Buku Cloud Computing Beredar


CLOUDCloud Computting atau komputasi awan adalah komputasi berbasis internet dimana semua layanan dapat digunakan atau di akses melalui internet. Secara teknis gabungan dari banyak server untuk menyediakan sumber daya agar dapat di manfaatkan bersama. Sumber daya bisa berupa aplikasi, storage, data dan lain lain. Sebenarnya sebagian teknologi ini sudah akrab dengan kita seperti layanan email seperti hotmail, skydrive atau OneDrive, Office Web Application, dan sebagainya.

Buku ini menjelaskan secara singkat dan jelas apa yang dimaksud dengan Cloud Computing, dan memberikan beberapa contoh yang berkaitan dengan Cloud Computing tersebut. Sehingga pembaca akan memahami apa sebenarnya cloud computing. Sebenarnya, buku ini tidak memfokuskan pada cloud computing saja, karena buku ini merupakan buku aplikasif dan lebih ke teknis, maka diberikan beberapa contoh dan penggunaan sistem operasi yang ada di awan.

Bagaimana menggunakan Cloud Computing? Dan aplikasi apa saja yang ada cloud computing tersebut. Dalam buku ini akan bahas Windows Azure yang didalamnya terdapat role dan featur yang bisa Anda gunakan untuk sistemm komputasi di perusahaan Anda. Lalu Anda akan bertanya, apa itu Windiws Azure? Apalah sistem operasi terbaru dari Microsoft? Windows Azure adalah salah satu media yang ada di Cloud yang bisa Anda gunakan. Dalam buku ini akan dibahas bagaimana menggunakan Windows Azure, Setup Virtual Machine yang ada di Windows Azure, sampai dengan setup User, Group Policy yang ada di Windows Server 2012 yang dipasag di Virtual Machine di Windows Azure.

Buku yang dikemas dalam beberapa bagian menjelaskan secara bertahap, mulai dari penjelasan mengenai Cloud Computing, contoh aplikasi yang ada cloud, sampai dengan setup Virtual Machine yang ada di Windows Azure, termasuk menginstalasi Windows Server 2012 R2 di atas Windows Azure.

Diharapkan dengan membaca buku ini, pengguna komputer khususnya di Indonesia akan mememahi dan mengeti dengan baik Cloud Computing, Windows Azure, Virtual Machine yang ada di Windows Azure, dan sebagainya. Namun demikian penulis tetap menyadari bahwa dalam pembuatan dan pembahasan buku ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan. Akhirnya penulis hanya bisa mengucapkan terima kasih atas segala perhatiannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s