HomeGroup di Windows 8.1


Beberapa waktu lalu saya telah menulis di blog ini mengenai HomeGroup. Namun dalam artikel tersebut masih singkat dan tidak menjelaskan secara kemendalam mengenai fitur Home Gorup ini. Untuk kali ini saya kembali akan menjelaskan fitur HomeGrup secara mendalam termasuk cara setup dan piranti apa saja yang mendukung HomeGroup tersebut.

clip_image002

Apa itu HomeGroup? Seperti telah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa HomeGroup adalah salah satu feature dari Windows 8.1 yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja Anda secara maksimal. HomeGroup dalam hal ini merupakan solusi untuk lingkungan small business yang tidak memerlukan server karena hanya memerlukan komputer untuk berbagi file, folder, dan printer. Untuk menggunakan HomeGroup secara efektif, batasan maksimum PC adalah 2 – 15 unit, saja. Jika lebih dari itu sebaiknya Anda menggunakan komputer server dengan Windows Server sebagai OS-nya. Jika Anda akan mencoba server kecil, bisa juga menggunakan Windows Home Server sebelum menggunakan server yang benar-benar server, seperti Windows Server 2012 atau Windows Server 2012R2, itu akan jauh lebih canggih dan aman.

Apa yang harus Anda lakukan sebelum Setting HomeGorup? Siapkan jaringan komputer (LAN) terlebih dahulu agar kita bisa memberikan IP kepada masing-masing PC. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemberian IP secara otomatis. Dalam hal ini tentu Anda juga memerlukan fitur DHCP. Fitur DHCP ini bisa diakbil dari router yang terhubung ke switch. Setelah jaringan terbentuk, Anda harus mempersiapkan 1 PC menjadi tuannya (administrator) dengan sistem operasi Windows 8.1.

Selanjutnya Anda masuk ke HomeGroup, dan Anda harus berada di Desktop, lalu klik Folder dan Anda berada di halaman This PC (dulu MyComputer), kemudian Anda kli saja HomeGroup.

clip_image003

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya HomeGroup ini, antara lain kemudahan dalam memberikan akses dalam berbagi file, folder, dan printer, mudah dan simplelnya otomatisasi koneksi, pembatasan akses bisa dilakukan dengan mudah, dan sebagainya.

Selain itu, dengan jaeringan HomeGroup ini Anda sebagai pengguna akan merasa aman dan nyaman. Karena tidak sembarang PC bisa masuk ke dalam jaringan HomeGroup tanpa memasukkan kode yang dikeluarkan secara random oleh wizard HomeGroup. Jadi pada saat Seting HomeGroup Anda akan mendapatkan kode akses yang dibuat secara otonatis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s