Pentingnya Menggunakan Disk Defragment Secara Rutin


def-1Beberapa waktu lalu saya pernah menjelaskan mengenai beberapa fitur yang ada di Windows 8, salah saunya adalah disk defragmeter. Disk defragmenter pnting untuk dilaksanakan secara berkala untuk menjaga stabilitas harddisk yang Anda gunakan.

Pengertian

Bagi pengguna komputer defragmentasi hardisk merupakan hal yang perlu dilakukan. Secara sederhana tujuannya adalah untuk memilihara dan mempercepat kinerja hadisk komputer. Sedangkan defrag hardisk sendiri meripakan salah satu kegiatan maintenance komputer menggunakan suatu fasilitas yang disediakan Windows 8. Diskdefragmenter ini berfungsi untuk mengatur dan memanag isi harddisk agar jumlah file yang ter-fragmentasi di dalamnya menjadi berkurang.

def-2File yang ter-fragmentasi adalah file yang terpisahkan oleh suatu jarak di dalam harddisk, jarak tersebut ada karena pengguna menghapus file di dalam harddisk atau bisa juga sering melakukan proses uninstall aplikasi. Jadi dengan demikian mendefrag adalah adalah menghilangkan jarak antar file-file tersebut agar waktu aksesnya menjadi lebih cepat.

Perlu diketahui untuk proses defrag hard disk yang digunakan harus memiliki ruang kosong minimal 15% agar Disk Defragmenter dapat men-defrag dengan lengkap dan menyeluruh. Jika ruang kosong pada harddisk yang akan di defrag kurang dari 15%, maka Disk Defragmenter hanya akan men-defrag sebagian saja.

Langkah penggunaan

Untuk menggunakan perintah disk defragmenter (mendefrag harddisk) langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows di Keyboard, lalu tekan C.
  • Ketikkan defragmenter, lalu klik Settings, sehingga tampil seperti gambar di atas.
  • Klik Defragment and optimize your drives. Setelah itu akan tampil seperti gambar di atas.
  • Klik Analyze atau klik Optimize klik All Programs
  • Lalu Accessories, System Tools dan klik Disk Defragmenter.
  • Setelah itu segera tampil kotakdialog Defrag, pilih drive yang akan di defrag dan klik Defragment disk. Sebenarnya bagi Anda yang menggunakan Windows 8, bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakkannya, yaitu pengaturan atau penjadualan untuk proses defrag ini. Anda bisa mengatur untuk proses defrag sesuai keperluan, misalnya satu bulan sekali, dua bulan sekali dan seterusnya.

Mudah-mudahan tulisan sederhana ini ada manfaatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s