Device Manager Windows 8.1


image Device Manager adalah fitur bawaan Windows 8.1. yang berguna untuk melihat dan mengatur konfigurasi hardware, update drivers dan dari device manager bisa juga melihat hardware yang bermasalah atau yang belum mempunyai drivers.

Drivers adalah istilah pada informasi teknologi khususnya komputer untuk software (perangkat lunak) yang menjadi semacam jembatan/perantara yang memungkinkan sebuah hardware dikenal oleh system computer, sehingga bisa digunakan. Bila hardware tidak mempunyai drivers biasanya tidak bekerja maksimal bahkan bisa sama sekali tidak berfungsi. Untuk hardware keluaran baru biasanya disertakan drivers untuk mengaktifkannya.

Manfaat Device Manager antara lain:

  • Merubah Konfigurasi Hardware
  • Melihat Hardware berfungsi dengan baik atau tidak
  • Update Driver
  • Mengaktifkan atau menonaktifkan hardware tertentu
  • Melihat daftar hardware
  • Dan lain-lain

image Untuk melihat komponen yang ada pada Device Manager, Anda cukup masuk ke This PC atau kalau di Windows versi sebelumnya bernama MyComputer. Kemudian dari This PC klik kanan dan klik Properties, selanjutnya pilih dan klik Device Manager, jendela Device Manager segera tampil. Selain itu, untuk cepatnya Anda juga bisa masuk dengan cara klik kanan mouse Anda dj tobol Windows, kemudian pilih Device Manager (perhatikangambar 1 diatas). Gambar 2 adalah Device Manager untuk mengatur, mengupdate driver, dan sebagainya.

Apabila ada driver yang tidak sesuai atau tidak kompatibel, maka akan terlihat tanda seru, itu berarti ada hardware yang memerlukan drivers yang sesuai. Untuk itu Anda perlu Update drivers. Untuk mengupdate dan melakukan konfigurasi atau menonaktifkan hardware yang tidak kompatibel tersebut caranya klik kanan pada hardware yang ada tanda serunya tersebut, lalu pilih apa yang akan kita lakukan, misalnya Update driver software, Uninstall, Disable, dan sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s