teknologi manajemen akan semakin lengkap”. Semua dimasukan kedalam keluarga SCVMM atau System Center. Mulai dari kebutuhan firewall, backup data, manajemen IT infrastruktur bahkan sampai provisioning untuk produk berbasis virtualisasi”.

Setelah makan siang, saya mendemokan mulai dari proses instalasi Windows Server 2012 R2, sampai dengan penambahan Role, termasuk Hyper-V. Karena berbagai keterbatasan, penambahan Hyper-V tidak berjalan maksimal, terutama ketika setup Windows Server 2012 di atas Hyper-V tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s