Malware dan cara menghindarinya


Kasus di atas adalah satu contoh kasus dari jenis Malware. Ada banyak jenis malware, untuk lebih mengetahui tentang Malware ada baiknya mengetahui jenis-jenis Malware yang banyak beredar sekarang ini. Komputer yang sering terkoneksi ke internet dan tidak mempunyai tameng untuk mencegah masuknya Malware adalah sasaran empuk dari sang penjahat ini, walaupun ada yang bersifat hanya menggangu. Di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis Malware sudah terkenal,

  • Spyware, spy diambil dari Inggris yang artinya adalah mata-mata, malware ini di beri nama istilah spyware karena memang bertugas untuk mengintip user id dan password para pengguna internet. Baik itu email, transaksi elektronik ataupun jejaring sosial. Nantinya hasil dari mata-mata ini digunakan oleh si pembuat untuk kepentingan dirinya sendiri, misalkan apabila seseorang menggunakan sebuah kartu kredit untuk transaksi belanja/pembayaran online, maka seluruh informasi si korban akan dengan mudah diketahui oleh si pembuat Spyware.
  • Phising, phising mirip dengan spyware, namun phising lebih cenderung ke arah masalah uang, seperti mengintip transaksi kartu kredit, kemudian menggunakannya. Contoh lain adalah dengan mengarahkan pengunjung web transaksi keuangan ke web yang telah disiapkan, kemudian mencuri informasi-informasi yang dimasukan oleh pengguna.
  • Adware, adware adalah aplikasi iklan yang biasanya disisipkan oleh si pembuat aplikasi/tools gratis yang bertujuan untuk promosi, adware biasanya hanya bersifat menggangu.
  • Worm, Worm adalah sebuah malware yang cerdik, jenis ini bisa menggandakan dirinya sendiri dalam sebuah system operasi, bias berpindah dengan cepat diantara jaringan computer, sering berubah nama dengan cara merename namanya sendiri menyerupai file-file system operasi, sehingga korban tidak menyadarinya.
  • Virus, Virus hampir sama dengan worm, tetapi virus biasanya lebih bersifat merusak di banding worm yang biasanya hanya menggangu.
  • Trojan, Trojan biasanya bersipat lebih lengkap yaitu perpaduan antara beberapa malware, merusak, mengganggu dan mencuri informasi secara diam-diam, karena itu malware jenis ini harus lebih diwaspadai.
  • Keylogger, keylogger adalah malware yang jenisnya hampir sama dengan spyware, yaitu malware yang bisa dengan merubah symbol password (biasanya bintang) menjadi hurup-hurup normal, sehingga password ataupun pin bias diketahui dengan mudah.
  • Rootkit, rootkit adalah malware program yang menyamar kemudian menyusup ke dalam system computer dengan cara seolah-olah dirinya program system. Prinsip kerja rootkit adalah merekam semua aktifitas data yang keluar masuk lewat jaringan (LAN dan Internet) kemudian mengendalikannya atau mengintip isi dari data tersebut.

Bagaimana Menghindari Malware

Setelah mengetahu jenis malware dan bahayanya, seterusnya adalah muncul pertanyaan bagaimana menghindari semua yang disebutkan di atas agar tidak terjadi pada kita, apalagi bagi yang sering melakukan interaksi dengan internet harus lebih waspada pada setiap kemungkinan, lebih-lebih bagi yang hobby belanja online. Di bawah ini adalah tips yang mungkin bias menghindarkan kita dari hal-hal di atas.

  • Yang wajib dilakukan adalah memasang antivirus, anti virus sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan anti semua jenis malware, walaupun kemampuannya berbeda-beda. Tetapi jangan semua anti virus di install, selain tidak efektif bisa menggangu kerja system operasi yang menyebabkan system operasi berjalan lambat.
  • Update anti virus secara rutin, karena setiap hari ribual malware tercipta.
  • Update system operasi dan program browser, karena biasanya berisi tambalan yang berfungsi untuk menutup celah-celah keamanan yang bisa di masuki malware.
  • HIndari penggunaan program/aplikasi bajakan, karena rentan ditempel oleh malware.
  • Hindari mengunjungi web-web yang menawarkan download-download gratis
  • Jangan membuka email dari orang yang tidak dikenal apalagi kalau berisi attachment
  • Kombinasi password, yaitu mengkombinasikan antara hurup besar (capital), hurup kecil dan angka (apabila perlu pakai karakter khusus, seperti @, $ dan sebagainya), hal ini untuk mempersulit penerjemah karakter yang dilakukan malware
  • Ganti Password/PIN secara rutin, mengganti password dan PIN adalah salah satu cara efektif untuk menghindari pembajakan account.
  • Bersihkan temporary, cookies internet setelah melakukan transaksi online.

Langkah-langkah di atas adalah langkah-langkah pencegahan yang mudah dilakukan tetapi kebanyakan orang malas melakukannya. Namun mengingat bahaya yang ditimbulkan tidak ada salahnya kita mencegah sedini mungkin sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s