PC Jalannya Lambat?


Komputer berjalan lambat adalah masalah klasik yang sering terjadi, masalah yang sangat menyebalkan. Apa yang bisa kita lakukan ketika computer berjalan lambat? Langkah apa yang bisa dilakukan? Sebelum dibawa ke tempat service ada baiknya kita mengenali dulu penyebab umum computer berjalan lambat. Di bawah ini adalah penyebab umum yang sering mengakibatkan PC berjalan lambat, di luar kerusakan yang disebabkan virus computer dan kekurangan spesifikasi hardware (RAM dan Processor).

A. Sisa Ruang Kosong Pada Harddisk Kurang

Idealnya sisa ruang kosong pada harddisk adalah 15% dari total ruang harddisk yang kita punya tetapi bisa juga dipakai acuan lain, misalnya Windows 7 sekitar 2Gb sampai dengan 5Gb. Kenapa sisa ruang kosong pada harddisk sangat perlu? karena ruang kosong ini digunakan oleh system operasi untuk menjalankan file system yang memungkinkan ukuran file tiba-tiba membengkak ukurannya. Sehingga ketika system memerlukan ruang kosong yang besar tetapi sisa ruang kosong yang tersedia sedikit, maka terjadilah gangguan proses yang menyebabkan computer berjalan lambat.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mensiasati masalah ini, di bawah ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk menambah ruang kosong pada harddisk.

Hapus Internet Temporary

Pada saat kita berselancar di dunia maya (browsing) ada file-file yang disimpan secara otomatis oleh system, yang tujuan utamanya adalah untuk mempercepat proses ketika kita kembali lagi ke website yang pernah kita kunjungi. Hal ini yang menyebabkan menumpuknya file-file yang sebenarnya tidak perlu pada harddisk.

Langkah yang bisa kita ambil, hapus langsung dari folder temporarynya (akan dibahas di bagian menghapus Temporary Windows) atau hapus lewat aplikasi browsing yang kita punya (Internet Explorer, Mozilla, Safari, Opera dan lainya). Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus file temporary dari browsernya itu sendiri, ambil contoh untuk Internet Explorer.

Kosongkan Recycle Bin

Banyak orang beranggapan bahwa setelah menghapus file maka file itu hilang dari harddisk, anggapan yang salah karena file yang dihapus tidak sepenuhnya hilang dari harddisk, file yang dihapus akan disimpan dulu dipenampungan yang bernama Recycle Bin, hal ini bertujuan menjaga apabila salah hapus atau menjaga bila sewaktu-waktu file itu diperlukan kembali. File yang dihapus tapi belum dihilangkan dari recycle bin tetap akan di anggap masih berada di harddisk dan tidak akan mengurangi ruang harddisk. Cara untuk menghilangkan file dari recycle bin adalah dengan,

B. Hapus File Yang Tidak Berguna

Adakalanya kita mempunyai file-file yang berukuran besar tapi jarang kita gunakan. Contoh file-file lagu (MP3, MP4 dan lain-lain), hapus atau pindahkan ke device external (harddisk external atau CD/DVD). Hal ini untuk mengurangi beban ruang pada harddisk.

C. Hapus Aplikasi/Program Yang Tidak Terpakai

Yang baru mempunyai PC biasanya kepingin semua aplikasi di install, padahal ini tidak semua berguna, malah mengganggu kinerja computer yang menyebabkan computer berjalan lambat. Karena secara teori aplikasi atau program yang kita install mempunyai file yang ditempatkan pada system service yang dijalankan ketika computer dinyalakan. Hal ini tentu saja butuh RAM dan processor. Hapuslah program/aplikasi yang tidak diperlukan. Ada 2 jalan untuk menghapus/uninstall aplikasi, melalui menu uninstall atau dari add/remove program di control panel.

D. Update System Operasi (Service Pack)

Untuk yang memakai system operasi Windows mungkin tidak terlalu asing dengan yang istilah Service Pack biasa disingkat menjadi SP. Service Pack adalah kumpulan perbaikan yang dikeluarkan oleh produsen system operasi (khususnya Microsoft), untuk menambal kekurangan/celah yang memudahkan virus untuk masuk atau bisa juga untuk menambah kinerja system operasi untuk mendukung aplikasi, misalkan untuk memakai Office 2010 memerlukan Windows Service Pack 3 pada Windows 8 dan 8.1 . SP ini biasanya berseri seperti SP1, SP2, SP3 dan seterusnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk kebutuhan ini bisa download langsung dari website Microsoft. Manfaat SP selain yang disebutkan di atas, bisa juga berisi fitur-fitur baru untuk system operasi yang tidak terdapat pada SP versi sebelumnya.

E. Processor Kepanasan

Processor terlalu panas, ini adalah masalah yang jarang kita perhatikan. Padahal masalah processor ini sangat besar pengaruhnya terhadap kinerja computer, karena dari sinilah segala bentuk proses bermuara. Jadi secara logika, jika muaranya bermasalah maka akan bermasalah kemana-mana, bahkan untuk computer server biasanya sudah di program apabila mencapai suhu tertentu maka akan shutdown/mati secara otomatis.

Bersihkanlah motherboard khususnya daerah processor secara berkala, singkirkan debu-debu atau benda-benda lain yang tidak ada hubunganya dengan kebutuhan PC.

Monitoring suhu computer, khususnya processor dengan menginstall aplikasi untuk melihat suhu PC. Banyak freeware (software gratis) yang bisa didownload di internet untuk kebutuhan ini, seperti contoh di bawah memakai PC Wizard 2010 untuk melihat seberapa panas processor.

Maksimum panas yang diperbolehkan tergantung pada jenis processor yang dipakai, ukuran panas untuk merk processor Intel belum tentu panas menurut ukuran merk processor AMD. Untuk lebih jelasnya tentu harus mengacu pada buku manual masing-masing processor, karena untuk satu merk saja kadang-kadang bisa berbeda.

F. System Operasi Dan Registry Bermasalah

Untuk masalah computer berjalan sangat lambat bisa disebabkan karena ada beberapa file system yang bermasalah. Untuk jalan keluarya bisa lihat Bagian I tentang Restore System.

Langkah lain yang bisa diambil sebelum melakukan install ulang adalah clear registry, sebenarnya untuk langkah clear registry tidak dianjurkan tetapi apabila semua langkah telah dilakukan tetapi computer masih saja berjalan lambat, inilah jurus terakhir sebelum memutuskan untuk install ulang system operasi.

Biasanya registry terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan system operasi, hal ini menyebabkan menumpuknya registry lama yang tidak terpakai. Dengan menumpuknya registry yang tidak terpakai menyebabkan registry menjadi berantakan, hal ini tentu saja kan menurunkan kinerja computer, bahkan bukan hanya system operasi yang bermasalah tetapi sering berimbas ke aplikasi yang kita pakai.

Dengan mempergunakan program pembersih registry diharapkan bisa menemukan registry yang sudah tidak terpakai dan memperbaiki registry yang salah, dengan begitu system operasi akan berjalan lebih cepat dan bebas masalah.

Program pembersih registry banyak yang gratis, pilihlah yang menurut anda bisa dipercaya. Ikuti petunjuknya dengan benar.

G. Hardware Bermasalah

Secara umum hardware yang paling berpengaruh terhadap kecepatan adalah RAM, Processor dan Harrdisk. Kalau berbicara mengenai RAM dan Processor, lihat Bagian II buku ini.

Pada dasarnya RAM dan Processor harus seimbang, banyak orang salah mengerti mengenai hal ini. Banyak orang upgrade RAM tanpa dibarengi upgrade processor, mereka berfikir dengan hanya upgrade RAM maka PC akan berjalan cepat. Padahal tidak, dua-duanya harus seimbang.

Keberadaan hardwareI harus menjadi pertimbangan ketika akan menginstall system operasi atau aplikasi, karena biasanya system operasi dan aplikasi mempunyai spesifikasi atau standard hardware minimum yang harus ada. Jangan sekali-kali memaksakan bila kita hanya mempunyai hardware minimum. Misalkan hardware kita hanya bagus untuk Windows 8 dan 8.1 tetapi karena mau mengikuti perkembangan memutuskan untuk mengganti ke Windows 7, padahal hardware yang ada hanya mencukupi standard minimum. Ini salah satu langkah yang salah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s