Peran IT dalam Bimbingan dan Konseling


TUTTWalaupun BK tidak termasuk pelajaran inti di sekolah, tetapi keberadaannya merupakan hal penting. BK di sekolah bertujuan untuk membimbing, mengarahkan, memberi petunjuk, tentang sesuatu berkaitan dengan pelajaran, masa depan, dsb. Oleh karena itu pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) menyampaikan bahwa saat ini Indonesia kekurangan guru bimbingan konseling (BK) lebih dari 90.000 orang, ketersediaan guru BK sekarang sekitar 33.000 orang . Sementara kebutuhan guru BK di Indonesia saat ini adalah sekitar 125.572 orang, berarti, Indonesia kekurangan guru BK sebanyak 92.572 orang (Antara 7/5/2013).

Berkembanganya teknologi informasi (IT), Bimbingan dan Konseling (face to face) seharusnya berubah dan tidak mengandalkan tatap muka saja. Perubahan pola dan gaya pembimbingan bagi guru BK merupakan hal penting dilakukan. Di mana peran guru BK dalam mengarahkan dan membimbing siswa tidak lagi menggunakan cara-cara lama dengan memanggil dan mewancarainya dalam suatu ruangan khusus. Pola dan gaya seperti ini harus diubah dan ditinggalkan sejalan dengan perkembangan teknologi. Guru BK dituntut menguasai IT. Dengan memahami dan menguasai IT, guru BK dalam prosesnya tidak perlu lagi menerapkan sistem atau cara konvensional dan tatap muka. Walaupun pertemuan kadang masih diperlukan, tetapi prosesntasenya untuk tatap muka harus dikurangi. Di sini guru BK bisa memanfaatkan teknologi seperti e-mail, chating, facebook, twitter, Skype, dan sebagainya.

Perkembangan IT banyak mengubah pola dan gaya hidup. Dengan sendirinya berubah pula kebiasaan bergaul, berteman, berbicara, berkomunikasi, dan sebagainya. Dampaknya dapat kita lihat dan kita saksikan sendiri pergaulan anak didik maupun masyarakat pada umumnya, yang tadinya pendiam kini berubah jadi periang, tadinya pemalu berubah menjadi pemberani dan seterusnya. Berarti, kebiasaan dan gaya hidup siswa dan masyarakat sudah berubah. Hal tersebut bisa berdampak positif, bisa juga negatif tergantung bagaimana kita mengarahkannya.

Manfaatkan IT

Kini, seorang guru BK dalam melakukan pembimbingan bisa mulai dengan menggunakan video, slide, internet, LAN, dll. Sehingga siswa bisa mengikuti bimbingan dengan baik, karena materi yang disampaikan mengandung materi berbobot dan unsur multimedia yang bisa menghibur. Proses BK dengan memanfaatkan IT ini akan lebih berhasil, karena siswa merasa nyaman, tidak tertekan dengan sebutan BK. Di mana dengan bantuan komputer yang dihubungkan dengan multimedia projector seorang guru BK tidak perlu menggukan keyboard, spidol dan papan tulis melainkan cukup menekan remote control yang dipegangnya.

Di negara maju dan di beberapa negara berkembang dimana tingkat pendidikannya sudah relatif cukup baik, penerapan IT sudah berjalan lebih dari 20 talu. Sementara di Indonesia baru beberapa tahun saja sejak IT diperkenalkan dan digunakan. Dengan IT dosen atau guru dalam menyampaikan materinya tidak lagi harus tatap muka melainkan bisa menggunakan media komunikasi dipadukan dengan teknologi internet dan jaringan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa penggunaan IT tidak hanya digunakan sebagai sarana pembelajaran saja, melainkan juga digunakan sebagai sarana BK (Bimbingan Konseling). Walaupun BK belum dikatakan materi inti di sekolah, sehingga tidak semua sekolah memberikan jam yang cukup bagi materi BK, tetap keberapan BK ini sangat penting. Apakah dengan kurangnya jam peran Guru BK akan berhasil? Siapapun pasti akan menjawab tidak. Dengan argumen apapun jika waktu yang tersedia tidak cukup, jangan harap apa yang disampaikan bisa tercapai sasarannya. Oleh karena itu peranan IT bisa menjawab kekurangan waktu tersebut.

Jaringan Komputer

Dengan IT gaya atau pola BK harus berubah, seperti halnya pada bidang lain, seperti perbankkan, pemerintahan, dll. Jika proses BK berubah sesuai perkembangan teknologi, jelas akan meningkatkan efektifitas dan kualitas layanan BK. Jadi dengan IT akan berpengaruh dalam pendidikan BK, dimana komunikasi antara guru, siswa, orangtua bisa dilakukan menggunakan media yang ada seperti Handphone, jaringan komputer, Internet, jejaring sosial, dsb. Karena hampir semua guru dan murid serta dosen dan mahasiswa sudah penggunaan e-mail dan jejaring sosial. E-mail adalah sarana yang ada di jaringan Internet paling murah, bisa digunakan untuk saling tukar informasi, termasuk menyampaikan materi kepada siswa.

Jaringan komputer, intranet dan internet di sekolah bisa dimanfaatkan untuk kepentingan BK. Intranet adalah jaringan komputer berbasis Web yang ditampilkan secara lokal dengan memanfaatkan teknologi LAN (Local Area network). Sedangkan Internet adalah jaringan komputer berbasis Web memanfaatkan jaringan secara global. Teknologi ini dapat digunakan untuk berinteraksi antara konselor atau guru BK dengan siswanya. Sehingga tidak perlu mengandalkan pertemuan tatap muka, melainkan memanfaatkan jaringan komputer dan internet.

Cara kerja konselor?

Dengan internet dan intranet konselor atau guru BK bisa berkomunikasi dengan siswa kapan saja, dimana saja tanpa batas ruang dan waktu. Teknologi internet kini bukan barang mewah, bukan hal yang perlu ditakuti apalagi harus dihindari. Proses bimbingan bisa dilakukan dengan mudah, seorang siswa akan merasa nyaman kalau konsultasi dengan guru BK melalui jaringan inernet, karena tidak merasa risi, takut diketahui oleh orang lain. Dengan demikian proses interaksi antara guru BK dan siswa akan terasa lebih akrab, nyaman, dan lepas tanpa beban.

Proses bimbingan ini harus direkam, misalnya guru BK menggunakan Windows Messenger, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, proses perekaman bisa secara otomatis. Dengan adanya adanya Skype, proses BK akan jauh lebih mudah, murah dan tentu saja nyaman.

Peranan IT dalam dunia pendidikan khususnya BK sangat dibutuhkan. Bahkan kalau dikaitkan dengan kekurangan guru BK, proses bimbingan online merupakan solusi. Dan tentu saja tidak mesti dalam satu sekolah harus ada guru BK-nya. Karena proses bimbingan bisa lakukan tidak harus dari satu sekolah melainkan bisa dilakukan dari kantor dinas pendidikan kecamatan. Terlepas dari itu semua apakah seorang konselor dalam hal ini Guru BK sudah siap dengan menggunakan IT? Jika sudah siap maka kapan lagi kalau tidak dimulai dari sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s